Mengapa pasien perlu tahu tentang perawatan tambal gigi ?

Juli 18, 2008 pukul 8:34 am | Ditulis dalam tumpatan/tambal gigi | 148 Komentar
Tag:

Penumpatan atau penambalan gigi merupakan salah satu cara untuk mempertahankan gigi agar tidak dicabut. Berbagai macam bahan tambal dikenal dalam dunia kedokteran gigi. Dahulu, dunia tambal menambal dikuasai pemain legendaris: amalgam. Namun sekarang orang lebih banyak menghendaki bahan tambal yang sewarna dengan gigi (orang secara salah kaprah disebut tambalan putih). Dari semua bahan tambal yang ditawarkan tentu ada sejumlah keuntungan dan kerugiannya. Semua digunakan harus sesuai dengan indikasi.

Sebelum dokter gigi melakukan tindakan gigi, sebaiknya pasien diberi penjalesan tentang hal-hal yang berkaitan dengan prosedur yang akan dilakukan, termasuk jenis bahan tambal yang akan dipakai. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

1. Keberhasilan perawatan

Keberhasilan perawatan juga ditentukan sikap kooperatif pasien untuk memenuhi prosedur perawatan. Misalnya untuk perawatan yang memerlukan lebih dari satu kali kunjungan.

2. Sesuai antara indikasi dengan keinginan pasien

Kadang kala pasien menginginkan ditambal dengan jenis bahan tambal A. Padahal seharusnya memakai bahan tambal jenis B. Maka dalam hal ini, dokter gigi harus menjelaskan kepada pasien, bahan dan perawatan yang sesuai dengan kasus.

3. Keperluan riwayat kesehatan gigi.

Walaupun semua sudah dicatat dalam rekam medik, sebaiknya pasien mengetahui riwayat giginya, terutama jika pasien memeriksakan giginya kepada dokter gigi yang berbeda karena rekam medik di indonesia belum mempunyai sistem terpusat.

4. Keperluan biaya

Sebagian besar biaya perawatan gigi memang tidak murah. Hal ini disebabkan antara lain banyak bahan / material kedokteran gigi dan peralatan medis masih mengimpor dari luar negeri.

Biaya tambal gigi biasanya dipengaruhi oleh:

a. Dokter giginya sendiri

b. Prosedur perawatan yang dilakukan ‘tergantung kasus)

c. Jumlah/banyaknya permukaan gigi yang memerlukan tambalan

d. Jenis bahan tambal

d. Asuransi (bilamana memakai ). Misalnya Terkadang pada jenis bahan tambal tertentu, asuransi tidak mau menanggungnya.

Secara garis besar, ada dua tipe bahan restorasi gigi :

1. Restorasi langsung (direct restoration).

Proses penambalan dilakukan dengan satu kali kunjungan. YAng termasuk dalam bahan restorasi ini antara lain: amalgam gigi, semen ionomer kaca (SIK), resin ionomer, dan beberapa golongan resin komposit.

2. Restorasi tidak langsung (indirect restoration)

Umumnya dilakukan kunjungan minimal dua kali atau bahkan lebih, tergantung jenis perawatannya. Yang termasuk restorasi ini antara lain: inlays, onlays, veneers (pelapisan gigi), mahkota dan jembatan yang dibuat dengan emas, bahan dasar metal alloys, keramik atau komposit. Restorasi ini biasanya juga melibatkan pekerjaan laboratoris. Dokter gigi akan melakukan prosedur pencetakan pada pasien untuk memperoleh model gigi dan rongga mulut pasien.

Veneer (pelapisan gigi) adalah perawatan gigi yang dilakukan pada gigi yang tidak beraturan ringan dan gigi dengan bentuk tidak normal

Crown (selubung gigi) dilakukan pada gigi yang patah, kerusakan yang luas, dan gigi yang tidak bisa ditambal. Gigi yang patah dibuatkan selubung gigi, sedangkan bridge merupakan cara perawatan untuk mengisi celah dari satu atau lebih gigi yang hilang. Perawatan ini dilakukan karena kehilangan satu gigi dan adanya masalah gigitan dan sendui rahang yang ditimbulkan dari gigi yang sudah bergeser.

AMALGAM

Amalgam menjadi kurang populer sejak digembar-gemborkan bahwa kandungan merkuri di dalamnya berbahaya bagi kesehatan. Padahal ADA telah membantah hal itu. Sisi negatif amalgam lainnya adalah warnanya yang kelabu tua sehingga mengurangi keindahan.

Amalgam yang dipakai untuk menambal gigi memang mengandung merkuri dalam bentuk cair sebanyak 43 – 54%. Namun, waktu mau dipakai buat menambal ia dicampur dengan bahan-bahan lain yahni bubuk amalgam yang terdiri atas perak, tembaga, timah, dan kadang-kadang sejumlah Zn, paladium, atau indium. Jadi, meski dalam bentuk cair merkuri berbahaya, namun bila sudah berikatan dengan bubuk amalgam menjadi stabil sehingga aman digunakan di dalam mulut.

Meskipun demikian, sebaiknya tambalan amalgam pada ibu hamil, untuk menghindari resiko misalnya tertelan dsb.

Untuk info bahan tambal antara lain : di ada.org.

Klasifikasi lesi karies menurut G.V. Black:

  • Class I—occlusal areas and buccal or lingual pits

  • Class II—posterior interproximal

  • Class III—anterior interproximal

  • Class IV—anterior interproximal including the incisal corner

  • Class V—gingival at facial or lingual

  • (Class VI—cusp tip)

Classification of Restorations.JPG

Video proses Menambal gigi :

klas 2

klas 2 b

klas 3

klas 4

klas 5

Adakah Garansi dalam dunia kedokteran gigi?

Garansi dalam dunia kedokteran dan kedokteran gigi bisa dikatakan mustahil. Kenapa demikian? Ilmu kedokteran tidak bisa menjanjikan kepastian, yang mereka bisa janjikan hanyalah proses.

Jadi ada 5 hasil yang harus diterima setelah berobat. 1. Sembuh 2. Sembuh dengan komplikasi 3. Sembuh dengan sequele (gejala sisa) 4. Tidak Sembuh 5. Meninggal.

Meski bidang kedokteran gigi tidak se-ekstrim bidang kedokteran secara umum, namun karena bagian integral dari konsep medis, tetap saja kemungkinan dari 5 hal tersebut di atas ada.

Menambal gigi pun bisa timbul keluhan. Memang ada kemungkinan salah diagnosa, salah memilih bahan tambal, kurang dalam preparasi (menyiapkan gigi tempat bahan tambal akan diletakkan) atau kurang tepat dalam mengatur komposisi bahan tambal. Tapi tak jarang lepasnya bahan tambal karena pasien tidak mematuhi aturan yang diberikan, misalnya bahan tambal tertentu tidak boleh langsung digunakan untuk makan, karena kekerasannya belum maksimal, sehingga pecah jika menerima tekanan berat sebelum waktunya, atau dalam pengerjaannya sulit karena lidah tidak bisa diam sehingga tempat penambalan terkena air ludah, maka bahan tambal tidak bisa melekat dengan baik pada gigi.

oleh: rumahkusorgaku.wordpress.com

referensi:

http://www.ada.org/public/topics/fillings.asp

http://dention.bravehost

buat tambah baca-baca: keunggulan sik

About these ads

148 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

  1. Biar murah gmn ya dok?

  2. pertanyaan yang bagus.^-^
    1. Jangan sakit gigi ;)
    2. Beli bahan sendiri, suruh nambalin temennya yg drg.:)atau minta tambal abinya afifah.:D
    3. punya istri drg :P
    4. tambal sendiri kayak di Mr. Bean :D
    kalau ada ide cemerlang, boleh usul.

    • dok,, sya pernah tambal gigi depan karena karies,, sekarang gigi saya bekas tambalan agak menghitam dan warnanya tidak cerah,, kira2 bisa di bleaching gak dok,, biar warna nya sama kaya gigi yang sampingnya??

  3. W mAu tAnYa gIgI W KaN BoLOng DiBaGiAn dEpAn gIgI.
    TERUS W PEnGeN TAMbAl gIgI YG sEWArNa giGi..
    kIRA kirA HaRgAnyA bRp??
    bAi dI PuSkESMaS aTaU DI RS.
    ThAnK YOU

    bLz iiaa

    • Pak/Mas Arief,
      Untuk harga, tergantung antara lain dari jenis bahan tambal yang dipakai , luas/dalam permukaan dan kasus giginya.Ada beberapa pilihan tambalan sewarna gigi misal semen ionomer kaca, resin komposit, sanwich, konvensional atau yg light cured.

      Untuk tempat, terserah saja kalau fasilitas dan bahannya memang ada. Harga biasanya puskesmas lebih murah dari RS. Sekarang sudah banyak Puskesmas yang menyediakan tambalan sewarna gigi dengan light cured.

      Semoga membantu.terima kasih

      • dok
        saya mau tanya kalau tambal gigi depan yang keropos bagusnya pake bahan apa ya ?
        terus yang permanen atau tidak permanen ??
        makasi dok :)

      • selamat malam,
        sebaiknya yang permanen. Untuk pilihan tergantung kondisi kasus , jika kasus normal,biasanya disarankan untuk menggunakan resin komposit.
        Pilihan jika tidak dapat ditambal dengan resin komposit, atau ada indikasi lain ,mungkin disarankan dengan veneer.
        Silahkan dibaca antara lain di:http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_restoration
        Untuk gigi keropos, hindari sering konsumsi yg masam, kontrol diet gula, memakai soft brush untuk gosok gigi dan rajin membersihkan karang gigi.
        Jika ada kecurigaan berhubungan dengan kesehatan sistemik, drg akan menyarankan konsultasi ke ahlinya.
        terima kasih

  4. Dok saya mau melengkapi aj pertnyaan mas arif kira2 berapa,nyampe 200rb ga u tmbl gi2 dpan? Tlng d jwb ya dok. Trimz

    • Jika gigi yang bersangkutan tidak disarankan rawat endodontik, Insya Allah tidak sampai 200 rb.
      Di jateng dan DIY, 3 th yll (maaf ,karena saya terus pergi ke Jp), harga resin komposit light cured, tanpa rawat endodontik, skitar 70-90 rb .
      Saran saya, jangan sungkan segala hal smp jelas kpd drg terlebih dahulu termasuk dlm hal ini harga. Dalam dunia praktik drg, bertanya ttg harga bukanlah tabu.Oke?:)
      Ups, panggil saja saya ummu afifah :)
      trima kasih kembali.

  5. klo kalsifikasi karies menurut kedalamannya atau kalsifikasi karies berdasarkan permukaan yang terkena gmn ya???

    • maaf, saya kok kurang paham dengan maksud pertanyaan mba. Terutama dengan “kalsifikasi karies”.Karena saya taunya kalsifikasi gigi bukan kalsifikasi karies.
      Kalau tak keberatan, jelaskan dulu ttg kalsifikasi karies.
      Atau kalau mau cepet, mba browsing saja sendiri, atau nyari di buku konservasi gigi atau..nanya ke dosen kedokteran gigi.:)
      ok, selamat browsing. Maaf tdk bs membantu

      • Dok sya mau tanya kalau harga untuk penmabl gigi berapa dan sya harus beli diapotek atau dirumah sakit dok, terima kasih sebelumnya mohon untuk dikonfirmasi karena sangat urgen banget dok.

