Habis Cabut GiGi…terus Ngapain ya??

Juni 19, 2008 pukul 4:54 am | Ditulis dalam gigi dan mulut | 55 Komentar
Tag:

Ada banyak reaksi pasien setelah giginya dicabut. Rata-rata yang mereka lakukan pasca giginya dicabut antara lain:

1. Menitikkan air mata. Ada 2 arti akan air mata yang menitik ini, yaitu air mata bahagia karena mereka sudah lepas dari penderitaan sakit gigi dan air mata kesakitan/ketakutan

2. Meringis

3. Memainkan/menggerakkan lidahnya ke arah lubang bekas gigi yang dicabut.

4. Sering meludah karena merasa air ludahnya bercampur darah.

5, Segera minum obat karena takut merasa sakit setelah pengaruh anestesinya hilang

6. Takut makan dan sikat gigi.

7. Bercermin karena ingin melihat wajahnya .Pasien merasa pipinya bengkak , padahal sebenarnya tidak. Rasa pipi bengkak karena pipi masih dalam pengaruh anestesi. jadi pipi rasanya tebal.

8. Makan mie ayam. Kalau yang ini, pengalaman pribadi he..he..

Habis cabut gigi ,2 jam kemudian.. terus makan mie ayam pak Wie.. pake sambel yang banyak sampe gobyos..qiqiqiqi..

9. Melihat isi dompet. Ini terjadi jika pasien lagi minim uangnya. Atau biaya cabut giginya terlalu mahal .

Sebenarnya apa yang harus dilakukan pasien pasca giginya dicabut?

Instruksi pasca pencabutan gigi, disesuaikan dengan kasusnya, agar kondisi jaringan segera pulih dan mencegah terjadinya komplikasi. Secara umum, instruksi dan hal -hal yang akan dialami pasien pasca pencabutan gigi adalah sebagai berikut :

Hal yang sebaiknya dilakukan:

a. Sehari setela pencabutan terutama operasi gigi (molar ke 3 /gigi bungsu) dapat terjadi bengkak dan memar kurang lebih selama 2-3 hari. Ini adalah hal yang normal. lakukan aplikasi dingin selama 15 menit, kemudian 15 berhenti, secara bergantian sehingga dapat mengurangi bengkak yang terjadi. Panas lembab setelah 36 jam juga akan mengurangi rahang yang sakit.

b. Menjaga kebersihan terutama daerah pencabutan, yaitu dengan berkumur pelan-pelan dengan air garam hangat (1/2 sendok teh garam dalam 1 cup air hangat) setelah makan dan sebelum tidur. Jangan sering meludah/meludah dengan kuat.

c. Makan makanan yang lembut untuk 1-2 hari pertama (Stick to a liquid atau soft food diet) , misal Soups, ice cream, milkshakes, smoothies, mashed potatoes dll.

d. Mengunyah makanan di daerah yang tidak dicabut (sisi seberang).

d. Jagalah agar kain kassa/kapas yang diletakkan di bekas pencabutan tetap pada tempatnya, jangan langsung dibuang segera setelah pencabutan. Itu akan membantu terbentuknya gumpalan darah yang penting untuk kesembuhan, di samping akan mencegah soket gigi dari udara dan kotoran makanan. Gantilah tiap 30-45 menit, atau tergantung dari kondisi perdarahan yang terjadi.

e. Berusahalah untuk tetap tenang/santai.

f. Setelah 3-4 hari pasca pencabutan, hati-hati jika menggosok gigi terutama di dekat daerah bekas pencabutan.Jangan gosok di daerah bekas pncabutan.

g. Gunakan anti nyeri bilamana diperlukan. Ingat jangan gunakan ASpirin.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pasca pencabutan gigi :

1. Berkumur/sering meludah pada 24 jam pertama.

2. Menghindari latihan untuk 12-24 jam pertama dan mengangkat beban yang berat selama 2-3 hari.

3. makan/minum sampai efek obat bius lokalnya hilang.

4. meraba/memain-mainkan lidah/jari di daerah bekas pencabutan.

5. melakukan hal yang bisa merusak gumpalan darah yang terjadi di dalam soket /bekas pencabutan gigi.

6. Merokok

7. Minum alkohol terutama 24 jam pertama.

8. Makan makanan yang keras dan lengket .

Beberapa Komplikasi yang bisa terjadi pasca pencabutan gigi:

1. Infeksi.

2. Perdarahan (Prolonged bleeding)

3. Bengkak berkepanjangan

4. Paresthesia

5. Dry socket/alveolar osteistis.

6. Sakit/nyeri yang berkepanjangan.

Kalau..sebelum cabut gigi? Pasiennya ngapain ya?

1. Makan dan minum cukup. Jangan hanya makan untuk sekedar pengganjal perut saja, misal hanya makan biskuit beberapa potong, hanya minum jus saja

2. Tidur cukup pada malam harinya.

3. Tidak sedang stress/sangat lelah.

4. Tidak phobi dengan prosedur gigi. Sebagian pasien mengalami ketakutan yang sangat pada dokter gigi atau prosedur gigi. Namun karena sakit yang sangat , terpaksa pasien datang ke drg.

5. Mintalah orang lain untuk mengantar Anda ke drg. Kadang setelah cabut gigi, pasien merasa pusing atau sakit sehingga mungkin beresiko untuk mengendarai motor dan lain sebagainya.

6. Komunikasikan dengan dokter gigi Anda tentang penyakit Anda bilamana ada, hal-hal tersebut di atas atau hal lain yang ingin Anda ketahui.

oleh: rumahkusorgaku.wordpress.com

About these ads

55 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. 2 hari lalu saya cabut geraham bungsu terakhir (lainnya yang 3 sudah dicabut). Wisdom tooth yang tidak wise ini, sudah menghantui saya selama 14 tahun! Waktu pertama tumbuh, gusi merekah terbuka tp posisi gigi masih dibawah dan sampai dicabut kemarin itu, gigi masih belum tumbuh sempurna. Sangat mengganggu, dan letaknya miring sehingga tidak terjangkau sikat gigi..saya juga sering migren.

    Operasi hanya 5 menit, menakjubkan….waktu cabut geraham bungsu ke3 tahun 2006, prosedurnya masih agak ribet dan lama, padahal saya kerumahsakit yang sama. Cabut geraham bungsu terakhir ini, bener2 cepat dan dokternya juga jago banget, krn tidak berdarahdarah..tau2 selesai dan ‘ini giginya, mau dibawa pulang?’. Saat kumur juga darahnya minimal.