      • penambal gigi,maksudnya?
        hareganya bervariasi, tergantung jenis bahannya.Penggunaan bahan tambal gigi, biasanya diperlukan peralatan tertentu pula yg sesuai, kesterilan dll. Harus disesuaikan pula jenis bahan dan kasusnya, termasuk keahlian menambal. Jika ada salah satu tidak sesuai maka perawatan gigi atau penambalan gigi bisa saja gagal. Kegagalan macam-macam bentuknya, misalnya sakit setelah ditambal, warna tidak sesuai dll.
        Bahan bisa dibeli di toko bahan dan alat kedokteran gigi.
        Terima kasih

    • KLASIFIKASI KARIES MENURUT KEDALAMANNYA:
      gigi permanen dan gigi susu / gigi sulung umumnya sama, yaitu karies yang hanya melibatkan email, sampai ke dentin (biasanya udah mulai ngilu), sampai ke pulpa (saraf)

      GIGI PERMANEN :
      CS (caries superfisialis) : hanya mengenai email saja, biasanya tidak sakit dan tidak ada keluhan
      CM (caries media) : caries sudah mengenai dentin (email+dentin) biasanya sudah mulai ada keluhan, ngilu saat minum dingin dll
      CP (caries profunda) : caries sudah dalam, sudah dekat dengan pulpa (saraf) atau sudah mencapai saraf
      CP di bagi 2 :
      >CP tertutup : caries hampir mengenai saraf
      >CP terbuka : caries sudah tembus ke kamar pulpa /sudah menenai saraf

      GIGI SUSU / SULUNG
      KE (karies email) : sama seperti CS
      KD (karies dentin) : sama seperti KD dan CP tertutup
      KMP (karies mencapai pulpa) : sama seperti CP terbuka
      KMP dibagi 2 :
      >KMP vital : gigi masih hidup (biasanya sakit)
      >KMP non-vital : gigi sudah mati (biasanya tidak ada keluhan kecuali sudah timbul abces)

      kalo klasifikasi menurut posisinya di atas sudah di jelaskan :
      klas I : pada oklusal (permukaan atas gigi bawah / permukaan bawah gigi atas yang saling berkontak hanya pada gigi belakang) tetapi tidak tembus sampai ke samping
      klas II : pada oklusal tembus ke proksimal (tembus sampai ke permukaan gigi yang berkontak dengan gigi teteangganya/ dari celah antara gigi meluas ke oklusal)
      klas III : pada gigi depan bagian proksimal (samping gigi) tetapi tidak meluas ke incisal (permukaan potong gigi depan / bagian yang seperti mata pisau pada gigi depan)
      klas IV : pada gigi depan, dari proksimal meluas ke incisal
      klas V : pada bagian cervical (bagian yang dekat dengan gusi)
      Klas VI : pada bagian ujung cusp (ujung tonjolan2 pada gigi belakang)

      yah kira2 begitu klo di translate ke bahasa awamnya… semoga membantu..

      btw saya baca ada yg mau beli bahan tambal sendiri, saya rasa biayanya akan jauh lebih malhal klo beli bahan2 nya sendiri kecuali untuk tambalan amalgam.
      kalo untuk tambalan resin komposite yg diperlukan bukan hanya bahan tambalan, diperlukan bahan2 lain seperti ETSA, dentin conditioner, bahan bonding, baru bahan tambalanya… biaya akan jadi jauh lebih banyak, kecuali gigi yang mau di tambal lebih dari 10, nah itu mungkin akan jadi lebih murah.. soalnya kan gak mungkin beli bahan tambalnya secuil aja buat nambal 1 gigi, pasti 1 tube, bahan laen juga harus 1 botol kan.. hehe.. semga membantu..

  6. dok, saya baru saja menambal gigi geraham,
    setelah beberapa hari, saya merasakan ada rasa dan bau obat dari gigi saya tersebut (rasanya seperti sedikit pedas dan bau obat).
    apa yang terjadi pd gigi saya ya dok???
    apakah tambalannya belum keras??? (padahal sudah beberapa hari).
    atau tambalannya bocor??

    lalu apa yang harus saya lakukan dok, trims….

    • Sayang sekali, Edo tidak menyebutkan diagnosis dan jenis tambalan pada gigi Anda.
      - Apakah tambalan Anda berupa tambalan sementara atau permanen?
      Jika tambalan gigi Edo adalah tambalan sementara , maka Edo harus kembali lagi ke drg untuk menyelesaikan perawatan. Yang harus Edo pahami, menaati langkah demi langkah perawatan sesuai instruksi drg, adalah salah satu kunci sukses perawatan gigi.
      Ada beberapa obat yang dimasukkan ke dalam gigi,jika tertelan masuk ke dalam tubuh. Bahakan ada yg bisa berakibat fatal.
      - Jika tambalan permanen, jenis bahan tambalannya apa?
      Jika tambalan gigi Edo permanen, bisa jadi tambalan bocor atau lepas.Kegagalan menambal gigi banyak faktornya. Untuk memperbaikinya, Edo harus ke drg kembali.
      - Apakah drg menginstruksikan Edo untuk melakukan kontrol setelah dilakukan tambalan?
      Jika ,Ya, tentu masalah gigi Edo akan segera dapat ditemukan solusinya.

      Jadi, sebaiknya Edo segera kembali mengunjungi drg agar drg bisa memeriksa secara obyektif apa yang terjadi dengan gigi yang Edo keluhkan.Oke?!?
      Keep smile :)

  7. trims atas jawabannya….
    kemarin saya sdh ke drg kembali.
    ternyata memang benar, tambalan permanen saya bocor, dan sekarang sdh diperbaiki…
    namun, saya masih ada keluhan yang tidak bisa ditangani oleh drg tsb..
    ketika saya minum air (bukan air dingin) atau kumur, saya merasakan sakit yang merambat di gigi tersebut…
    anehya, jika saya makan dengan gigi tsb, tdk terjadi sakit apa2…
    apakah ada solusi??
    apakah hal ini normal???
    thanks..

    • dear Edo,
      - Mengapa drg tidak bisa menangani keluhan Edo? Kalau demikian sebaiknya Edo pindah ke drg yg lain. Mintalah kpd drg untuk memeriksa lebih teliti daerah keluhan gigi Edo.Tidak hanya pd gigi Edo yg Edo keluhkan, tp pd gigi tetangga.
      Beberapa kemungkinan rasa sakit saat minum /kumur sumbernya:
      * bukan dari gigi yg ditambal./ gigi tetangga
      * jaringan pendukung gigi yang abnormal
      * gigi yg baru saja di tambal. Nah, dlm hal ini berarti perawatan yang dilakukan tidak sukses karena ada beberapa sebab. Jika Edo tidak yakin drg yg menangani tidak bisa mengobati, pindah ke drg lain, tp jangan lupa minta dan mencatat secara detail segala perawatan yg telah Edo terima. Seharusnya drg juga menyarankan kunjungan kontrol untuk mengevaluasi keberhasilan perawatan yg telah dilakukan.
      - Edo juga hendaknya membedakan apakah keluhan pd gigi saat berkumur, termasuk rasa sakit atau sekedar linu/ngilu. Di samping itu tentunya drg akan membantu “mendefinisikan” rasa sakit gigi Edo. Kapan mulai sakit misalnya sejak ditambal dst.
      - Memang keluhan Edo biasa terjadi. Dan itu bukan hal yg aneh, karena keduanya memang mengarahkan pd diagnosis kasus yg berbeda. Tentu saja keadaan tersebut bukanlah hal yang normal. Jika penyebab dpt ditentukan ,insya Allah solusi bisa diberikan.
      Demikian Edo, semoga penjelasan saya bisa dipahami. dan semoga keluhan Edo segera dpt diatasi.
      Terima kasih

  8. Kl dktr gigi djgja yg nambalnya ok n murah da g?blh tau nama n almtnya?tq

  9. Dok,saya lagi perawatan gigi no 7 kanan bawah kata dokternya 3 kali perawatan . ketika penambalan pertama saya nggak saki giginya, seminggu kemudian perawatan kedua ditambal ulang lagi tapi setelah 1 hari ditambal gigi saya sakit dan kemudian gusi mulai sedikit membengkak. apa karena saya tidak dikasih resep obat jadi gigi saya sakit. pada perawatan pertama saya dikasih resep obat.yang ingin saya tanyakan apa hal tsb wajar? saya takut malah gigi saya infeksi.

    • Gigi dengan keluhan yg tidak menyenangkan setelah perawatan, tentu bukanlah hal yg wajar. Karena itu bisa saja terjadi menjadi suatu tanda kegagalan perawatan yg dilakukan.Dan hal tsb bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sebaiknya mba kontrol kembali ke drg tsb. Dan apabila drg tidak menyelesaikan masalah, pindah ke drg lain/mungkin ke spesialis nya, dengan atau tanpa surat rujuk dari drg yg sekarang menangani kasus mba. Jangan lupa catat dan tanyakan secara kronologis perawatan yg telah dilakukan pd gigi mba. semoga cepat sembuh.

  10. Assalamu’alaikum dok….saya mau tanya : pd gigi saya yg depan terdapat lubang antara dua gigi, saya pernah konsultasi ke puskesmas terdekat dan ktnya lebih baik ditambal dengan sinar laser, lalu saya mencoba bertanya ke beberapa klinik gigi(dan rata2 harganya lumayan mahal dengan laser), namun dr beberapa klinik yg saya tanyakan tersebut ada yg mengatakan tambalnya permanen 1 kali ada jg yg mengatakan hrs beberapa kali. Untuk lebih jelasnya kondisi lubang gigi saya lumayan lebar jd sela antara gigi depan saya berwarna hitam. Saya ingin sekali mendapatkan penjelasan dr dokter mengenai jenis tambalan yg bagus untuk gigi saya ini, apakah bisa dengan tambalan biasa atau memang lebih bagus dengan laser dan apakah setalah ditambal gigi saya bisa terlihat bagus kembali(seperti tidak ada bekas tambalannya). Atas jawaban dokter saya ucapkan terimakasih.
    Wassalamu’alaikum…

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh
      Memang benar bahwa digunakan jenis light cured, yg biasa dipakai adalah resin komposit.Hasilnya akan lebih awet dan lebih bagus, tampak seperti gigi asli. Kemungkinan drg akan menyarankan dilakukan rotgen gigi sehingga akan lebih mudah menentukan diagnosis dan jenis perawatannya.

      • Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh….
        Terimakasih dok atas jawabannya….tp aku ada pertanyaan lg nih dok…ada referensi gak dok untuk dokter yg bagus tp gak terlalu mahal ??? klo dokter sendiri praktek dimana dok ? dan kira2 utk kasus seperti aku ini butuh biaya besar gak sih dok, krn hitam gigi depan yg hrs ditambal ada sekitar 3 atau 4 gigi, aku pernah denger utk satu giginya bisa mencapai 300rb (mahal sekali…),trus blm klo hrs ada perawatan lg alias gak bisa sekali tambal…hiks…hiks…
        Terimakasih atas jawabannya ya dok…
        Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

      • wa`alaikumussalam warohmatullohi wa barokaatuh

        Evi, melihat kasus evi, sepertinya ada yg lebih penting yg juga perlu mendapat “perhatian”, yaitu penyebab gigi-gigi evi yang banyak mengalami karies atau ada beberapa gigi yang harus mendapat perawatan. Tentu akan lebih baik mencegah bukan?
        Seperti yg sudah saya sampaikan, Banyak hal yang ,mempengaruhi biaya suatu .perawatan. Apabila evi mengalami keterbatasan dana sehubungan banyaknya gigi yg harus dirawat, atau apapun masalah yg berhubungan dg gigi evi,komunikasikan pd drg ybs. Selain merawat secara prioritas, drg biasanya akan melakukan tindakan “pencegahan” agar karies tidak meluas dg cepat.
        Maaf, saya tidak bisa memberikan referensi.
        terima kasih.

  11. da ga penambalan gigi tanpa bor???
    cz q ngilu denger suara bor

    • Ada teknik penambalan gigi tanpa digunakan bor. Tetapi penggunaannya juga tergantung dengan kondisi gigi/kasusnya.
      Yang lebih penting, hilangkan perasaan psikologis ngilu dengar suara bor,minimal dengan meminimalkan rasa tersebut .

  12. Saya bru aj tambal gigi, itupun tambalan gigi yg sdh prnah di tambal slma 2 thn.
    Saya mo menanyakan apkh brbhya tambal gigi memakai sinar laser ? Tp saya baru slsai menambal gigi dan tidak ad merasa sakit.

    • tambal gigi sinar laser insya Allah tidak berbahaya sepanjang digunakan sesuai prosedur dan indikasinya.
      Terima kasih

    • di indo masih jarang sekali drg yang menambal menggunakan laser, kebanyakan orang awam salah kaprah, di atas juga ada yg bertanya apakah ada cara nambal tanpa bor, sebenarnya bisa juga dengan laser, tapi biayanya pasti sangat mahal, karena yang memiliki bor laser pasti drg yang peralatannya super canggih, di indo saya juga belum ketemu yang pakek bor laser..
      yang sering kali di bilang orang di tambal dengan laser tuh sebenernya salah, sebenarnya tambalan dengan resin composite, bor nya tetep dengan bor biasa, resin komposite setting dengan cahaya (mengeras bila menerima intensitas cahaya yang besar) biasanya menggunakan LED, jadi sebenarnya itu cahaya LED bukan laser, bertujuan mengeraskan bahan tambalan..
      semoga informasi ini bisa membantu meluruskan salah kaprah di masyarakat..

  13. assalamualaikum…
    saya maw tanya nih… gigi graham saya berubang.. kira2 sudah 3 tahun
    saya belum pernah menambal gigi ini,, akibatnya lubang pada gigi saya meluas… sekrang sudah terasa sakit…
    ap gigi ini masih bisa di tambal?? atw harus di cabut…
    agak takut cich kalo dicabut..
    hemm.. mohon bantuannya
    terima kasih yakh

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh
      sebaiknya ismiey segera periksa ke drg, agar drg bisa menentukan hal perawatan yg sesuai dg kasus gigi ismiey.Pencabutan gigi adalah pilihan terakhir jika gigi ismiey tidak bisa dipertahankan. Kemungkinan ismiey perlu lebih dari satu kali kunjungan, karena karies gigi ismiey sepertinya sudah meluas ke “bagian dalam” ggi.
      Saat ke drg, tanyakan dengan detail perawatan yang akan dilakukan pd gigi ismiey, termasuk biayanya.Kemudian taatilah saran drg, terutama jika memang diperlukan perawatan lebih dari satu kali kunjungan.
      Seandainya perlu dicabut, sebaiknya segera dicabut saja. Tidak perlu takut. Sampaikan ketakutan ismey pd drg, agar drg bisa menghilangkan atau mencari solusi ketakutan ismey.
      Selamat ke drg,ya…semoga mendapat perawatan yg semestinya dan segera sembuh

  14. dok, gigi depan atas saya bolong niy…
    kira2 klo tambal permanen bisa gak ya??

    • tergantung kasusnya, kalo masih kecil bisa langsung tambal permanen, klo sudah deket saraf, biasanya tambal sementara dulu, kadang di tambal sementara dulu dengan di beri obat. tambal sementara juga bertujuan melihat ada keluhan atau tidak setelah beberapa saat.. klo langsung tambal permanen dan ada keluhan drg akan kesulitan membongkar tambalan tetap tersebut, sehingga kadang memang diperlukan tambalan senentara, dan biasanya drg menginstruksikan untuk kembali setelah 1-2 minggu, bila tidak ada keluhan biasanya akan di tambal permanen.
      kalo ternyata sudah mengenai pulpa atau saraf, makan diperlukan perawatan saluran akar, perawatan saluran akar biasanya tidak bisa dilakukan dengan sekali kunjungan… bila memang sudah parah lebih balik bertanya dengan jelas dulu ke drg yg bersangkutan masalah peawatan yg akan dilakukan dan bagaimana prosedurnya hingga biaya yang diperlukan, soalnya biasanya agak mahal klo sudah sampai perawatan saluran akar, semoga membantu..

  15. dok,,ciri2 penyakit periodontal itu apa saja??apakah penyakit peridontal dan gingivitis itu sama??
    cara mengatasinya bagaimana??
    Thx

    • gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal.
      gingivitis biasanya ditandai dengan
      1. gusi mudah berdarah
      2. gusi berwarna lebih merah dari normal
      3. gusi bengkak (pada bagian segitiga diantara gigi jadi tumpul)
      cara mengatasinya gosok gigi dengan teratur dan caranya benar.
      penyebab utama dari penyakit periodontal adalah plak (jigong)dengan gosok gigi yang teratur dan benar sehingga gigi bebas plak merupakan kunci utama untuk menghindari penyakit periodontal.
      plak yang di diamkan/ tidak di bersihkan/ bersisa saat dibersihkan makin lama akan mengeras dan di kenal dengan sebutan karang gigi. kadang kita tidak menyadari kalau di gigi kita banyak karang gigi, karena itu kita perlu kontrol ke dokter gigi secara berkala dan tanyakan pada dokter yang merawat apakah ada karang gigi, bila iya minta di scaling / di bersihkan.
      semoga membantu..

  16. Kasus 1 :

    hai2…..sy mauu tny donkk….gigi graham sy sebelah kiri pecah…waktu pecahnya sudahh agak lama dan tidak ada rasa sakitt tp setelah beberapa bulan sy diamkan (tdk di tambal & tdk ke drg)mulai sakit sekalii…akhirnya sy memutuskan u/ ke drg…dan drg menyarankan u/ di tambal tp tambalannya tidak dgn tambalan bisa tp dgn tmbalan yg permanes seprtii besi / sepertii pecahan gigi palsuu yg di cetak…krn kaloo dgn tambalan biasa tidakk akan bisa bertahan bila ketimpa makanan….krn pinggirannya sudahh tdk ada u/ menopang tambalan yg biasa…tp sebelom di tmbl permanen ituu sy di suru lakukan perawatan dgn pematian saraf pertama2….lalu kunjungan minggu ke dua…di bersihkan…lalu kunjungan ketiga di cetak…lalu kunjungan ke 4 br di tamball dgn tmbhn gigi sprtii gig2 asli yg warnanya hampirr menyerupaii….tp yg sy mauu tnyakan setelahh di tambal 2 minggu gi2nya tidakk ada keluhan sakitt….tp 2 hari yg laluu tiba2 sy merasakan sakitt yg luar biasa di gigi yg di tambal td….apakahh penyebabnya???apa ini berartii tambalan gagal atauu gigi sy sudahh mengena ke sarafnya…???mohon jawabannya….krn malam inii sy mauu ke drg lg u/ konsultasii…..

    kasus 2 :

    sedangkan gigi sebelahh kanan bagian graham jg…ituu tdnya cm bolong saja n sudah di tambal selama 1 thn…tp setelah 1 thn berlalu gigi tsb sy rasakan nyeri n sakitt…dan sepertinya sudah jeboll lg tmblnnya..akhirnya drg menyarankan u/ di tamball ulang…tp selagii mauu di bersihkan bekas tmbln yg sudah ada n di boorr…gigi tersebutt pecahh jg…..ktnya sudahh rapuuhh jg……dan mauu di tamball jg sepertii kasus yg di atas….tp proses pematian saraff tidakk mati2…sampaii akhirnya di behell duluu…laluu di tamball sementara…tp ttp saja sampee sekarang tuu gigi mshh sekiitt……dan sampe skrg blm di tamball krn sy mshh tkt….kalau2 stlh di tmbll akan mshh ttp sakitt…dan sy sudahh utarakan ke drg sy…dan ktnya hrs di ronsen/ di fotoo duluu biarr ketahuan ada apa dgn gigi inii tsb….menurut anda dgn kronologiss yg sy ceritakan apakah sudahh kena saraff jg atoo ada kejanggalan apa???mohon jawabannya terima kasihh…

    maaf ceritanya bnykk nehh….thx be4….

    • sebelumnya mohon maaf karena saya telat sekali untuk membuka blog saya ini.
      terimaksih jg bersedia sharing ..
      tindakan fifi benar,bahwa fifi harus segera ke drg.
      fifi juga benar bahwa keluhan sakit yang luar biasasetelah penambalan,merupakan salah satu tanda perlunya evaluasi perawatan atau bahkan berupa kegagalan perawatan.
      Drg fifi juga benar bahwa untuk mengetahui kondisi gigi fifi,diperlukan foto terlebih dahulu. Bisa jadi memang saraf gigi fifi sudah terkena.
      sabar ya fifi, sepertinya gigi fifi perlu “perjalanan sedikit panjang ” dalam perawatannya. semoga fifi lekas sembuh.

      • thanks balasannya y….tp kasus sy ituu uda selesaiii….yg akhirnya sy pindahh dokterr….krn dokter yg sebelomnya bnr2 mshh amatirr…payahh…masa tambalan gigi saya pake serpihan gigi palsuu….gila ga tuhhh…..makanya sy pndhh ke drg yg profesional aja….n hasil akhirnya di suruu cabutt krn ga bs di pertahankan….n yg gigi di kasus 2 jg akhirnya di cabutt krn ituu gigi uda busukk…n hrsnya dr drg yg awall kaloo mmg dia ahlii dia tauu tuu gigi uda busukk ga bs di rawatt lg…..tp dia malah ngulu2 waktuu…sengaja bgt dahh…huhh….jd keselll sendirii kaloo mengingatnya…..hehehe….jd curhat nehh…

        saya punya ref nehh buatt teman2 yg bermasalah ma gigi n ga kunjung sembuhh walaupun uda ke drg masing2….silakan datang ke drg stefanus…di daerah auri – cisalak depok…..ituu drg TOP BGT dahh…emang sehh jauhh lbhh mahall…..gpp y kaloo sy promosii di sinii….krn sy mauu yg lainnya tidak di tipuu sepertii sy……thx..

      • :) alhamdulillah jika fifi sudah tidak “menderita” lagi karena sakit gigi.
        meman terkadang second dentist diperlukan untuk kasus tertentu. Jika datang ke drg sebaiknya diperhatikan secara baik “komunikasi” yang berkenaan dg kasus dan perawatannya. Jangan sungkan untuk bertanya.Jika drg yang bersangkutan dinilai pasien “kurang” kompeten, adalah hak pasien untuk pindah ke drg lain.
        jangan lupa fifi , untuk kehilangan gigi tertentu, sebaiknya dibuatkan gigi palsu.Untuk drg spesialisnya, bidang prostodonti.
        semoga tidak terulang lagi hal yg tidak menyenangkan ini.
        terima kasih

      • iya nehh….tp gigi sy mshh ada yg bolong….6 lg…..jd mestii di tamball lg dehh….hehehe

        btw emangnya kaloo gigi yg di cabutt mestii kudu harus n wajibb pasang gigi palsuu y??? alasannya knp y???apa biarr ga berantakan y??? soalnya sy uda tny ama dokterr yg cabut gigi saya inii…ktnya ga perluu gigi palsuu…n ga akan berantakan kokk…..n ktnya kaloo ga bisa ngunyahh baruu dehh pasang gigi palsuu…..gt dehh ktnya…..jd yg mana sebaiknya sy ikutin nehh……jd serem jg kaloo tkt kenapa2 nantiinya……jd minta sarannya donkk…thx be4…

      • kasus kehilangan gigi tidak selamanya memerlukan gigi palsu.Apalagi kehilangan gigi yang diharapkan (misal untuk rawat orthodontik). Ada beberapa indikasi gigi dan kondisi rongga mulut yang memang memerlukan gigi palsu. Memang akibat buruk dari kehilangan gigi kebanyakan dirasakan tidak spontan/dalam waktu dekat.Alasan tidak bisa mengunyah, bkan alasan tunggal untuk evaluasi perlu tidaknya gigi palsu untuk kehilangan gigi. Apalagi jika pasien tsb masih mempunyai gigi gigi lain. Tentu saja jawabnya akan selalu bisa mengunyah:).
        Untuk bahan pertimbangan, sebaiknya fifi membaca hal yg berhubungan dengan gigi ompong (dalam blog saya atau di multiply juga dibahas) atau dari sumber lain. Kemudian jadikan bahan diskusi dengan drg .
        Namun mengingat banyaknya kasus pada gigi fifi, ada baiknya fifi memikirkan mungkin adanya hal atau perbaikan sehingga gigi fifi tidak banyak mengalami kerusakan.
        Demikian fifi, semoga bisa membantu.

  17. Dok,gigi geraham kiri ( 2 dari belakang ) mengalami cracked dari mesial ke distal, sehingga harus dibuatkan onlay metal pada bulan feb 2009, …
    Skarang gigi geraham tsb sering mengalami sakit nyut dan gatal, dan apabila bentrok dengan gigi atas terasa sakit, sehingga tidak bisa dipakai untuk mengunyah….

    tolong dibantu untuk solusinya…

    thks

  18. Makasih banyak y dok infonya..
    kebetulan saya mahasiswi kedokteran gigi..
    lain kali kalo saya mau tanya2 ke dokter aja y..boleh kan
    ^_^
    hhhe

  19. aq cari klasifikasi karies dan ketemu di sini plus gambar pula. memudahkan untuk cari bahan tugas. thx

  20. Assalamu’alaikum,mau nanya obat apa yg paling mujarab dan mudah didapat untuk nyeri gigi?

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh
      dalam dunia kedokteran gigi, meredakan nyeri gigi tidaklah selalu dengan obat yang diminum (oral medicine),akan tetapi ada obat yang diaplikasi secara lokal/mungkin bahan kedokteran gigi yang berfungsi untuk meredakan nyeri gigi. Pemberian /mengkonsumsi obat seharusnya disesuaikan dengan kasus yang dialami. Akan tetapi yang lebih penting, adalah mengatasi penyebab nyeri ggi itu sendiri,karena bila tidak diatasi,nyeri akan datang berulang bahkan bisa berkembang menjadi parah.Jadi sebaiknya segera mengunjungi drg apabila timbul nyeri gigi agar segera diketahui penyebab dan diatasi. Apalagi keluhan nyeri gigi merupakan salah satu ciri bahwa gigi memerlukan “perhatian” dan atau mungkin perawatan.
      Demikian semoga bisa dipahami.
      terima kasih

  21. Makasih dok,infonya sangat membantu saya.

  22. Ass. Wr. Wb // … Salam kenal
    Dok .. Saya mw tanya neh!Kemarin sy baru kclkan (jatuh dr mtr) trs gigi saya yg dpn patah setengah .. 1. apakah bisa saya tambal utk gigi yg patah utk jd spt semula lagi ??
    2. kira2 jenis perawatan ap yg sy harus pakai & jenis bhn yg dipakai & Kira2 brp biayanya yah dok ??
    Tolong pencerahan nya ya dokter …Thnks …

    • wa`alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh
      1. apakah bisa saya tambal utk gigi yg patah utk jd spt semula lagi ??
      Untuk gigi yang patah setengah, belum tentu bisa ditambal. Akan tetapi ada beberapa pilihan perawatan pd gigi tsb, tergantung diagnosis setelah dilakukan pemeriksaan.
      2. Secara umum perawatan yg bisa dilakukan untuk gigi yg patah:
      - bila patah mahkota gigi melibatkan pulpa atau jaringan pendukung gigi. Maka perlu rawat endodontik atau yg lain (misal periodontal treatment).
      kemudian diikuti (salah satu):
      - cosmetic countouring
      - bonding , tambal gigi
      - veneers
      - crowns.
      Perawatan yg dipilih semua tergantung dari hasil pemeriksaan dan kemudian bahan dan biaya ditentukan kemudian.
      Untuk lebih jelasnya, sebaiknya komunikasikan /diskusikan terlebih dahulu segala sesuatunya dengan drg yang bersangkutan termasuk harganya.
      Jangan sungkan pula bertanya tentang harga.Selain bahan dan jasa perawatan, Harga juga dipengaruhi oleh subjektifitas drg, jenis tempat praktek (RS atau puskesmas/tempat praktek, domisili/daerah).
      OK. Semoga Anda mendapat perwatan dan hasil yg terbaik untuk gigi Anda.
      Maaf jika kurang dapat membantu.
      Terima kasih