    Tapi..ini nih..besoknya pas bangun tidur, pipi kok bengkak..untung saya masih cuti. Jadi seharian ditempel koyo aja. Dari koyo cap unta yang cuman 1 menit aja berasa panas, sampe koyo cabe yang setelah dicabut pun pipi masih kerasa panas. Waktu cabut 3 geraham sebelumnya, saya ingat sekali dibius di bibir, tp yang kemarin ini suntikan bius di gusi, jarum suntik juga diputer-puter dokternya, dan ternyata yang terakhir ini yang bengkak.

    Hari ini saya udah harus masuk kantor, jadi ge-er krn semua orang serasa memandang dengan sorot kasian ke saya ‘ih bengkak..sakit ya’. Padahal gak terasa apa-apa krn kan saya minum obat pereda nyeri yang diresepkan dokter.

    Tapi malu…besok pun saya masih harus meeting dan ketemu klien. Jam makan siang begini pun saya malas kekantin kantor, mau delivery dan makan dimeja aja..

    Gimana caranya biar besok bengkak saya reda?

  2. Mba Lina,
    bengkak pasca pencabutan gigi adalah hal biasa terjadi, terlebih pada kasus pencabutan gigi bungsu.Jadi mba Lina tidak perlu khawatir selama bengkak tersebut dalam keadaan dan jangka waktu yang normal, sampai waktu/jadwal kontrol ke drg pasca pencabutan (karena biasanya drg menyarankan untuk kontrol pasca pencabutan terutama pada kasus tertentu).

    Saran saya:
    1. Mba tetap tenang dan rileks. Bgaimanapun, bengkak itu biasa terjadi. Untuk selanjutnya, lain kali jika mba akan cabut gigi,jika gigi tersebut dalam keadaan yang tidak dalam kondisi GAWAT DARURAT untuk segera ditangani, sampaikan pada drg bahwa mba akan ada keperluan penting (msl meeting) yang dimungkinkan “mengganggu” kelancaran (misal gangguan bicara) dan kepercayaan diri (misal malu), maka drg kemungkinan akan bisa menunda pencabutan gigi.
    Selain itu mintalah penjelasan sejelas jelasna ttg cabut gigi termasuk efek/hal yang akan mba alami pasca cabut gigi.

    2. Lakukan hal-hal sesuai instruksi, terutama untuk mengurangi bengkak antara lain yang sudah saya muat dlm artikel di atas.

    3. Apabila terjadi kondisi bengkak yang mengkhawatirkan atau terdapat tanda-tanda ketidaknormalan, maka segera kontrol ke drg yang bersangkutan, agar dapat diketahui penyebab sesungguhnya dan kemudian drg akan memberikan solusi pada keadaan tersebut sesuai penyebabnya.

    Demikian yang dapat saya sampaikan, mahaf jika kurang membantu. Semoga cepat pulih dan sukses selalu untuk mba.
    terima kasih

  3. alooo makasih ada blog ini .. tadi aq br pul dr drg untuk cabut gigi kanan paling belakang krn pertumbuhanna mngkin ada yg salah dan sering mengakibatkan sakit. Sebelum di cabut saya melihat hasil xray gigi sayan dan ternyt bertumbuhna gigi belakang aq bertabarkan dgn gigi depanna.. akhirna aq memutuskan untuk mencabutnya. Seumur baru kali ini saya mencabut gigi. wakru pencabutan berhasil tanpa terasa sakit tapi sehabis pulng dr rmh sakit dan obat biusna sudah gak terasa lagi auwww sangat menyakitkan terasa dunia ini hahaha … tanpa pikir panjang saya membuang kassa yg di dalam mulut krna terasa menganggu .. tapi saya langsung menganti yg di dapat dr drg tpi hanya 1 buah untuk sekali pakai dan saya terus membuang air liur karna gak tahan sakitna .. yg ingin saya tanyakan apabila kain kassa sudah tidak ada apa tidak apa” ? nah akhirna saya jg lngsng meminum obat yg di kasi oleh drg ntah obat apa itu dan saya menulis blog ini dgn rasa nyeri sdh tidak terlalu trasa, dokter memberitahu untuk meminum obatnya 3x sehari yg saya mau tanyakan apabila sakitna kambuh lagi tapi blm wktna misalna hanya selang 5 jam gitu apa saya bisa meminumna lagi ? saya tidak menanyakan hal itu sama drg krn saking ketrbatasan bahasa saya krn saya lagi di negeri org dan apesna rata” org yg di rmh sakit itu jrng bisa berbahasa inggris saking rasa nasionalis sama bahasana :(

    • dear willy, pertanyaan Anda:
      1. “apabila kain kassa sudah tidak ada apa tidak apa” ?
      Insya Allah tidak apa-apa. Tunggulah beberapa saat ,jangan langsung dibuang seperti pd kassa yang pertama Willy pakai.Hindari pantangan pasca cabut gigi,misalnya sering meludah dsb.

      2. “apabila sakitna kambuh lagi tapi blm wktna misalna hanya selang 5 jam gitu apa saya bisa meminumna lagi ? ”
      - Obat apapun itu (tidak hanya dalam kasus ini), sebaiknya Willy meminumnya sesuai petunjuk dan diagnosis,karena jika tidak, dikhawatirkan akan terjadi efek lain yang buruk dalam waktu spontan ataupun dalam jangka panjang. Selain itu dikhawatirkan pula bisa terjadi efek samping yang tidak diinginkan.
      - Jika rasa sakit itu kambuh sebelum waktu meminum obat yg disarankan, lakukanlah tindakan lain yang bisa meringankan. Kecuali jika rasa sakitnya termasuk jenis yang sangat ekstrim,yang tentu saja perlu dicari penyebabnya dan kemudian diberikan penanganan yg sesuai. Jangan lupa, lakukan kunjungan kontrol bila hal tersebut diinstruksikan oleh drg yang bersangkutan. Bila tidak ada jalan keluar untuk rasa sakit lakukan second opinion ke drg lain .
      3. saya tidak menanyakan hal itu sama drg krn saking ketrbatasan bahasa saya krn saya lagi di negeri org dan apesna rata” org yg di rmh sakit itu jrng bisa berbahasa inggris saking rasa nasionalis sama bahasana :(
      - Untuk lain waktu, sebaiknya Willy menanyakan segala hal yang berhubungan dengan suatu tindakan atau terapi yang Willy akan jalani. Itu semua demi kebaikan tubuh Anda sendiri.
      Jika ada hambatan bahasa, Willy dapat memilih rumah sakit/klinik yang bisa melayani “bahasa internasional” .Jika hal tersebut tidak Willy dapatkan, sebaiknya willy mengajak seseorang yang bisa berfungsi sebagai penerjemah atau sarana komunikasi lainnya.
      Selain drg, pertanyaan tentang obat, bisa ditanyakan willy pada apoteker.
      Demikian Willy, semoga cepat sembuh.