      • Oia dok..Td sy sdh ke dokter gigi utk tambal yg patah itu.. Trs sy dicek utk diliat sejauh mana rusak nya stlh itu dokter itu bilang bisa ! Kmdian gigi sy dibor & dibentuk sdmikian rupa utk disesuaikan dgn gigi sy yg kurang & kmdian dicetak! Sy diberikan 2 alternatif pilihan utk tambal gigi sy tsb ..
        1. Tambal dgn kualitas yg bysa saja (Setiap 2 tahun hrs balik lg utk cek)
        2. Tambal dn kualitas yg bagus (dlm arti sy sdh tdk perlu utk balik lagi utk cek )
        Yg sy mw tanya dok..
        1.Apkh smw proses tsb sdh sesuai dgn prosedur yg seharusnya ya dok ?
        2. Kira2 efek2 apa yg kemungkinan dpt tjd pd alteratif tawaran gigi tsb?

        ditgu yah jawabannya dokter .. Thnks

      • Dari cerita ryan,
        - sepertinya drg tsb tidak melakukan tambal gigi (karena mungkin sudah tidak bisa ditambal). Tetapi dilakukan perawatan lain.
        - Yang perlu saya beritahukan, Apapun jenis bahan kedokteran gigi untuk gigi ryan, sebaik apapun, setelah diaplikasikan, sebaiknya di cek secara berkala. Terutama jika ada keluhan atau tanda-tanda perlunya evaluasi thd gigi yg bersangkutan, selain memang TIDAK ADA bahan yg abadi. Apalagi banyak faktor yang mempengaruhi “keawetan” suatu bahan yg diaplikasikan, baik dari jenis bahan, skill drg, lingkungan/kebiasaan/gaya hidup pemakai dll. Akan tetapi memang ada bahan yg baik dan diindikasikan sesuai kasus.
        Terlepas dari kasus ryan, dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi, dianjurkan untuk mengunjungi drg secara berkala,minimal untuk membersihkan gigi. Jika kebiasaan itu dilakukan, maka setiap ada ketidakberesan dlm gigi dan rongga mulut, tentu akan segera diketahui.
        Dalam hal ini jika dihubungkan dg kasus ryan, pernyataan tdk perlu balik lg utk cek” ,saya kurang sependapat. Sebaiknya tetap dilakukan cek secara berkala pd gigi ryan. Untuk cek pasca dilakukan aplikasi, minimal 1x cek/kontrol, seyogyanya dilakukan. untuk mengetahui atau memastikan keberhasilan perawatan. dan ini masih merupakan tanggung jawab drg ybs.
        Untuk prosedur dan efek, maaf saya tidak bisa menjawab,karena data yg ryan berikan tidak lengkap. krn ryan tdk menyebutkan diagnosis kasus dan jenis perawatannya.
        Semoga bisa dipahami.Terima kasih.

  23. mo nanya nih kemarin aq habis tambal gigi pake laser, stlh selesai kira2 stgh jam saya langsung makan, gimana y?apakah itu tidak baik? oh iya tambal gigi yang bagus itu apa benar pake yang warna silver?krn kalu pake yang putih katanya bisa mematikan gigi..
    dulu saya juga pernah tambal gigi pake yang putih tapi hasilnya gigi saya malah perlu di endo karena tejadi infeksi…
    lalu sebenarnya tambal gigi yang bagus itu bagaimana dan dengan media apa?

    • -Seperti yang telah saya sampaikan,sebaiknya pasien yang menerima tindakan atau perawatan gigi dan mulut, menanyakan, mengingat, mencatat bila perlu, apa saja yg berhubungan penting dg keluhan/kasus, misal diagnosis, instruksi pasca tindakan (seharusnya drg meyampaikan secara otomatis),jenis perawatan termasuk dalam hal ini bahan/obat apa yg diberikan oleh drg. Sebaiknya tanyakan dalam bahasa medis, sehingga tidak terjadi kekeliruan.
      Misalnya bahan tambal gigi putih, itu yg dipake apa, resin komposit atau ionomer kaca atau yg lain dg light cured atau konvensional. Karena ada beberapa bahan berwarna putih.
      Untuk tambalan silver(amalgam), biasanyadiinstruksikan makan/minum minimal 1 jam pasca tindakan dan 24 jam untuk konsumsi makanan yg keras. biasanya diGunakan gigi pd sisi rahang yg lain untuk mengunyah makanan sampai batas waktu yg ditentukan,untuk mkan makanan yg keras.
      Untuk light cured, dapat makan dan minum pasca tindakan
      amalgam is used to fill a tooth. Amalgam does not become hard instantly after the procedure. if you had a amalgam “silver” filling, you should wait 1 hour. It takes about 24 hours for a grey filling to harden completely. Dentists recommend waiting one hour after the procedure to eat anything, and to wait 24 hours before eating solid foods.

      White fillings are made of composite, which is a white paste of resin that hardens instantly when exposed to blue light. Therefore, if you have just had a white filling, you can eat and drink right after the procedure.

      - keberhasilan perawatan, tergantung banyak hal, antara lain, kesesuaian bahan/obat yg dipake dengan kasus, skill drg, kontaminasi, dll (termasuk dlm kepatuhan pasien akan instruksi). Jadi jika terjadi infeksi pasca perawatan, kesalahan tidak hanya dimungkinkan dari bahan tambalnya.
      - Tambal gigi yang bagus adalah tambal gigi yang diaplikasikan sesuai dengan diagnosis /kasusnya.

      -

  24. Saya mau tanya, kemarin saya Tambal gigi tapi bolak-balik sampai 6 kali u/perawatan akarnya terus yg terakhir pake sistem onlay restoration habis Rp 1.170.000,- .Saya kira ditanggung asuransi ternyata tidak saya kena ekses klaim 960rb, lemes juga pas denger itu.sebenarnyaberapa sih harga onlay restoration?trims

  25. assalamu’alaykum kakak dokter yang baik hati..

    saya punya problem dengan gigi seri. dulu gigi seri saya pernah ditambal, lubangnya tidak besar, sih.. tidak smpai RCT. tapi sesaat setelah pulang dari dokter giginya saya minum air dingin, ternyata gigi saya jadi linu. rasa itu saya abaikan karena saya kira cuma sesaat saja. tapi setelah 1 tahun ternyata linunya tidak hilang kalo saya minum air dingin atau kumur dengan air biasa. Apa sebabnya ya kak?? Apa mungkin gara2 saya langsung minum air dingin sepulang tambal gigi? Wajarkah seperti itu?? Apakah saya harus kembali ke dokterya???
    terimakasih..

    BTW, kakak tinggalnya di mana ya??

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      Kasus gigi menjadi ngilu pasca “penambalan” gigi,bisa karena beberapa sebab kemuingkinannya. Sayang Anda tidak meyebutkan jenis bahan tambalnya.
      Untuk memastikan sebabnya, sebaiknya kembali ke drg. Jika diketahui sebabnya (setelah pemeriksaan) dan drg akan menentukan “linu”nya, tentu drg akan lebih mudah untuk mengatasinya. Kemungkinan drg menyarankan foto gigi terlebih dahulu.

      “It is not uncommon for teeth to be sensitive following placement of a filling. Your teeth may be sensitive to pressure, air, sweet foods, or temperature after the procedure. Normally the sensitivity goes away on its own within a few weeks. While your teeth are sensitive though, try to avoid those things that are causing the sensitivity. You should never be in so much pain that you’d require a painkiller but it’s a good idea to get some that are regular strength, just in case.

      If the tooth pain doesn’t subside within two to four weeks or if your teeth are really sensitive, make sure you contact your dentist. Your dentist will probably suggest you use a desensitizing toothpaste or apply a desensitizing agent to the tooth, or possibly suggest a root canal procedure.”

      Satu hal lagi bahwa :” A small percentage of people cannot tolerate the tooth colored material.There is no way to tell who will be sensitive.”

      Saya sementara tinggal di jogjakarta.
      Semoga cepat sembuh.
      terimakasih kembali

      • dlu sih saya pke ditambal pake laser juga.
        tapi saya kurang tau persis jenis tambalanya apa.
        Insya Allah saya akan balik lg ke dokternya. Terima kasih ya, kak jawabannya.

        O iya, gigi saya ini banyak sekali yang keropos bahkan sudah ada yg dicabut 1. Padahal saya masih 17 tahun. Seperti itu wajar apa tidak ya? Saya kdng2 sedih kalo keinget gigi saya banyak yg keropos. :-( Solusinya bagaimana ya, dok??
        Kalo jadi dokter gigi masih patut ga ya?? hehehehe…

      • masalah ngilu pada gigi pasca penambalan resin composite dulu merupakan masalah yg sering terjadi, sehingga resin komposite sempat di tinggalkan, sekarang bahan ini sudah di sempurnakan sehingga bila aplikasinya benar kemungkinan untuk gigi ngilu pasca penambalan resin komposite dapat dihindari.
        kemungkinan gigi anda di tambal dengan bahan ini, karena untuk gigi depan estetik sangat dipertimbangkan, kemudian anda juga bilang klo di tambal dengan laser, kemunkinan itu LIGHT CURE RESIN COMPOSITE..
        kalau terjadi ngilu pasca penambalan resin composite kemungkianan karena bahan yg di pakai masih resin composite tipe lama (karena mungkin mempertimbangkan harga, bahan tipe baru jauh lebih mahal) atau aplikasi yg salah dari bahan yg digunakan..
        untuk resin composite sebelum aplikasi bahan bonding seharusnya ada priming untuk mencegah rasa ngilu pada gigi pasca penambalan ressin composite, bahan yang baru sekarang priming dan bonding sudah disatukan.
        bila drg sudah mengapliasikan priming, namun masih ngilu, kemungkinan saat mengaplikasikan bahan priming tidak rata (biasanya diratakan dengan meniumkan udara secara perlahan) hal ini sering di sepelekan / dilupakan oleh drg, sehingga kadang menimbulkan keluhan pasca penambalan..
        semoga informasi ini dapat membantu..

  26. halo dok, mau nanya donk, waktu SD saya pernah tambal gigi graham atas sebelah kiri, sepertinya pakai ammalgam ya, tapi hanya kecil sekali lubangnya, dengan berjalannya waktu, setelah saya kuliah, sekitar 13 tahun kemudian, saya menyikat gigi, agak keras, tiba2 graham saya pecah, tidak sakit si, tapi jadi bolong. Sebenernya gak kelihatan dan gak sakit, karna itu saya malas untuk ke dokter untuk menambal gigi tersebut, tapi semakin lama bolongnya semakin besar, saya juga tidak mau kehilangan gigi saya ini, kalau saya tambal pakai komposit bertahan berapa lama ya? Ada gak ya yang permanen jadi saya tidak perlu bolak-balik ke dokter gigi? karna jujur saya takut ke dokter gigi. Terus kalau seandainya saya tidak jadi ke dokter gigi, apa resikonya buat saya selain akan kehilangan gigi graham saya ini? thanks ya dok…

    • - Kunjungan ke drg, sebaiknya dilakukan secara berkala, agar jika ada sesuatu “ketidakberesan” pada gigi dan rongga mulut, dapat segera diketahui. Untuk mengetahui jarak kunjungan, sebaiknya dikonsultasikan dengan drg. Drg akan “menilai” kondisi gigi dan rongga mulut, sehingga akan memberikan saran kapan sebaiknya kunjungan berkala dilakukan.
      - untuk jenis tambalan, drg akan memeriksanya terlebih dahulu, sehingga bisa ditentukan kesesuaian antara kasus gigi dengan jenis tambalan atau perawatan. Komunikasikan hal ini baik2 dg drg.
      - silahkan baca2 tentang akibat gigi ompong.
      terima kasih

  27. Hai,Dokter, seminggu yg lalu sy baru aja menambal gigi atas karena pecah akibat kekurangan kalsium ketika hamil anak ke dua saya,waktu selesai menambal saya diajurkan untuk tidak makan selama 1 jam dan kembali hr Jum’at ini,tp saya tdk bs datang,saya binggung kalau gigi yg tambalan itu ud ga bisa dipakai makan lagi yaa,soalnya setiap makan dengan gigi yg sudah ditambal itu saya merasa ada obat pahit yg tertelan,oh yaa tambalannya berwarna putih,itu tambalan permanen atau bukan dok??kira2 bertaha berapa lama yaa??kalo makan2an yg agak panas bisa copot lg ga tambalannya??apa kalau copt dan tertelan jg bisa merusak organ tubuh??kok saya jadi ngeri yaa,mohon jawabannya,terima kasih

    • sebaiknya Anda segera kembali ke dokter gigi. Oke?!:)