  4. Hallo..
    kamren kan aq flu berkepanjangan, akhirnya sama dokter tht suruh cabut gigi atas yang bermsalah. Masalah timbul, setelah dicabut giginya efek biusnya berkurang, waktu kencing rasanya sakit sekali (seperti anyang-ayangen. Padahal sebelumnya minumq banyak dan jarang nahan2 kencing. Itu kenapa ya…?????

    JAWAB:

    hallo jg ,rudi.
    observasi dl,ya,rudi.maaf saya tidak bs banyak membantu,karena data yg rudi berikan jg sangat minim.
    kemungkinan dokter tht menduga adanya fokal infeksi pada gigi rudi, sehingga menyarankan gigi fokal infeksi tersebut untuk dicabut. Saran saya sebaiknya rudi datang saat jadwal kunjungan kontrol atau segera kembali jika kondisi rudi memburuk.
    terima kasih.

  5. sekitar seminggu yang lalu saya ke drg utk cabut gigi geraham sebelah kiri. ini pertama kalinya saya cabut gigi.kata orang se rasanya sakit.tapi sy branikan diri d buat dicabut coz sdh menimbulkan bau yg tdk sedap, sehingga saya tdk PD klo mesti bercakap-cakap dgn rekan saya.hehe..awalnya gigi graham sy tu rapuh, lalu berlubang dan bernanah..hal ini sy sdh raskan lama, yg pst lbh dr 5 thn.
    sbnrnya sy tdk yakin hari itu sy bisa lgsg dicabut ato tdk. mslhny gigi sy trasa ngilu jika diketuk. tp trnyta dokter blg sdh bs dcabut..heran jg sih soalnya sblmnya sy prnh ke drg yg lain, dok blg mesti dikasi obat dulu sampai rasa sakitnya hilang. dan itu berlangsung 2x.
    akhirnya sy putuskan jg d utk dicabut saat itu jg..si dok menyuntikkan semacam obat bius gt (hehe ga tau namanya, anestasi bkn??) bibir kiri bagian bawah dan lidah saya trasa besar dan semutan..ya pengaruh bius kali.dan proses pencabutan dimulai..and sekitar 15mnt barulah selesai.
    pasca cabut gigi, badan sy trasa ga enak, mual, rada demam, puyenk, ga kuat berdiri lama2, lemes,blablabla…sampe sy ke dokter umum utk konsultasi kshtn, lambung sy luka krn obat yg dbrikan drg terlalu keras utk lambung sy krn sy pny pnykt maag dr kcl. slain itu dampak yg msh sy rsakan smpe skrg yaitu sariawan yg buaaanyaakk bgt disekitar bekas suntikan aja ada 3 sariawan, gusi atas nya jg sariawan, dibibir kiri bgian bwah yg sempet trasa besar ada 3 sariawan yg bsr2, belum lagi di lidah, waduh sengsara d..makan sakit..dan yg pst hari-hari ini lbh pendiam gara2 sariawan hehehe…malez bgt ngomong gara2 sariawan yg begitu perih dan ada di sekitar bibir,maluw d klo ngobrol ma org2 gara2 sariawannya bsr2 dan kliatan bgt dskitar bibir, rada bengkak pula lage…hikz..emangnya slalu begini ya pasca cabut gigi???

    JAWABAN
    Turut pprihatin atas “penderitaan” yang mba alami.kondisi yg mba alami tidak selalu tjd pasca cabut gigi.Namun bisa saja terjadi.
    Terus terang Ada beberapa hal yang menimbulkan tanda tanya pd kasus mba.Saya juga tidak tahu bagaimana “proses” saat tanya jawab antara drg dan mba ,sehingga tindakan cabut gigi dilakukan pada saat tsb.
    1. mba tidak melakukan rencana perawatan pd drg yg sebelumnya, dengan kondisi gigi yg seperti mba ceritakan sebelum tindakan cabut gigi dilakukan.bahkan sdh smp 2x.
    2.”pasca cabut gigi, badan sy trasa ga enak, mual, rada demam, puyenk, ga kuat berdiri lama2, lemes,blablabla…”
    keadaan tsb jg bisa saja terjadi. Kemungkinan antara lain karena: psikologis yg kurang siap, keadaan sistemik,tekanan darah ,persiapan fisik sebelum cabut gigi kurang (misal tidur cukup), dll.Hal ini bisa diketahui saat tanya jawab sebelumnya.
    3. 15 menit proses pencabutan. Waktu 15 menit untuk pencabutan adalah relatif lama. Dan hal ini tentu ada sebabnya.Dan waktu tsb bisa menunjukkan kondisi akan terjadinya hal lain pasca cabut gigi.
    4. Kesalahan pemberian pain killer.Apalagi sudah ada riwayat sebelumnya.

    Saran saya, mba segera kembali ke drg agar bisa diperiksa dan diketahui penyebab lokal gigi dan rongga mulut mba.Jika penyebab diketahi, tentu akan lebih mudah mencari solusi.Dan drg bisa mengatasi secara lokal dan mungkin akan mengganti jenis obat pain killer.

    jika mba kurang yakin dg drg tsb, kunjungi drg lain dan ceritakan sedetail2nya kasus mba.jika drg mencurigai adanya penyakit sisemik, tentu akan merekomendasikan mba untuk ke dokter ahli yang bersangkutan.Tetap perbanyak asupan cairan konsumsi soft food/fluid food.
    semoga lekas sembuh.lakukan pula kunjungan ke drg setelah sembuh untuk mengatasi sedini mungkin masalah rongga mulut mba yg lain.
    terima kasih

  6. hari ni ane cakit pada gigi pada bagian geraham, sampe2 gusi ane bengkak.
    Ane pengen gigi ane dicabut….
    hi….tapi ngeri ngliat alat2nya…
    gimana ya….supaya tdk takut…?
    trus ada efek samping g, setelah pencabutan gigi?
    takutnya sih, klo ada pergeseran pada gigi2 ane..
    klo hal itu bsa diminimalisir ga?tanpa dipasang gigi palsu…

  7. saya mengalami masalah dengan 4 gigi geraham saya. udah di rontgen ternyata kurang tempat untuk tumbuh. jadinya mandek di gusi. sekarang gigi geraham saya yang kanan ( atas bawah ) terasa sakit karna mendorong gigi di samping nya. rencananya saya dioperasi hari ini untuk mengambil dua gigi geraham saya yang kanan ( atas bawah ). yang saya mau tanyakan ada ngga sih resiko geraham diambil???? trus bener ngga bisa mengakibatkan kebutaan?? makasih

    • Untuk geraham bungsu, umumnya tidak ada resiko jika diambil. Tidak benar bila mencabut gigi akan mengakibatkan kebutaan. Sebelum mencabut gigi, drg akan memeriksa dengan teliti baik keadaan lokal gigi yang bersangkutan dan keadaaan umum (sistemik) pasien, sehingga aman untuk dilakukan tindakan pencabutan.

  8. halo mba..
    2 hari yang lalu saya cabut gigi geraham kanan. pas dicabut gakada masalah, mungkin karena pengaruh obat biusnya ya mba.. tapi masalah terjadi saat sejam setelah itu hinga sekarang (dah dua hari). dibekas pencabutan terasa sangat nyeri sekali ( rasaya seperti saat sakit gigi) dan kalo gigi disebelahnya saya tekan dikit, sakitnya minta ampun.
    saya cabut gigi karena kondisinya sudah tidak baik dan sering sakit. setelah pencabutan, drg yang menangani gigi saya malah suruh kasanya dibuang saja (sekitar 2 menit setelah pencabutan) dan memang setelah itu saya gak nyaman banget dan sering meludah, darahnya baru kering 14 jam setelah pencabutan.
    dok..sekarang saya mesti gimana lagi..sungguh sakitnya lebih parah dari saat sebelum sakit gigi

  9. Saya abiz cabut gigi miring dblkg grhm sblh kanan. Kassa yg dberi drgny udah sya buang, cuman sya gigit stgh jam lg. Gpp g y? Trus klo mau kumur dikumur pake obt kumur spt listerine gtu blh g? Trims..

  10. Ass. wr.wb,

    Seminggu yg lalu saya operasi gigi grhm kanan bawah, trus kan di anantesi ya dgn cara di suntik, terasa bagian lidah,gusi dari gigi seri tengah sampai ke geraham yg mau di cabut itu menjadi berat dan kebas. Lalu pipiku membengkak selama 2 hari. Sekarang bengkaknya sdh hilang tetapi rasa kebas(baal kalau kata urang sunda mah ) di bagian bibir bawah kearah kanan, gigi seri sampai grhm yg dah di cabut, setelah seminggu lebih kok ya tetap aja. terutama bibir bwh kearah kanan terasa berat dan berdenyut2, trus gigi seri bagian dpn ini rasanya spt ada yg ganjel. Sdh saya hubungi drg lagi, sarannya saya harus rajin minum susu aja,. mungkin belum lebur katanya.
    Masa sih, terus terang saya sangat terganggu. mohon jawabannya ya dok! makasih.

  11. Setelah pencabutan gigi darah saya masih keluar terus.saya sudah melaksanakan perintah DR tp kenapa darahnya msh kluar yah?

    • dear sucy,
      darah yang masih keluar terus post pencabutan, masih dalam kategori normal.Sayan sekali sucy tidak menyebutkan secara detail kasus sucy. Jika sucy tidak mempunyai gangguan secara sistemik terutama yg berhubungan dengan hæmatological disorder , sucy tidak perlu khawatir. Terlebih jika ada perkembangan baik pada bekas pencabutan.
      Sebaiknya sucy melakukan kontrol ke drg yang bersangkutan. lakukan juga usaha selama sucy belum ke drg untuk mengurangi darah yg keluar.
      semoga cepat sembuh.

      Prolonged Bleeding

      The dentist has a variety of means at his/her disposal to address bleeding, however, small amounts of blood mixed in the saliva after extractions are normal–even up to 72 hours after extraction.

      Most patients with a bleeding disorders are diagnosed
      early in life and their medical history is available to the oral
      surgeon. Nevertheless, cases are still occasionally
      diagnosed for the first time following dental extraction.

      The majority of patients who bleed after extractions do not
      have any underlying hæmatological disorder and they
      generally have had extractions previously without
      complication, suggesting a purely local factor in the
      hæmorrhage.

      Pre-operative screening of patients with no relevant history
      for blood-clotting disorders is not an effective means of
      identifying patients who may bleed postoperatively.

      There exists a small group of patients who bleed after
      dental extractions on each occasion but do not bleed after
      extra-oral trauma and do not show any abnormality on
      hæmatologic testing. It has been suggested that oral
      fibrinolysis, probably of salivary origin, may be responsible
      for destruction / lysis of the blood clots and consequent
      hæmorrhage in such patients. Fibrin-stabilising factors,
      such as ε-aminocaproic acid and transexamic acid may
      be helpful in these cases.

      To minimise bleeding after the extraction

      * the socket can be stuffed with various materials that
      assist clotting
      * the socket is stitched up tightly &
      * a mouth rinse containing Tranexamic Acid (this
      prevents the breakdown of blood clots) can be
      prescribed.

      * bleeding continue or restarts, to apply pressure over
      the socket using a folded clean handkerchief or gauze
      pad. Place the pad over the socket and bite down
      firmly for 15 – 20 minutes. If bleeding does not stop,
      the Oral Surgeon should be contacted; repacking and
      re-stitching of the socket may be required

  12. Saya menderita sakit gigi geraham (tapi bikan geraham bagian belakang), kata dokter gigi saya lubangnya sudah cukup dalam dan harus segera dicabut setelah sembuh sakit giginya. Pipi bengkak berhari2, atit …
    Terus terang saya takut cabut gigi, terlebih geraham, terlebih lagi setelah saya baca kasu2 di atas .. jadi serba skeptic dah ..
    O ya dok, kenapa orang sakit gigi ga boleh ngrokok ?

    • turut prihatin atas penderitaan giginya.
      kalau saya boleh bilang…berani merokok, masak ga berani cabut gigi :)
      maaf, …
      kalau saya ditanya , knp org sakit gigi ga boleh ngrokok …,
      jawab saya, sebenarnya ngga sakit gigi pun, orang tidak boleh merokok. Apalagi setelah cabut gigi.Selain agama (islam) melarang, menurut kesehatan juga dianjurkan untuk tidak merokok.

      Jangan takut cabut gigi, kalau memang cabut adalah pilihan penyelesaian penderitaan gigi Anda. Komunikasikan ketakutan anda sebelum drg mencabut, agar drg dapat mengurangi bahkan menghilangkan ketakutan Anda.
      Demikian, maaf bila ada kata yg kurang berkenan. Semoga lekas sembuh.

      • terima kasih banyak.
        Sedang mengumpulkan mental dan doku (abis, komen2 di atas kok ngeri2.. he)
        Btw, mengenai rokok, ga ada pembelaan apapun dariku knp sy tidak berhenti.
        Perbuatan jahiliyah yang masih ttep dilakukan walaupun tau benar itu “tidak benar” bego emang ^^’
        Thanks alot.