  28. saya saat ini sedang di tambal sementara, dan minggu depan balik lagi kedokter gigi, mengapa tambalan sementara itu terasa semriwing (seperti mentol) dan berbau seperti mentol ya? aman kah bila tertelan? karena tambalan sementara itu terus mengeluarkan bau dan rasa seperti mentol(semriwing), saya khawatir kl terlalu banyak tertelan, tetapi saya tak bisa menghindari untuk menelannya.
    mohon jawabannya segera, terima kasih

    • Tambalan sementara terasa semriwing, disebabkan kandungan /komponen pada bahan tambalan sementara Widya.Insya Allah aman. Syarat tambalan sementara antara lain tidak beracun, kuat menerima beban kunyah dalam waktu tertentu, tidak mudah bocor, dll.
      Tambalan sementara di aplikasikan sedemikian rupa sehingga tidak akan terlepas atau tertelan. Gunakan sisi rahang yang lain bila untuk mengunyah yg makanan yg keras. Namun jika tambalan tersebut terasa bocor atau copot, sebaiknya jangan ditelan, dan segera kembali ke drg agar drg bisa memperbaiki kembali.
      Sebaiknya widya dapat menepati pada kunjungan ke drg berikutnya.

      untuk tambahan baca-baca:
      Temporary fillings are made of two major components: Oil of clove (eugenol), which has been used for centuries to relieve toothaches, and Zinc Oxide which is the ingredient that makes Desitin diaper rash ointment white. Zinc oxide is an excellent disinfectant. The oil and oxide mix together to make a stiff paste that eventually hardens into a waterproof substance which soothes the nerve of the tooth and kills germs while protecting the cavity like a hard band aid. When used as a temporary filling material or cement, this material is called “zinc oxide and eugenol”, or ZOE for short.
      Zinc Oxide and Eugenol (ZOE) is not very durable, and it wears away after just a few weeks, but it works to relieve pain, calm the nerve and protect the tooth until an appointment can be made to get it filled permanently. During the Vietnam war, the US Army invented a more durable form of ZOE called Intermediate Restorative Material (IRM) which is fortified with plastic powder. (It originally came in red, white or blue colors.) IRM is used almost universally in dental offices throughout the world for temporary fillings. The increase in durability allows the temporary to last three to 6 months (sometimes even longer).

      Never plan to keep a temporary filling more than 6 months. They are not meant to last that long, and while the eugenol lulls the patient into a false sense of security, the restoration wears rapidly and begins to leak. If you wait too long, the nerve could die, the temporary filling will wear away, the tooth will decay further, and then you will need a root canal or extraction

  29. Assalamualaikum Dok…

    Dok, 2 gigi geraham bawah saya, bulan Januari lalu patah. Selama sebulan saya tidak mengalami keluhan apapun, pertengahan Februari ini gigi saya mengalami sakit yang luar biasa.
    Akhirnya saya ke drg. Kunjungan 1, gigi geraham bawah kiri ditangani dengan dimatikan dl syarafnya (ditambal sementara), kemudian pada kunjungan ke-2 ditambal permanen, dan gigi geraham bawah kanan dimatikan syarafnya (ditambal sementara).
    Hari ini kunjungan ke-3, rencananya menambal gigi geraham kanan saya yang ditambal sementara.
    Tetapi gigi geraham kiri yang baru ditambal kemarin sakit ketika dipakai untuk mengunyah. Yang ingin saya tanyakan apakah penanganan drg saya sdh benar? Apakah gejala sakit setelah ditambal juga merupakan gejala umum, semacam adaptasi, atau bagaimana?

    terima kasih
    Wassalam

  30. assalamu’alaikum.

    pak saya mau tanya. gigi depan saya bagian dalam bolong sekarang meluas hampir ke samping. saya takut nanti jadi tambah luas.

    bisa enggak pak di tambal?

    terima kasih

    • wa`alaikumussalam.
      bisa atau tidaknya gigi ditambal, dokter gigi akan memeriksanya terlebih dahulu, subyektif dan obyektif /melihat secara langsung gigi yang bersangkutan, atau pemeriksaan penunjeng lain bilamana diperlukan.
      setelah itu akan ditentukan perawatannya.jika tidak bisa ditambal, drg akan memberikan pilihan perawatan lain untuk mempertahankan gigi dinda.
      terima kasih

  31. Dok. . .aku mau tanya. .
    Apakah giGi dpan atas saya msh bs ditambAl?karna lobAng nya sudah lumayan besar. . .
    Dan apakah kLo dicAbuT it sakit tidak?
    Trz jg ne,kalo wktU pROses Pembuatan gigi palsu itU lama apa tidak. .
    Trima kasiH. .

    • Gigi dengan lubang yg besar, masih ada kemungkinan bisa ditambal, jika tidak bisa drg akan memberikan alternatif perawatan lain, dengan tujuan agar gigi masih dpt dipertahankan atau tidak dicabut.
      Namun bila gigi ada pd keputusan akhir berupa pencabutan, tidaklah mengapa. Sebelum dicabut, drg akan menganestesi sehingga saat gigi dicabut tidak tersa sakit.
      Kemungkinan “sedikit” sakit saat injeksi (jarum suntik ditusukkan) dan sakit pasca pencabuan. Tapi itu semua tidak akan berlangsung lama.
      Ada beberapa pilihan gigi palsu, lama tidaknya tergantung banyak hal. Sampaikan keinginan Anda saat kunjungan ke drg.
      terima kasih kembali

  32. dok, kan tanggal 2 maret kemaren saya ke dokter gigi soalnya gigi saya yang geraham atas ada 2 yang berlubang, trus kata dokter giginya masih gak kenapa-napa, eh malah gigi geraham depan yang depan(geraham kecil)yang ditambal padahal gak bolong cuma kata dokternya terkikis aja gitu karna kekerasan sikat gigi, pas proses penambalan sangat linu sekali, sampai sekarang juga linu.
    karna masih linu saya tanggal 4 maret kemaren ke dokter giginya lagi, nanya kok masih linu dok?
    kata dokternya itu penyesuaian sama bahan tambal, tapi ampe sekarang juga niy masih linu.
    Saya bete niy dok orang saya konsultasi buat gigi geraham yaang berlubang e malah gigi yang waras di tambal kan saya jadi linu.
    oya kata dokter giginya kalo seminggu belum ilang linunya tambalannya di bongkar lagi, waduwhhhh gak nahan deh dengernya takut kenapa-napa soalnya.
    tambalannya itu sewarna sama gigi asli, disinar pake sinar warna biru.
    trus saya tanya lagi ttg 2 geraham atas saya yang berlubang, katanya lagi,kata dokter itu masih belum perlu ditambal.\
    saya bingung sama dokternya, setau saya kalo gig berlubang hharus segera ditambal.
    trus saya tanya lagi , bukannya kalo berlubang harus di tambal seceparnya biar gak ada masalah dikemudian hari dok?
    eh kata dokternya : kalo menurut saya belum perlu, kamu coba deh konsultasi ke dokter lain.

    YA ALLAH, saya pusing dok ada saran gak? saya mau cepet selesaiin semua nya, biar sehat dan normal gigi saya.

    btw tentang geraham saya yang gak kenapa-napa tau tau disuruh tambal itu kan linu itu kenapa ya dok?
    soalnya kata dokter yang nanganin saya itu penyesuaian aja, wakktu hari pertama sih liny banget, sekarang linu tapi ya gak gitu-gitu banget linunya tapi yang jelas sebelum ditambal gigi geraham depan saya itu baik-baik saja.

    • Rasa linu atau bahkan sakit, bisa saja dialami pasien pasca tambal gigi. Banyak hal yg bisa menjadi penyebabnya. Jika sudah diketahui penyebab, akan mudah untuk mengetahui solusinya.Pembongkaran bukan satu2nya jalan keluar. Drg akan melakukan kontrol dan evaluasi gigi ybs.
      Segera kunjungi drg, bila rasa linu mengalami peningkatan secara kualitas atau frekuensi atau penyebaran.
      Sebaiknya dini mencari second opinion ke drg lain, untuk memeriksa gigi-gigi yg dikeluhkan.
      untuk di-baca : http://www.associatedcontent.com/article/260171/pain_after_dental_treatment.html
      semoga cepat sembuh .

  33. oya dok, ttg gigi geraham depan iitu yang terkikis itu antara bagian gusi sama gigi yang terlihat gitu, jadi kayak huruf V, cekung kedalem, emangnya harus ya dok ditambal gitu, soalnya saya jadi linu setelah penambalan,rasanya gak enak, saya gak betah kalo linu,,,,,,,trus kalo kata dokternya seminggu linunya gak ilang gigi yang ditambal itu malah mau dibongkaar lagi.
    Astaghfirullah, saya ngeri dok

  34. Dokter yang baik, saya mau tanya:

    1. apakah bahan tambalan sementara jika tertelan berbahaya? air liur juga terasa tidak enak krn bahan tambalan sementara tsb tapi saya telan juga, apakah berbahaya?

    2. apa efeknya jika hamil muda kr2 4-5 mgu jika dilakukan tambal sementara & composite?

    tadi sore sy baru dari dokter gigi & saat ini sy sedang program bikin baby..
    trima kasih dok atas perhatiannya.

    • Lina yg baik juga :)
      1. Meskipun salah satu sarat bahan tambal itu aman bila tertelan (tentu dg tidak sengaja), sebaiknya jangan ditelan jika mengetahui tambalan sementaranya lepas.Namun yg lebih penting, pastikan bahwa di dalam gigi yg diambal sementara tersebut, tidak ada bahan lain yg sekiranya berbahaya jika tertelan.
      Segera kunjungi drg, bila tambalan sementara lepas sebelum jadwal kunjungan.
      2. beberapa TINDAKAN gigi aman dilakukan pada trimester ke 2 (kalau periksa gigi boleh kapan saja bila diperlukan) . Untuk menghindari tindakan gigi yg beresiko, sebaiknya kebiasaan kunjungan ke drg secara berkala dilakukan. Apalagi bila ada perencanaan hamil. Jangan lupa komunikasikan juga kepada dokter kandungan dan dokter gigi yang bersangkutan.
      terima kasih

  35. dokter..saya sedang hamil 14minggu, kemarin saya tambal gigi karena gigi geraham saya bolong dan tinggal 1/2 karena giginya pecah.. setelah tambal gigi saya tidak makan selama 1 setengah jam dianjurkan oleh dokternya. namun setelah 1 setengah jam saya makan saat itu tambalan tersebut tanpa tidak sengaja lepas dan tertelan bersama makanan saya.. yang mau saya tanyakan :
    1.apakah berbahaya bila tertelan tambalan gigi?
    2.apakah berbahaya bagi janin yang ada didalam kandungan saya karena tambalan yang tertelan tadi?
    mohon dibalas ya dok, terima kasih.. :)

    • Maaf baru sempat men-cek blog .
      1. Tambalan gigi tertelan ,insya Allah tidak apa-apa. Tetapi, harus dipastikan tidak ada bahan lain yg di dalam tambalan sementara tersebut. Karena ada bahan tertentu yang berbahaya jika tertelan.
      2. Insya Allah tidak berbahaya.
      Segera kunjungi drg lagi. Sebaiknya sebagai pasien yg dilakukan tambal sementara, hendaknya mengetahui ada atau tidak bahan lain yg di “tanam” dalam bahan tambal gigi sementara tersebut. Jika makan, sebaiknya gunakan sisi lain yg tidak sedang ditambal tambalan sementara.
      terima kasih kembali.

  36. gigi depan aku keropos, jadi kalo dilihat kaya ompong depan, gimana cara perbaikinya, di mana dan berapa harganya, please y…

    • Keropos? Sebaiknya kunjungi ke drg. Drg akan memeriksa dan menentukan perawatannya nantinya. Dan yang penting adalah mengetahu penyebab keroposnya gigi Anda sehingga tidak akan terjadi pada gigi lain.
      Harga? maaf, saya tidak bisa menentukan. Karena itu sangat tergantung dari banyak hal. Misalnya kasus, perlu atau tidaknya pemeriksaan penunjang (rontgen dsb), lama peraatan, jenis perawatan, domisili drg dll.
      terima kasih

  37. asw, salam kenal dok sy mo tny neh, kn wkt t gigi geraham saya patah nah t meninggalkan sisa di gusi.kbtlan gigi yg patah adlh gigi gerham atas.. yg mo sy tnykn berbhya kh sisa akar gigi sy tsbt krn smpai skrg blum sy cabut dan apakah ada dampakx jika sy ingin mencbutnya??? tolong solusinya dok..

    • sebaiknya sisa akar segera dicabut. dampaknya akan ada daerah kosong bekas pencabutan. Setelah itu, sebaiknya ita memakai gigi tiruan (gigi palsu).
      Jika sisa akar gigi tidak dicabut, bisa berakibat gangren, gangguan pengunyahan, gigi antagonis (lawan modot), sulit dibersihkan dll.
      terima kasih

  38. Dokter, mau nanya ya…
    Saya tambal gigi (gigi bawah kanan, setelah taring) sekitar 10 bulan yg lalu, tapi kok tambalannya cepat banget lepas?? Saya lihat, lubangnya sangat besar, hampir separuh gigi.