  13. Mohon maaf saya mau nanya, beberapa hari yang lalu saya cabut gigi geraham atas. tapi hingga sekarang sudah 6 hari rasa nyilunya belum juga hilang. apakah hal tersebut termasuk hal yang wajar bagi setiap orang pasca cabut gigi. tks

    • Ngilu atau bahkan sakit pasca cabut gigi adalah hal yg biasa. Lambat laun, rasa tidak nyaman tersebut biasanya akan makin hari makin berkurang sampai akhirnya hilang. Memang dalam waktu 1 minggu biasanya keluhan ngilu ataupun sakit sudah hilang.
      Jika ngilu yang Anda rasakan menetap/kontinu bahkan makin hari makin sakit, bahkan diikuti dengan keluhan lain,misal nyeri limfonodi atau muncul baumulut dst, sebaiknya segera kembali ke drg untuk dilakukan kontrol. Kemungkinan terjadi “dry socket”.
      Drg akan mengatasi hal tsb. insya Allah.
      oh,ya..tidak perlu minta maaf, karena Anda tidak bersalah :)
      Semoga cepat sembuh
      terima kasih

  14. Assalamu’alaykum.
    Kemarin saya habis cabut gigi. awalnya saya takut banget tuh sama drg dan segala yang berbau pergigian. tapi mengingat gigi ni harus segera dipensiunkan maka saya beranikan diri untuk dicabut. 2 gigi (M1 dan M2) akhirnya lepas juga. ga kerasa apap2 sih, ba’da itu juga langsung dianjurkan dikompres, jadi ga bengkak. tapi pagi ni ni, agak pegel dan uda ga ada gumpalan darah (kemarin sempat main2 dgn ujung lidah), tapi pas aku ngaca kok kayak ada sesuatu berwarna kuning dibekas cabutan. mau tak otak atik takut ga steril. yang mau saya tanyakan apakan sesuatu itu? sisa makanan atau sel darah putih yang mati ya (sejenis nanah gitu)? mhn segera diblas ya. Syukran.
    Wassalamu’alaykum.

    • wa`alaikumussalam
      maaf, baru sempat membalas.internet saya lg “down”.
      Kesembuhan dan timbulnya komplikas pasca cabut gigi , tergantung antara lain kepatuhan pasien , terhadap instruksi. Antara lain menghindari, menghisap2, memainkan dg ujung lidah,sering meludah dst.
      jika akan menutup, tentu ada jaringan yg terbentuk pd bekas lubang. Jangan diutak atik, jangan dicungkil atau semisalnya. Sementara jika Makan dg memakai sisi rahang yg lain

  15. Waw, kok making ngeri ya? Saya jg punya masalah dg gigi saya, gigi geraham saya udah 4 yg bolong, kiri kanan atas bawah, depan belakang jg kali yak? Mau k drg, tp tkut klo drg nya nyabutis semuanya. Menakutkan!.. 1gigi aja yg d cbt udh ngeri2 komennya, apalagi 4 ! 1=seminggu, 4×1=4minggu=1bulan wadaw, gak kebyang dah penderitaanya, biarin deh jadi bujang lapuk ompong4x seumur idup, ngeri euy!

  16. Assalamu’alaikum..

    Minggu besok jadwal saya cabut gigi yg posisinya dibelakang taring. saya sdg menjalani pemasangan behel.2 minggu yg lalu tepatnya saya pasang behel.kata drg nya stlh 2 mggu gigi blkg taring dicabut.
    yg mau saya tanyakan kira2 efek sampingnya apa ya?sakit bgt nggak ya.

    thx for d info.

    • wa`alaikumussalam
      silahkan baca sedikit yentang cabut gigi di http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_extraction
      atau atmi dpt browsing di sumber lain.
      Sakit biasanya ada meski sedikit.Sakit bgt?ngga juga tergantung banyak hal. tentunya drg akan memberikan pengurang rasa sakit bila terjadi.
      Apapun yg menjadi ganjalan atau pertanyaan , sebelum tindakan dilakukan komunikasikan dan mintalah penjelasan pada drg.
      terima kasih

  17. slm…

    sy seorang ibu yg msh menyusui,kmrn hbs cabut gigi di RSUD tp stlh 2hr tiba2 anak sy yg msh usia 1 thn muntah-muntah krn minum asi dr sy trus sy jg mrasakn mual n g enak mkn,.
    tolong jlasin dong knp bs spt itu?apa mgk anak sy kracunan obt skt gigi yg sy mminum coz sy lp ngasi tau DRG klo sy msh mnyusui mgk dr nya ngasi obat dg dosis tinggi,
    apa yg hrus sy lakukan..udh 2hr ank sy munta2 trus sy jg msh mual tp gigi udh g bgtu skit,pdhl obtnya udh g diminum..tlg pnjlsn dr tmn2 smuax yg pny pnglman tg sm…thanx..

    • ibu diana,
      - memang suatu keharusan bahwa bila seorang ibu menyusui atau wanita hamil, harus menginformasikan terlebih dahulu saat berobat atau akan memperoleh tindakan medis. Karena dalam beberapa obat atau tindakan medis tertentu akan berpengaruh. Namun jangan khawatir, pada ibu yg menyusui, jikapun ada obat yg berpengaruh pada bayi ,hanya sebagian kecil saja.

      - Yang perlu ibu diana ketahui, tidak semua kasus pencabutan, memerlukan obat pasca pencabutan gigi. Terlebih bila tidak ada kasus spesial dan komplikasi.
      - Sebaiknya ibu hentikan obat yang ibu minum, apalagi keluhan pasca cabut gigi sudah berkurang. Namun bila masih ada, sebaiknya ibu kembali ke drg, untuk mendapatkan obat yg semestinya.

      ” Many pregnant or breastfeeding women worry about whether to take medications, including prescription and over-the-counter drugs, vitamins, and dietary or herbal supplements. They are afraid these could harm their child. However, sometimes taking medication can’t be avoided. Women who are pregnant or breastfeeding can have short-term or long-term health problems. In addition, women sometimes take medication before they realize they are pregnant. A survey in the U.S. in 1998–99 found that 46% of women in their childbearing years took a prescription medicine during the previous week. So, it is important that we know more about which medications may be harmful during pregnancy and breastfeeding and which are not.
      Information for Pregnant and Breastfeeding Women

      * If you have taken a medication, or need to take a medication, the first thing to do is talk with your doctor. Some medications are harmful when taken during pregnancy, but others are not. The effects depend on many factors such as: How much was taken, and when during the pregnancy? Do you have other health conditions?
      *
      * Breast milk is the healthiest food for babies. It is important that women do not stop breastfeeding unnecessarily, even though many prescription and over-the-counter drugs, herbals, and dietary supplements can reach a nursing baby through breast milk. Fortunately, most medications enter breast milk in small amounts that won’t affect a nursing baby very much. However, we need more information about the actual effects of most medications on nursing babies to be certain they are safe to use while breastfeeding.

      demikian ibu, semoga bisa dipahami.
      terima kasih

  18. Sy baru aja dicabut geraham atas kanan belakang… Sakit pas disuntik, dicabut jg rada ngeri, tnyt akarnya gede bgt.. Nah trus sy dikasi obat penghilang nyeri, obat penghenti pendarahan and antibiotik, stlh minum sy alergi, badan sy biduran semua, mata and pi2 bengkak, ada obatnya nda ‎​♈ª? Obat sy danalgin, transimin ama cefat, thx infonya, trutama cr ngilangin ngilu2nya, perih jg nda, darah cpt bgt berkurang…

    • Segera hentikan semua obat. Apakah sebelumnya Lili menginformasikan bahwa lili mempunyai alergi?Alergi antibiotik atau anti nyeri?
      Jika kasus gigi biasa dan proses pencabutan gigi tidak ada komplikasi, obat yg diberikan drg tersebut, sepertinya terlalu berlebihan, (tidak perlu antibiotik dan diazepam). Coba Lili browsing tentang obat 2 tersebut agar lebih mengetahui.
      Sebaiknya kembali lg ke dokter untuk mendapatkan obat yg semestinya, dan untuk mengurangi, lakukan kompres dan istirahat cukup, aplikasi calamine lotion (kecuali mata) atau nonprescription antihistamines, bilamana diperlukan.
      Semoga segera sembuh.

  19. Hari ini istriku cabut gigi bagian bawah belakang sebelum graham,dicabutnya jam 11.00 wib tapi sampai jam 14.00 ini kok belum berhenti pendarahannya ya? Apa yang harus dilakukan ya untuk mengatasi perdarahan tsb,sementara ini cuma tak kasih es batu,mohon penjelasan dan solusinya bagaimana?

    • wah, lama juga ya..sebaiknya istri Bapak segera kembali ke drg lagi. Karena sudah lama tidak berhenti
      ini,pak, jawabannya:
      “Some bleeding may occur for some time after your tooth extraction. In most cases this bleeding can be effectively controlled and stopped by placing a piece of moist clean gauze over the empty tooth socket, and then biting firmly on this gauze for 45 minutes to an hour. Make sure that the gauze is positioned so when you bite down it applies pressure directly onto the extraction site. If you bite down and your teeth come together fully you may not be placing much pressure on the gauze.

      Place the gauze directly over the socket, then apply firm pressure. It is both firm pressure and maintaining this pressure over a prolonged period of time (45 minutes or so) that are important factors when this technique is used. Don’t keep changing the gauze, just put some in and then clamp down on it for 45 minutes to an hour.

      If the bleeding seems to persist, a slightly moistened tea bag can be a very effective substitute for gauze. One of the components of tea (black tea, the regular stuff you would make iced tea from) is tannic acid. Tannic acid can aid in the formation of blood clots and this technique can be very effective. (Same instructions as above, just substitute the tea bag for the gauze.)

      If a small amount of bleeding persists after 45 minutes then repeat these instructions. If heavy bleeding is still present then contact your dentist. ”
      Semoga lekas sembuh

  20. embak yang bikin blog ini, saya kan pasang behel..
    nah kan itu gigi saya dicabut 4 gigi, nah semenjak pencabutan pertama saya kan dkasih obat penahan nyeri n anti infeksi itu nah saya alergi.. abis tu obat saya hentikan nah.. untuk pencabutan selanjutnya obatnya dganti sama dokternya masih alergi juga.. sampe pemcabutan keempat saya masih alergi. alerginya tuh gatal2 ky org alergi udang atau sbangsanya. padahal sebelumnya saya sama sekali tidak pernah alergi apa apa.
    sbenarnya saya tidak ada permasalahan sama gigi saya, gigi saya baik2 saja selama pasca pencabutan. tapi alerginya itu yang masih ada : alergi makan ayam alergi,ikan alergi, petis alergi.. minum obat sembarangan alergi.
    bisa dijelaskan itu kenapa?? soalnya sebelumnya saya tidak pernah alergi makan apa apa.. jawab melalui email aja ya mbak biar saya tahu.. penting bgt ini.. saya takut knp2.. huhu

    • adik yang bertanya di blog ini…
      alergi makanan yang muncul yang sebelumnya tidak pernah terjadi kemungkinan terjadi karena Sella masih dalam kondisi akibat alergi obat, sehingga nampak semua yang Sella makan,menjadikan muncul alergi.Atau bisa jadi alergi obat yang Sella alami menjadi faktor pencetus munculnya alergi thd makanan tertentu.
      Jika reaksi alergi Sella menetap, atau bahkan terjadi peningkatan keparahan, sebaiknya Sella segera konsultasi ahli alergi untuk dilakukan tes dan treatment serta pencegahan.

      “Any person can get an allergic drug reaction to any drug. Allergic drug reactions are less common than other types of drug reactions.

      For a drug allergy to happen, you must have taken the drug before. You are more likely to get an allergy to a drug that gave you a drug allergy before. You can loose a drug allergy. You might have a reaction that looks like a drug allergy, but is not a true drug allergy.

      If you have a family member who had a drug allergy, then you are more likely to have an allergy to any drug. You are not more likely to develop a drug reaction that that drug.

      If you never had the drug before, then you cannot develop a drug allergy to that drug. You might expose yourself to that drug without knowing it. You might eat a food that contains an antibiotic. Then you could get a drug allergy to that antibiotic, if you take the antibiotic for an infection.

      The immune system produces proteins known as IgE antibodies. These antibodies protect you from unwanted invaders that could make you sick or cause an infection. When you have allergies, your immune system makes antibodies that identify your particular allergen as something harmful, even though it isn’t. This triggers the release of histamines and other substances that cause allergy symptoms.

      Allergies can cause symptoms that involve your skin, sinuses, airways or digestive system. The severity of allergies varies from person to person and can range from minor irritation to anaphylaxis — a potentially life-threatening emergency. While allergies can’t be cured, a number of treatments can help relieve your allergy symptoms.”