    Apakah gigi saya masih memungkinkan untuk ditambal ulang?

    Agar tambalannya awet, apakh kita harus memilih bahan dan teknik penambalan di dokter gigi??? Atau kita minta dokter gigi memilihkan bahan dan teknik penambalannya???

    Apakah gigi yg byk tambalannya, masih memungkinkan untuk memakai behel??
    Terima kasih…

    • 1. kok tambalan cepat lepas?
      ketidakberhasilan perawatan ,dalam hal ini lepasnya bahan tambal gigi, tergantung banyak faktor, misalnya kesalahan indikasi jenis bahan tambal, skill drg, kerjasama pasien dll.
      2. apa memungkinkan utk ditambal?
      mungkin saja. tetapi semua tergantung pemeriksaan dan evaluasi terhadap gigi yg bersangkutan oleh drg.
      3. apakh kita harus memilih bahan dan teknik penambalan di dokter gigi??? Atau kita minta dokter gigi memilihkan bahan dan teknik penambalannya???
      Seharusnya setelah dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan sehingga ditentukan diagnosis, maka drg akan menentukan jenis perawatan (termasuk dlm hal ini jenis bahan tambal). Jika ada beberapa pilihan jenis bahan tambal, drg seharusnya menjelaskan kpd pasien. Berkaitan antra lain dengan kelebihan ,kekurangan , harga dll.
      Jika Anda tidak ada hambatan waktu, biaya dll, sebaiknya Anda meminta rekomendasi drg jenis bahan tambal yg baik dan sesuai dg diagnosis.
      4. Apakah gigi yg byk tambalannya, masih memungkinkan untuk memakai behel??
      Memang benar kuantitas tambalan gigi dalam rongga mulut, bisa menjadi salah satu pertimbangan perawatan orto (behel/ untuk merapikan gigi). Tetapi sebaiknya Anda konsultasi dan melakukan periksaaan terleih dahulu periha; hal ini, agar drg bisa memastikannya.
      semoga bs membantu.terima kasih

      • Dokter, terima kasih banyak ya atas jawabannya…

        Sekarang saya malah bingung.. Apa sebaiknya saya kembali ke dokter gigi tempat saya tambal, atau cari dokter gigi lain yg lebih baek ya???

        Dokter bisa ngasih saran ga’, kalo di Jakarta Timur dokter gigi yg bagus di mana? atau kalo ga’ jauh sih, kalo bisa ke tempat praktek dokter aja??? dimana ya? he he he…

        Terima Kasih

  39. assalamu’alaykum ummu..
    saya mau tanya. gigi 1 seri bagian tepi saya dilakukan perawatan saluran akar.Dokternya dokter umum, bukan spesialis. kira2 4 kali kunjungan, gigi saya di beri obat didlamnya. tapi masih sakit,disenggol sedikit saja sakit. bahkan kemudian diberi antibiotik dan paracetamol. kemudian setelah tdk terlalu sakit, gigi saya dibongkar lagi dan dimasukkan jarum kecil seperti bor di dlamnya berkali kali. dokternya bilang kalau sarafnya di dalam sudah kering jadi sulit diambil, lalu diberi obat lagi di dalam gigi. kemudian kontrol lagi, gigi saya tidak sakit tapi kalau ditekan masih agak sakit dan waktu itu terkena air masih terasa seperti sensitif, lalu diberi antibiotik lagi namun tidak ada bedanya.
    yang saya tanyakan apakah gigi saya masih bisa dipertahankan?? Saya ingin gigi saya bisa dipertahankan karena gigi depan. LAlu haruskah saya ganti dokter gigi yang lain? Normalnya, berapa kali kunjungan yang harus dilakukan saat melakukan PSA? Apakah sensitifnya gigi saya karena yang dimatikan sarafnya hanya separuh bagian gigi?

  40. Assa.wr.wb.
    Bu….hati saya sedih saat ini. Dokter gigi saya bilang kerusakan pada gigi saya sudah sangat parah. setelah pembersihan karies gigi, ternyata ada sepuluh gigi yang harus ditambal karena katanya dah berlubang.kalau lama dibiarkan akan semakin parah. Tapi setelah saya fikir ternyata kerusakan di gigi saya bertambah besar karena di gerinda oleh dokter tersebut untuk melakukan penambalan.
    Penambalan yang akan dilakukan adalah penambalan dengan cara penyinaran dengan bahan yang saya kurang fahami.
    Selain itu bu, saya juga memakai gigi tiruan 2 buah bagian depan. Dalam pergaulan saya kurang percaya diri, karena jika diperhatikan akan kelihatan gigi tiruan tersebut.
    Secara psikologi bu. saya sangat sedih. Saya harus bagaimana ya bu…Saya seperti tidak melihat lagi masa depan saya. Untuk melakukan penambalan dan perawatan saja saya sudah mengeluarkan biaya yang tidak murah bu.
    Saya ingin merasakan seperti yang lain, makan tanpa masalah dan senyum atau bicara dengan percaya diri. Kadang dihati saya ada juga penyesalan mendatangi dokter gigi bu… karena akibat gerinda di gigi saya lubang itu semkin membesar. yang sering saya bayangkan bagaimana kalau gigi saya yang lain nanti memakai gigi tiruan lagi…duh…ga bisa saya bayangkan lagi bu….

    • wa`alaikumussam
      Jangan sedih, ya ,Ita. Saya turut prihatin denga keadaan gigi gigi ita. Namun Berfikirl saja yang positif terhadap semua hal ,meski kadang datang terlambat. Ita tidak sendiri. Banyak pasien yang sebenarnya banyak mengalami masalah dengan gigi dan mulutnya. Justru Ita harusnya bersyukur sudah tersadar sebelumnya meski sudah terlanjur banyak yg mengalami kerusakan. Dari gigi dan mulut , kita jadi ingat dan sadar betapa gigi dan mulut merupakan salah satu karunia dan kenikmatan yang besar dari Allah Ta`ala.
      Selain itu kepercayaan diri tidak sepenuhnya dari penampilan fisik. Untuk itu bangunlah kepercayaan diri yg lain dari potensi yg ada sekarang pd diri Ita. dan sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala, agar jika ada masalah lg bisa diketahi dengan cepat.
      Ita,
      Penyesalan perawatan yang Ita alami, salah satunya disebabkan karena kurangnya pemahaman. Pemahaman yang seharusnya diberikan oleh drg dan (seharusnya) sebagai pasien juga proaktif untuk bertanya kpd drg. Pasien punya hak untuk itu.
      Jangan sungkan dan segan untuk bertanya bahkan (bila perlu) datang lagi untuk melihat isi rekam medik yg ditulis oleh drg tentang rencana perawatan. Ini bila Ita datang beberpa lama setelah perawatan. Isi rekam medik adalah hak pasien.Tanyakan kembali secara detail. Dan bilamana tak memuaskan, silahkan second opinion ke drg lain.
      Tentang doktergiginya..
      Insya Allah ,jika dokter ggigi yg BAIK (mohon maaf klo drg yg tidak baik )terikat sumpah dokter gigi.
      Bila ada kesalahan atau kealpaan, itu mungkin disebabkan oleh kurang skill atau pengetahuan. Namun jika itu terjadi, drg yg baik, jika mengetahui drg tidak sanggup melakukan peraatan yg semestinya, drg tsb akan merujuk pada teman sejawat yg sanggup atau dokter rujukan lain bilamana diperlukan.

      Tentang gerinda pd gigi saat akan ditambal…
      Sebelum gigi dilakukan penambalan, dilakukan salah satunya adalah pembersihan karies. Jika karies yg sulit dihilangkan secara manual, tentu drg akan memerlukan bantuan alat misalnya bor. Karena bila tidak dibersihkan, maka akan sia-sia penambalannya. Jadi kemungkinan drg tsb menggerinda untuk tujuan kepentingan keberhasilan penambalan.
      Ita,
      ada pilihan beberapa gigi tiruan sehingga tidak nampak sebagai gigi palsu oleh pemakainya. Untuk hal ini, silahkan berkonsultasi ke drg spesialis gigi tiruan (prostodonti).
      Jangan lupa Ita, bila ke drg jangan sungkan pula untuk menanyakan biaya bila Ita ingin mengetahui sebelum dilakukan tindakan. Itu merupakan hal biasa.
      Demikian Ita. Jangan sedih lg ,ya.
      Semoga Ita menemukan drg yg baik yg bisa merawat gigi Ita.
      terima kasih

      • Terimakasih dokter atas jawabannya.
        Saya sudah dua kali mendatangi dokter gigi. yang pertama melakukan pembersihan karies dan melakukan penambalan sementara. Kemudian yang kedua memeriksa kembali tambalan sementara karena ada yang terlepas. Selang waktu ke dokter gigi saya dalam 5 hari.
        Kedatangan saya yang kedua ingin minta tambal langsung dengan penyinaran, tetapi dokter gigi menyarankan agar dilakukan satu miggu kemudian, karena syaraf gigi masih ada yang ngilu. Dan dokter gigi saya tetap kekeh mematuhi aturan tersebut.
        Untuk kunjungan saya yang ketiga ini tanggal 10 juni saya lakukan berdasarkan saran dokter gigi saya. Tindakan yang akan dilakukan adalah penambalan dengan penyinaran tersebut.
        Yang mau saya tanyakan lagi dokter;
        1) Sudah benarkah aturan yang dilakukan dokter gigi saya?
        Karena tidak ingin mengulang kesalahan saya lagi, maka saya berusaha untuk mengikuti saran dokter gigi tersebut.Dan masalah biaya penambalan 300 ribu rupiah per gigi. Memang berat dok, tetapi saya tidak punya pilihan lain, karena kondisi gigi saya yang sudah parah. Mudah2han ini terbaik untuk selanjutnya.

  41. maaf pak.saya mau tanya ini dl saya ud tambal gigi geraham saya. 4 tahun kemudia bolong lagi.saya coba mao nambal lagi tapi setelah dicek masa drg nya blg harus datang ampe 4x perawatan. 3x perawatan dan 1 x tambal gigi.. 1x kasih obat kena 50rb rupuah dan tambal kena 90rb rupiah..katanya si mao perawatan syaraf gt..kira2 saya dibohongi pa gk ya..ni saya ud ikuti proses ampe 2x..klo mank saia dibohongi..apa drg skarang ud gk blajar etika profesi ya..masa menindas rakyat jelata si.

    • Seorang dokter gigi yang baik dan bertanggung jawab, insya Allah tidak akan berbohong pada pasiennya, atau siapapun. Karena drg juga terikat oleh sumpah drg.
      Dan itu juga ada pertanggungjawaban pada Allah ta`ala.
      Bila seorang drg merasa tidak sanggup melakukan perawatan, ada aturan untuk memberikan rujukan pada drg lain atau dokter lain (umum atau spesialis) yang dirasa sanggup untuk merawat atau memberikan kejelasan untuk keperluan diagnosis dan perawatan.

      Untuk kasus gigi Bapak,
      sepertinya terjadi “karies sekunder” pada gigi Bapak, yang mungkin sudah meluas sampai terkena syaraf gigi, sehingga gigi Bapak perlu rawat saluran akar. Pada rawat jenis ini ,memang diperlukan kerjasama dan kepatuhan pasien karena memerlukan lebih dari 1 kali kunjungan.
      Untuk lebih jelasnya, silahkan baca antara lain di :
      http://www.animated-teeth.com/root_canal/t1_root_canal.htm
      atau silahkan searching dengan kata kunci : Perawatan saluran akar gigi

      Tentang masalah biaya ,
      Saya sarankan agar pasien gigi tidak sungkan untuk bertanya masalah biaya. Karena banyak perawatan gigi memerlukan biaya yang kadang relatif mahal.
      ADA beberapa alternatif agar bea tidak mahal misalnya drg di RSGM universitas (pendidikan).

      Demikian Bapak. Semoga bisa dipahami.
      terima kasih
      Terima kasih

  42. assalamualaikum ibu, mohon sarannya. saya sedang hamil 15 minggu. sudah 3 hari ini gigi geraham belakang saya ngilu.(giginya telah ditambal sejak 7 th yg lalu). saya dah ke drg, trus geraham sebelah (yg juga tambalan) ditambal lg. kalo geraham paling belakang saya masih ngilu setelah minum sanmol, maka saya disarankan balik lagi esoknya utk bongkar tambalan amalgam yg sudah bercokol 7 tahun digigi saya. menurut ibu, bahaya nggak sih bongkar tambalan amalgam pada saat hamil untuk perawatan syaraf? kira2 butuh berapa kali pertemuan utk perawatan syaraf tersebut? drg sebenarnya jg menginginkan sy utk rontgen gigi tp saya menolak karena mengkhawatirkan janin saya. sekarang ngilunya msih sangat terasa. mohon sarannya. terimakasih. wassalamualaikum wr. wb

  43. maaf saya mau tanya, gigi saya yg graham bawah sudah di tambal permanen, tp msh ada rasa2 bau2 obatnya ya, knp ya dok?? trima ksh

  44. ummu, gigi saya no 4 5 berlubang besar sampai dindingnya pun tipis. saya terlanjur memilih perawatan di fkg dengan co-ass (padahal ayah saya melarang, tapi terpaksa karena ga ada uang), dan saya sudah perawatan gigi EM dengan co-ass tersebut (co-ass1), sampai selesai dan sudah bayar. tapi kemudian saya dipindahkan oleh co-ass1 ke co-ass2 yang ternyata adik kelasnya dan terlihat belum banyak berpengalaman. tapi co-ass1 ikut menangani gigi saya, dan lebih banyak campur tangan, tapi saat dia mau coba bikin cetakannya dengan clay, claynya tumpul n nyangkut di gigi saya sampai patah kemudian di bor, sampai 3kali nyangkut terus. co-ass1 tidak banyak bertindak, hanya nge-bor gigi saya. kemudian ada co-ass1 pergi karena sudah datang pasien, jadi co-ass2 dibantu oleh co-ass yang lain lagi, dengan co-ass yang itu claynya sangat runcing dan berhasil keluar 1x tapi yang ke2x nyangkut lagi. sudah 3 jam saya di sana, dan jujur saja sebagai pasien saya gondok sekali. ingin pindah saja ke drg… kalo pindah apa ada pengaruhnya terhadap gigi saya yang sudah dirawat sebelumnya di fkg?
    mohon komentarnya dan penjelasan penyebab-penyebab terjadinya kejadian menyebalkan seperti itu, apakah co-ass banyak akal-akalannya..
    sebelumnya makasih, ummu, maaf kalo terlalu panjang..

    • maaf, no 30, gigi geraham bawah

    • Zuna,
      - suatu contoh keburukan bilamana ada pada perawatan yg dilakukan di fkg (atau dimana pun), tidak dapat di generalisir, apalagi jika melibatkan banyak faktor. Jadi keputusan untuk berobat ke fkg bukanlah suatu jalan yg harus disesali.
      - Perlu dipahami juga bahwa Proses pembelajaran tidak hanya terjadi saat menjadi mahasiswa, bisa jadi pula terjadi kekecewaan di meja praktik dokter atau drg.
      Justru terkadang ada kelebihan saat seseorang memutuskan untuk merawatkan giginya pada klinik pendidikan, bahwa jika ada kesulitan atau kasus baru, maka akan ada dokter pembimbing ataupun bila sangat sulit dipecahkan, maka para dokter akan bekerja menjadi “team”.Pun bila melibatkan dukungan bagian atau dokter spesialis maka akan dilakukan.
      - Selama dilakukan perawatan, tentulah ada drg sebagai dosen pembimbing yang bertanggung jawab penuh terhadap apapun yg dilkukan mahasiswa selama praktik co-Ass.. Tanyakan tentang hal itu pada co-Ass. Zuna pun dapat bertanya secara LANGSUNG pada saat dosen pembimbing memeriksa tahap demi tahap.
      Segala yg dilakukan, jika pada sampai tahapan tertentu, biasanya dosen pembimbing akan MEMERIKSA langsung ke pasien dan membubuhkan paraf jika pekerjaan co Ass sudah benar.
      - Biasanya (untuk kasus “reguler”) SATU kasus, hanyalah 1 saja co-Ass. Jika ada lebih 1 co Ass, biasanya ada kasus berbeda pada 1 pasien. Kecuali jika ada kebijaksanaan lain.
      - Jika Zuna ingin pindah ke drg, sah-sah saja. Mintakan “catatan kecil” tentang diagnosis dan apa saja yg sudah dilakukan perawatan pada kasus Zuna. jangan segan untuk pindah ke drg bila mana sangat diperlukan.
      Demikian Zuna, semoga bisa dipahami.

      • mau menambahkan sedikit..
        berobar ke FKG ada kelebihan dan kekurangannya masing2..
        KELEBIHAN
        >co-ass akan mengerjakan dengan hati2, step by step dan sungguh2 karena ada dosen pembimbing yang mengawasi dan berhubungan dengan nilai kelulusan
        >biaya relatf lebih murah
        >ada dosen pembimbing sehingga jarang terjadi kesalahan, dan bila terjadi kealahan ada dokter yg sudah berpengalaman yang akan bertanggung jawab
        >bekerja sesuai indikasinya (misalnya pencabutan, bila gigi masih bisa dirawat, coass tidak akan mencabutnya karena tidak mungkin mendapat acc dari dosen pembimbingnya, berbeda dengan dokter praktek, kadang kala bila gigi masih bisa dirawat tetapi perawatannya sulit dokter bisa bilang ini harus di cabut.. karena tidak ada yg mengawasi / tidak memerlukan acc siapapun, cuma perlu acc pasien sedangkan pasien biasanya menurut dengan dokternya..)
        KEKURANGAN
        >co-ass masih kurang pengalaman
        >lama karena masih sangat berhati2, harus minta acc ke dosen pembimbing setiap stepnya, dll
        >co-ass ada yg kerjaannya bagus, nilainya bagus, ada juga yg jelek, jadi harus pinter2 milih co-ass yg akan mengerjakan..
        masing2 ada kelebihan dan kekurangan bila ke drg atau ke coass..

  45. dok brp hrgatambal gi2 depan?aq da 3 kli tambal dia lpas trus ada tambal permnen yg gak lpas2 kira2 brap ya dok?

    • harga sih macam2… tergantung masing2 dokter dan daerah…
      tambalan permanen tidak menjamin tidak akan lepas… kondisi giginya harus di lihat dahulu… kalau ternyata sudah parah dan perlu perawatan saluran akar sebaiknya Wina mengikuti prosedur dari dokter yg merawat, karena memang prosedurnya panjang, bisa beberapa kali bolak balik.. dan tambalannya biasanya pakek tambalan sementara dulu sampai perawatan saluran akarnya selesai baru kemudian di tambal tetap..
      Wina harus tahu dulu bagai mana keadaan giginya… kalau masih belum kena saluran akar dan tambalan permanen biasa sering lepas wina bisa minta ke dokter yang merawat untuk di buatkan “Jacket”.. jadi nanti giginya akan di kecilkan kemudian di beri selongsong yang berwarna seperti gigi asli.. tapi biasanya harganya lebih mahal daripada tambal biasa, bisa beberapa kali lipat..
      kalau ternyata gigi sudah rusak parah, sampai harus perawatan saluran akar maka Wina harus mengikuti prosedur dari dokter yang merawat… baru kemudian gigi Wina bisa ditambal permanen, atau bisa juga dibuatkan “pin crown” mirip “Jacket” tapi ada pasak yang masuk ke saluran akar yg sudah dirawat supaya kuat dan tidak mudah lepas…
      kira2 begitu… sebaiknya diskusikan dengan dokter yg merawat… terutama tanyakan dulu masalah harga, karena untuk “jacket” dan “pin crown” harganya beberapa kali lipat tambal biasa.. dan tanyakan juga prosedur perawatannya…
      semoga informasinya dapat membantu…

      • terima kasih dan senang sekali kepada dokter ivan yang bersedia menjawab para penanya di blog saya ini. Bahkan sampai panjang jawabnya, dokter bersedia.
        Saya tidak jarang tidak mengecek blog saya ini karena satu dan hal yang lain. Sering pula saya menemukan pertanyaan yang sudah lama disampaikan dan belum sempat saya buka.
        Semoga apa yang disampaikan dokter bisa bermanfaat dan dapat membantu keluhan para penanya khususnya dan pembaca lain pada umumnya, termasuk pemilik blog ini.
        Sukses buat dokter.
        Sekali lagi terima kasih.

  46. dok saya mau tanya gigi depan saya bolong dan berwarna hita didlmnya apakah tu bisa di tambal menyerupai aslinya , dan berapa biayanya n tmpat yg bagus dimana thanks tlg di bles ya dok

    • gigi berlubang dan kasat mata tampak hitam, bisa ditentukan diagnosisnya ,setelah gigi yang tersebut dibersihkan sebagai keperluan diagnosis (bukan dibersihkan untuk syarat ditambal), sehingga akan nampak jelas bagian gigi yang terlibat .Kecuali jika warna hitam tidak tebal dan kecil.Drg juga akan memeriksa keterlibatan pulpa gigi.Ada 3 kemungkinan:
      1 Jika kasus sederhana: gigi bisa langsung ditambal
      2 jika melibatkan pulpa : ditambal dengan rawat saluran akar sebelumnya (PSA) atau PSA dengan mahkota jaket.
      3 jika tidak bisa dipertahankan, maka gigi terpaksa dicabut dan disarankan untuk membuat gigi palsu.
      Ketiga point kemungkinan di atas, drg akan melakukan perawatan sehingga tambalan gigi atau gigi mahkota jaket atau gigi palsu akan SERUPA dengan gigi sebelumnya /gigi tetangga.Sampaikan keinginan (agar serupa gigi asli) tersebut, saat ke drg. Drg spesialis konservasi gigi lebih disarankan.Point 2 dan 3 memerlukan lebih dari 1x kunjungan.
      Untuk biaya sangat fleksibel, tergantung antara lain bahan, domisili, tindakan perawatan dan drg itu sendiri.
      demikian, semoga bisa membantu

      • thaks dok atas informasinya braRTI saya harus periksa gigi saya dulu untuk mnentukan apakah gigi saya bisa di tmbak taw gak menurut dokter peiksa gigi yg baik dimana sich

  47. Bu/Pak Dokter,numpang nanya dong…
    saya baru aja nih tambal gigi geraham( baru 2 hari),kurang tahu apa nama bahannya, berwarna putih-keabuan, nah masalahnya dok, jika terkena air/makanan panas dingin terasa sakit nyut luar biasa. kalau dingin tidak terlalu sih dok, tapi kalau kena panas itu loh dok, adaw… nyut nya terasa sampai ke ubun-ubun dok. apakah itu normal dok? lalu solusinya apa ya dok?

    Terima Kasih.

    • sensitive gigi terhadap dingin, panas dll degan kualitas ringan, biasa dan normal terjadi pasca gigi ditambal. Hal tersebut biasa pula terjadi sampai beberapa hari. Dan akan hilang.
      Pada kasus hendra, jelas tidak normal, karena kualitas sensitive berat (nyut luar biasa). Sebaiknya kembali ke drg lagi, agar dilakukan evaluasi. Kemungkinan hendra memerlukan medicine dan atau rawat endodontik (perawatan saluran akar)
      terima kasih.

      • Terima Kasih atas balasannya Dok,
        berhubung sementara belum bisa kembali ke dokternya karena diluar kota, bisa tidak sementara memakai pasta gigi sensodyne ?, kalau beda dokternya nanti gak bisa korting, maklum anak kost hehehe.

  48. Assalamu alaikum wr wb.
    dok mau nanya nich saya lagi hamil 4 bulan baru-baru nambal gigi,perawatannya udah 2 kali tambal sementara, katanya dokter udah kena sarafnya jadi dirawat dulu. nah hasil tambalannya itu saya rasa obatnya agak bau dan pedis,apa aman bila obatnya tertelan? karena kayaknya obatnya ikut tertelan waktu saya makan dok,gimana dong dok apa tidak mengganggu janin saya?

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      Sering pasien merasakan sensasi bau dan pedas karena efek bahan dalam tambalan sementara. Seharusnya saat mendapat tambalan sementara tersebut, ibu menanyakan langsung apa isinya, bagaimana efeknya dan bagaimana bila tertelan pada drg. Sayang ibu tidak tahu apa “isi” dalam tambalan sementara ibu.Tapi jangan khawatir, jika drg tidak memberikan pesan dengan tegas , biasanya isi tambalan sementara ibu ada dalam batas “safe” bila termakan.
      Jika sensasi yang ibu rasakan sangat ekstrim, sebaiknya kunjungi lagi ke drg untuk memastikan bahwa tambalan sementara ibu tidak bocor.

  49. assalamualaikum Wr Wb
    dok, saya kan tambal gigi geraham, sebelum tambal gusinya sakit sekali, lalu dikasih obat, setelah seminggu udah ga sakit langsung ditambal sama dokternya, ditambalnya disamakan dengan warna gigi. setelah di tambal langsung saat itu juga sakit sekali, sampai sekarng kira-kira sebulan setiap hari masih sakit walau ga separah sewaktu habis tambal. tapi saya jadi harus minum obat terus biar ga sakit. untuk menghilangkan rasa sakitnyaa biar ga dateng lagi gimana yaa, mohon bantuannya, trims :)

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh
      sebaiknya kembali drg lagi agar dilakukan evaluasi. Drg akan mencari penyebab yang sebenarnya.Keadaan sakit pasca tambal memang kadang terjadi tentu dengan kualitas yang tidak berat dan tidak menetap. Minum obat saat sakit tidak akan menyelesaikan masalah.Kemungkinan akan dilakukan perawatan saluran akar.