      Untuk masalah alergi,silahkan dibaca antara lain di:
      - http://www.mayoclinic.com/health/drug-allergy/DS01148
      - http://www.mayoclinic.com/health/food-allergy/DS00082
      semoga cepat sembuh.
      terima kasih

  21. Pagi :)

    5hari yg lalu saya cabut gigi graham bungsu
    Sebelah kiri dok,disarankan untuk gigit kapas 1jam setelah itu buang,tidak kumur2 dan tidak isep2,makan minum boleh kecuali thdp bhn makanan yg memicu alergi,saya diresepkan ponstan,ada ab amoxicillin tapi tdk sy minum..
    Sampe sekarang kok rasanya pipi bawah kiri msh agak tebel n nyut2an ya?g terlalu hebat sih nyut2an nya tp bikin bingung krn 2th yg lalu cabut graham kiri atas
    Rasanya ga gini2 amat..di tempat bekas gigi dicabutnya sih ga bengkak,ga berdarah,cuma agak ngilu aja..itu wajar ga ya? Lubangnya sih sudah mengecil,jaringannya udah mulai menutup kali ya?
    Lalu kalo setelah makan saya suka kumur2,itu boleh gak?soalnya 2jam pasca cabut gigi saya makan,lalu ad nasi nyangkut,dan saya kumur pelaan sekali untuk ngeluarinnya,alhamdulillah keluar tuh,nahh abis itu saya takut yangkut lagi di lubang bekas cabut gigi,mjd saya kumur terus tiap abis makan,ap krn hal ini rasa kebas dan nyut2an itu msh ada?

    Kira2 saya mesti balik lg ga ke drg?

    Makasih,maaf ya klo kepanjangan :D

    • assalaamu`alaikum,
      keadaaan pasca cabut gigi,ditentukan beberapa hal antara lain: jenis kasus, posisi, proses pencabutan, dan tindakan pasien (kepatuhan dll).
      ya, novi sebaiknya segera kembali ke drg. Terlalu sering kumur memang arus dihindari pasca cabut gigi.
      semoga cepat sembuh.

  22. asskum mbag. .
    mw tny nie sya kn hbs cabut gigi graham kanan,kondisi normal dr awal smpai 8jm kemudian.
    yang sya tnyakan gigi bks cabutan trs brdarah klo gak disumpal apakan tdk apa2? ? ? ? ?
    pndarahan sprti tu biasanya sampai berapa hari y?
    thx sblmnya. . .

    • sebelumnya,maaf,ya…klo nulis salam,sebaiknya yg bener. saya jd bingung jawabnya.karena maknanya tentu berbeda.Ok?:)
      pertanyaan Bie, senada dengan yg disini : http://www.answerbag.com/q_view/878864
      Silahkan dibaca dan di cermati.
      Semoga cepat sembuh dan pulih.
      terima kasih

      • hhehe, ,
        mav sblumnya klo agak alay slmnya.
        tp thx alot mbag buat infonya. .
        waalaikumussalam wr.wb

      • ya..ya…:)
        sama2.jgn lupa dibuka jg link di bawahnya klo ngga/kurang jelas.
        jgn smp ada gigi yg harus dicabut lg ya…biar awet smp tua:)
        wassalaamu`alaikum warohmatulloh.

  23. semangat pagi,,

    dua gigi geraham bawah saya sudah dicabut,,yang pertama proses oprasi agak lama,penanganan dilakukan oleh dua dokter,dan metodenya pemotongan gigi kecil2,katanya karena posisinya sulit, dekat dengan arteri dan syaraf. yang kedua proses relatif cepat.
    jeda antara operasi pertama dan kedua satu minggu,bengkak pada pasca operasi pertama reda kurang lebuh seminggu,
    namun terjadi masalah ketika memasuki hari ke 13 pasca operasi pertama,waktu tu saya makan daging yang agak keras,pipi saya bengkak lagi(yang operasi pertama),namun 4 hari kemudian reda. memasuki minggu ketiga pasca operas pertama,setelah makan daging yang agak keras, pipi saya (yg operasi pertama) benkak lagi,sudah hari ketiga belum menunjukkan tanda2 reda. sedangkan pipi yang satu lagi (operasi kedua) nampaknya sudah sembuh karena tidak ada pembengkakan sama sekali selepas satu minggu stelah operasi kedua.

    apakah pembengkakan pada bekas operasi yang pertama itu normal?

    • semangat siang :) (semangat atau selamat ? )
      Pembengkakakan pd bekas operasi 1 itu TidaK normal. segera pergi ke drg yg bersangkutan.
      semoga cpt sembuh .terima kasih.
      sorry for short answer. *flu.com* :)

  24. 5 hari yang lalu saya cabut gigi geraham bawah saya. 1 hari pertama saya baik2 saja. 2 hari kemudian mucul 2 sariawan di daerah bekas suntik bius. Waktu itu doktenya hanya memberikan obat penahan sakit dan obat kumur apabila sewaktu2 ada bengkak. Saat ini saya baru mengkonsumsi obat kumur, tapi masih saja tibul sariawan. Kira2 kenapa ya bisa demikian. dan apa yang harus saya lakukan. Terimakasih

    • Sariawan di daerah bekas suntik anestesi memang kadang terjadi pasca pencabutan gigi. Sariawan disebabkan trauma jarum suntik /traumatic ulcer.
      Penggunaaan obat kumur segera setelah pasca pencabutan tidak dianjurkan, kecuali jika telah terjadi penutupan lubang bekas gigi yang dicabut/soket gigi. Atau
      Sariawan yang normal biasa akan sembuh 1minggu, sebaiknya segera kembali ke drg. Hindari makan panas, pedas, keras (terutama area sariawan). Konsumsi banyak sayur,buah dan air/jus.Banyak istirahat. Penggunaan obat kumur boleh dilanjutkan.
      Semoga cepat sembuh.terima kasih.

  25. Dear mba??

    mba, sy baru kemarin cabut gigi kiri bawah no2 dr blakang (maaf saya awam dg istilah2 gigi). Yang saya mau tanya,
    1.apakah saya perlu pasg gigi palsu?
    Krna, saya dpt info katanya cabut gigi akan mnimbulkan nafas bau?
    2.Kisaran harga pasang gigi palsu brapa yah mba?
    3.Saya jg brencana akan mulai mmperhatikan ksehatan gigi dg pembersihan karang gigi rutin, nah sbaiknya dilakukan kapan ya mba? mengingat saya baru sja cabut gigi?
    4.kisaran harga nya brapanya ya?? spaya bs dibuat budget.