  50. dok, saat ini saya lagi menderita2nya neh, antara gigi tengah saya dan gigi sebelahnya kan ada tambelan (dah lama ditambelnya)
    awalnya seh kan gigi geraham atas kiri saya bolong, sekarang2 ne lagi sakit awalnya sakit cuman di gerahamnya aja, tapi kelamaan ko menjalar ke yang depan, duh dok ngebetnya ga ketulungan da minum ponstan kaga ilang2, kenapa ya dok ya?

    • sebaiknya segera kunjungi drg. Minum obat penghilang/pengurang nyeri saja tidak akan menyelesaikan masalah. karena sebab utamanya adalah kariesnya. bila tidak, karies dengan kondisi demikian, rasa nyerinya atau kariesnya bisa berkelanjutan/menjadi parah.

  51. assalamualaikum Wr Wb ,
    dok gigi saya yang gigi depan /susu patah separuh tp usia saya masih 17 tahun apa bisa tumbuh lagi dok , na kalau g bisa tumbuh saya harus nambal dok ,kira 2 brp biayanya,dan makai apa ya yang sementara apa permanen tp aku orang miskin dok tolong di jawab y dok

  52. assalamualaikum Wr Wb
    dok mau tanya penting gigi depan saya patah separuh dok pas main sepak bola apakah bisa tumbuh lagi di usia ku yang 17 tahun, kalau g bisa apakah di tambal bisa kembali seperti semula ,dan jujur saja saya orang miskin g punya banyak uang jadi apa solusinya tolong jawab dok

  53. dok saya mau tanya.. gigi graham saya brlubang dsblh kanan n sblah kiri, n yang sblh kanan sdh sya tmbal namun tmbalannya smkin hari smkin tipis tmbalan sperti ap dok yg harus sya tmbal ulang? n untuk graham yg sblh kiri blum sya tmbal untuk kdpannya gigi brlobang trsbut pasti smkin bsar, gmana solusinya dok, seandainya saya tmpal sblah kanan n sblah kiri gmana sya mau mengunyah makann selama ini sya mnegunya makanann pada gigi graham yg berlobang namum belum ditampal, mohon solusinya dok trima kasih

    • selamat malam,
      sebaiknya perdana pergi ke drg. Drg akan memeriksa kondiisi gigi yang dikeluhkan, baik yang perdana rasakan tambalan makin tipis atau gigi yang belum ditambal. Kemudian dokter akan menentukan diagnosis, perawatan dan prioritas perawatan dan tindakan, bilamana diperlukan, sehubungan dengan fungsi kunyah dll.
      Jangan lupa komunikasikan segala hal yang berhubungan dengan gigi yang dikeluhkan dan kekhawatiran ,kepada drg yang menangani.

  54. assalamualaikum.

    gigi saya berlubang, tapi saya biarkan saja karena tidak merasa sakit tapi nampaknya lubangnya bertambah besar. Melihat kasus di atas saya ngeri untuk menambal gigi, karena banyak yang bermasalah pasca tambal gigi. yang saya ingin tanyakan bagaimana caranya agar saya bisa merawat lubang di gigi saya agar tidak menambah besar dan menjadi busuk. karena saya taku untuk menambal gigi

    • wa`alaikumussalam
      - bagaimana caranya agar saya bisa merawat lubang di gigi saya agar tidak menambah besar dan menjadi busuk.
      jika lubang gigi firdana tergolong dalam atau luas, maka tidak ada pilihan lain untuk merawatnya selain dengan MENAMBALKAN gigi tersebut. Apalagi bila lokasi lubang atau gigi yang berlubang tersebut sulit.
      Agar lebih dimenegrti silahkan di baca : http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_caries
      Firdana,
      Pergi ke dokter gigi ataupun tindakan perawatan gigi, sebenarnya bukanah sesuatu yang menakutkan. untuk mangatasi ketakutan firdana terhadap timbulnya masalah pasca tambal gigi, sebaiknya firdana bisa mendapatkan drg yang “ideal” yaitu pandai dan good skill.
      jangan lupa pilihlah drg yang bisa diajak berkomunikasi dan good sense :)
      sebaiknya komunikasikan “ketakutan” firdana pada drg sebelumnya.
      demikian, semoga bisa dipahami

  55. as,kum dok
    sya mau nanya lem tuk ortodonti sama nggak dengan resin komposit..?
    krna resin kompst memakai etching, bonding sm lem nya, trus saya beli lem tuk ortho dia jga ngasih sm etching,bonding,sm lemnya. itu gmn dok..?

    • Lha,lak Anda drg ,to?hayo, cari sendiri jawab nya:)
      maaf,ya…
      ok, met nyari dan semoga ktemu jwb nya.

  56. Dok

    saya mau tanya,kemarin ketika bermain arung jeram gigi saya terkena dayung begitu keras sehingga satu buah gigi depan patah setengah,tapi ketika patah tidak ada rasa nyeri dan darah.
    yg menjadi pertanyaan saya,apakah gigi yg patah tsb masih bisa diperbaiki?
    kira2 berapa biayanya dok.

    Terimakasih

    • insya Allah masih bisa diperbaiki.Drg akan memeriksanya untuk memastikan diagnosis dan jenis perawatan.Biaya tergantung kasus/keparahan ,jenis peraatan dan domisili/wilayah praktik,drg itu sendiri. sebagai gambaran HARGA (saya bukan iklan lho,lihat harganya saja),bisa dilihat di http://guswiyan.blogspot.com/2008/10/biaya-perawatan-gigi.html.

  57. Saya mau tanya, dulu kan saya pnah tambal gigi geraham. Trus tambalannya lepas dan lubangnya melebar sampai ke gusi dan kadang mengeluarkan darah. Apa betul kuman dari gigi tersebut bisa menyebar ke seluruh tubuh (terutama jantung)? karena saya merasa ada sesuatu yang salah dengan jantung saya, misal suka berdebar kencang dan iramanya tidak teratur.
    THANKS…Terima kasih banyak atas jawabannya….

    • Masalah pada Anda,tampak tidak tebatas pada gigi saja,tetapi sudah berkembang sampai pada gangguan jaringan pendukung gigi. Gangguan fungsi jantung perlu dilakukan pemeriksaan dengan lengkap dan teliti. Bisa jadi pula gangguan yang tampak pada Anda, dipengaruhi pula faktor lain,misalnya gaya hidup yang kurang baik,misal tidak pernah olahraga, over minum kopi dll. Bila Anda mencurigai gigi sumber masalah,segeralah kunjungi drg.Karena penyebab dari faktor lokal /gigi,akan lebih mudah diatasi.
      untuk pemahaman lebih rinci,silahkan browsing, ada beberapa sumber sudah saya lihat.Ada juga kesamaan pertanyaan Anda dengan yg disini:http://answers.yahoo.com/question/index?qid=1006052523734.
      terima kasih

  58. Asslmualaikum,
    Dok, saya bru baca blog ini. Dan sya jg bru tw klo mnambal gigi bs smpe ada resiko mninggal. Kok bs gtu dok? Saya ni jd tkut mw nambal gigi dok.. Hehe..
    Makasih.
    Wassalam.

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      maaf, tulisan salam Bagus salah, nanti beda pula artinya.:)
      Iya,toh?masak baru tahu,sih? Ya,bisa saja. Itu,kan resiko terburuk. Lagi pula belum ada laporan kasus orang nambalin giginya terus meninggal karena tambal giginya itu. Drg bekerja tentunya dibekali dengan ilmu dan skill.
      Jangankan tambal gigi, makanan yang biasanya dimakan orang bikin sehat, pd orang lain bisa menyebabkan kematian.
      Jangan takut tambal gigi. Masak laki-laki tangguh takut tambal gigi :D
      Apalagi kalau seseorang sudah mengerti arti penting kesehatan gigi dan mulut.
      Makasih juga,ya..Maaf klo ada yang tidak berkenan.

      • hehe… maaf bu dokter, kcepeten ngetiknya jdi salah tulis..
        ya deh, aku beranikan aja tmbal gigi. Tp kalo boleh tau kira2 harganya sekarang sampe brp ya bu kalo di dokter2 rumah??? soalnya pengalaman kakak dulu taun 2000an aja udah 400rb. Sekarang mungkin bisa 2X lipatnya mungkin ya bu??
        saya gak tau kakak dulu pake bahan yang jenis apa, tapi sampe sekarang tidak ada masalah sama tambalannya tsb.
        Mohon infonya ya bu… Terima kasih.

  59. Assalamualaikum dok, setahun yg lalu daku kecelakaan ,ya cukup parah sih hingga membuat ggi rusak (gempil) di 3 gigi depan.
    pertanyaan sy :
    1.apakah gigi saya bisa disembuhkan dgn ditambal?
    2.manakah tambalan gigi yg baik dan tidak menimbulkan bekas tambalan?(terutama yg warna sama dgn gigi)
    3.apakah benar saya dengar tambalan dgn teknik laser
    paling ampuh buat nanganin masalah tambl ggi?

    trims sebelumny dok ,saya udh malu dgn gigi rusak ini,bikin minder dan tdk PD lg pula umur saya msh muda..
    Trims

  60. assalamualaikum dok

    setahun yg lalu daku mengalami kecelkaan , cukup parah sihh hingga membuat gigi rusak(gempil) di 3 gigi depan.
    pertanyaan saya :
    1. apakah gigi saya bisa disembuhkan dgn ditambal?
    2. manakah tambalan gigi yg baik dan tidak menimbulkan bekas tambalan (warna yg sama dgn gigi asli)
    3. apakah benar tambalan dgn tknik laser paling ampuh buat nanganin masalah tambal gigi?

    thx dok sebelumnya , saya udh sgt malu dgn gigi rusak sy ini..bikin gag PD dan minderan :(

    • Wa`alaikumussalaam warohmatulloh,
      turut prihatin atas kecelakaan yang telah Fais alami.
      1. apakah gigi saya bisa disembuhkan dgn ditambal?
      Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan apakah bisa langsung ditambal atau tidak. Jika gigi Faiz hanya mengalami trauma yang simple, akan bisa langsung ditambal. Kemungkinan lain adalah rawat saluran akar sebelum penambalan langsung. Apabila tambalan langsung tidak bisa dilakukan, maka drg akan memberikan rencana perawatan lain. Semuanya akan bertujuan untuk mengembalikan gigi Faiz secara fungsional dan estetis.
      2. manakah tambalan gigi yg baik dan tidak menimbulkan bekas tambalan (warna yg sama dgn gigi asli)
      Yaitu tambalan sewarna gigi. Untuk bahasan ringan silahkan dibaca : http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_restoration. Jenis ini pada kenyataannya keberhasilannya terutama tergantung dari skill drg, dan gaya hidup pasien. (pasien hendaknyatidak merokok dll). Cailah drg spesialis dalam hal ini dan kemukakan keinginan Faiz untuk mendapatkan tambalan yg sempurna pd drg yang bersangkutan. Jika drg tsb tidak sanggup,mintalah rekomendasi ke drg lain.
      3. apakah benar tambalan dgn tknik laser paling ampuh buat nanganin masalah tambal gigi?
      Untuk sementara ,Iya. Karena dunia bahan kedokteran gigi termasuk ilmu yang cepat perkembangannya. Namun solusi tambal gigi (maaf, lebih tepat konsernasi gigi) TIDAK selamanya teknik laser adalah jawabannya. Ada beberapa perawatan yang tentunya disesuaikan dengan kasus, disamping setiap bahan tambal ada kekurangan dan kelebihannya. Karena meskipun menggunakan teknik laser, tapi bila tidak sesuai kasus, maka dipastikan akan mengalami kegagalan perawatan.
      Demikian, semoga bisa dipahami. Semoga Faiz mendapatkan drg dan perawatan yang baik dan semestinya.

      terima kasih

  61. askum, dok. . .
    3 hr lalu sy jatuh dr mtor, 2 gigi dpan ataz sy patah 1/2 smpek klhatan sarafnya gto. . .
    Stelah k puskesmas sya d sarankan k dokter gi2 u/ melakukan penamblan pke laser…
    Setelah itu saya ke rmh skit
    stelah pemeriksaan drg nya nyaranin pasang selubung gi2. . .tp mahal bgt harganya. . .
    Apa ada solusi lain dok,misalnya penambalan pkek laser td dg biaya yg agak murah?
    Mkasih dok

    • turut prihatin kejadian yg baru saja Wawan alami.
      jika drg rumah sakit menyarankan pasang selubung gigi,karena dikhawatirkan jika hanya ditambal biasa dengan laser,akan terjadi kegagalan atau ketidakberhasilan perawatan. Perawatan memang cukup mahal dan memerlukan beberapa kali kunjungan.
      Mintalah second opinion ke drg lain. Bila tidak ada pilihan lain untuk perwatan gigi wawan,maka memang itulah jawabannya. Kemukakan keinginan wawan tentang harga pd drg, Jangan malu/sungkan .karena ini biasa terjadi di meja drg.
      Jika di kota wawan ada RSGM (rumah sakit gigi dan mulut ) pendidikan,biasanya harga di sana lebih murah.
      terima kasih.

  62. Mau tanya nih.
    1. Berapa lama tambalan sementara bisa bertahan? Sebab masih belum punya uang untuk kunjungan ke dokter gigi tahap 2 dan seterusnya.