    Thanks mba

    • 1.Ya,perlu.
      cabut gigi TIDAK akan menimbulkan nafas bau.
      2. Maaf, saya tidak bisa menentukan. Karena tergantung banyak hal. Sebaiknya diskusikan tenntang hal ini juga dengan drg yg akan menangani.
      3. Listi sebaiknya menunggu minimal 2 minggu setelah cabut gigi. Itu pun kalau tidak ada komplikasi/masalah pasca cabut gigi.
      4. Maaf, sekali lagi .saya tidak dapat memberikan kisaran harga. itu tergantung banyak sedikit /tingkat kesulitan saat drg membersihkan, alat/mesin yg digunakan, prosedur, domisili, drg/skill drg itu sendiri. Bertanya harga sebelum dilakukan tindakan bukan sesuatu yg memalukan. Jadi jangan sungkan bertanya secara langsung pd drg.
      terima kasih

  26. Assalamualaikum .
    Dok saya mau bertanya dan semoga di balas dengan cpat .
    Ada dua hal yang saya alami .
    - Setelah 2hari pencabutan gigi kiri geraham bawah, gusi dari gigi yang dicabut bernanah dan mengalami pembengkakan , apa yang harus saya lakukan , penyebabnya apa ?
    - Gigi geraham kanan saya bolong dan terasa ngilu saat makan dan minum . Apa yang harus saya lakukan dengan kedua gigi tersebut ?
    Mohon dibantu dengan detail ya dok.
    Thanks before :)

    • wa`alaikumussalaam
      maaf,baru bisa me reply, karena saya sedang sakit, semoga saat ini kondisi indah sudah sembuh/lebih baik.
      - Adanya nanah tersebut bukan hal yg normal. sebaiknya segera ke drg.
      - Gigi bolong yg sudah ngilu, harus segera mendapat perawatan, segeralah pergi ke drg.Kemungkinan akan memerlukan lebih dari 1 kali kunjungan.
      terima kasih

  27. kemarin sore saya br saja cabut gigi geraham kiri bawah. saya diberi obat nolipo, parasetamol, dan cataflam.. tp hingga sekarang pendarahan belum berhenti.. dan ludah saya sangat banyak, sehingga harus sering2 mengeluarkan ludah + darah tersebut.. komentar di atas disebutkan tidak boleh meludah, namun jika terus terusan menelan ludah, saya merasa mual krn rasa yg tidak menyenangkan tersebut.
    Terlebih karena minum dengan air dingin, tenggorokan saya jadi sedikit radang. apakah kondisi ludah berlebihan dan pendarahan ini tergolong normal??
    terima kasih.

    • Maaf, baru sempat me reply, karena saya sedang sakit.
      Ya, itu masih dalam kondisi normal.
      - kompres dingin . Tidak harus minum dingin.
      - Dengan tangan yang bersih dan kasa bersih atau sapu tangan, tempatkan dalam gulungan kasa dan tempat di atas situs pencabutan gigi dengan cara yang sama dokter gigi melakukannya dan

      - Menggigit lembut selama 60 menit, dengan posisi kepala lebih tinggi dan istirahat.
      semoga membantu. terima kasih

  28. Assalamu’alaikum Dokter,

    Saya mau tanya dok, Kebetulan gigi graham saya bolong dan lumayan besar, sudah 2 kali di tambal tapi tambal sementara, dan sekarang tambalannya sudah lepas. jadi kalo saya mau makan saya biasanya tutupin pake kapas dulu.

    Kondisi giginya alhamdulillah tidak ngilu ataupun sakit cuma saya khawatir kalo dibiarkan terus terjadi infeksi. akhirnya giginya saya goyang2kan dan sekarang udah mulai goyang (“ungger” kalo bahasa sundanya he) karena saya punya rencana mau cabut gigi, tapi agak takut juga.

    Apalagi saya baca-baca pengalaman diatas, sampai ada yang bertambah sakit dibandingkan sebelum dicabut, saya pikir setelah dicabut semua permaslahan akan selesai.

    Mungkin saya butuh saran dokter kira-kira apa yang harus dilakukan dok.

    Makasih dokter,
    Wassalamu’alaikum

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      - sebaiknya segera ke drg. Drg akan mengecek kondisi gigi yang bersangkutan antara lain, lubang, kegoyahan gigi.
      – Sifat kooperatif Anda harus ditumbuhkan, karena terbukti Anda sudah 2x melakukan kunjungan ke drg hanya sampai pada tambalan sementara.
      - Jika pada komen sebelumhya /pengalaman cabut gigi di atas yang mengeciutkan keberanian Anda untuk cabut gigi, adalah hal yang kurang tepat. Sudah barang tentu yang berkonsultasi di blog ini, yang ,mengalamai permasalahan. Tapi sebenarnya itu terjadi hanya kemungkinan kecil saja. Lebaih banyak yang mengalami “kesuksesan” pasien yang mencabutkan giginya.
      Seperti hal nya dokter umum, kemungkinan sembuh dan tidak (bahkan lebih parah) tentu ada. Yang jelas drg akan berusaha sebaik baiknya untuk hasil yang terbaik pula untuk pasiennya.
      Oleh karena itu, drg akan memastikan apakah gigi Anda mengharuskan untuk dicabut. Drg juga akan melihat kesehatan Anda secara umum dan hal2 lain yang dapat menunjang keberhasilan pencabutan gigi.
      - Jika anda takut, sampaikan dan diskusikan ketakutan anda, sehingga drg akan memberikan advise nya. Akan lebih baik lagi/bilamana perlu, jika drg yang anda pilih adalah drg spesialis bedah mulut. Skill mencabut gigi yang drg bedah mulut akan lebih baik.
      - Mencabutkan gigi tidak semuanya bisa menyelesaikan masalah. Ada beberapa tindakan yang kadang harus diikuti setelah pencabutan gigi. Misal, cabut gigi depan rahang atas, karena karies yang sudah tidak bisa dirawat. Sebaiknya pasien membuat gigi tiruan, agar tidak mengganggu pengucapan dan estetis.
      Demikian semoga bisa dipahami
      terima kasih

  29. [...] SUMBER [...]

  30. wah,aq ru aj kmrn cbut graham bungsu bwah kri yg miring…
    Cari2 kta’y biaya’y mahal.
    Kmrn aq k ruma dkter sri,cuma 50rb trmsuk obt.
    Awl’y sich dy ga mw cbutin sich,tp kta qu gi2 in ud lma bgt ga tumbuh smpurna,akhir’y nego berxx ru deh dy blg coba untuk cabut,tkut gi2 dpn’y goyang.
    Eh syukur lh,pas dibius sakit,tp pas di congkel gi2 dpn tdk trggu.

  31. These are genuinely fantastic ideas in on the topic of blogging.

    You have touched some good things here. Any way keep up wrinting.

  32. Aku mau tanya dong.. ni habis cabut gigi geraham karna bolong sudah 4hari masih bengkak.. trus sikat gigi nya kapan ya untuk bersihin gigi geraham belakang nya yg udah jumpuk sisa makanan..? Thx

  33. sabar,ya fina……..
    sakit pasca cabut gigi itu merupakan hal yg biasa,namun jika ada sesuatu keluhan yang tak tertahankan atau ada gejala ketidaknormalan, jangan sungkan untuk kembali ke drg agar bisa segera diatasi.Relaks dan atau carilah kegiatan atau kesibukan yg bisa mengalihkan atau mengurangi rasa sakitnya.
    Ok, sabar dan etap semangat,ya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: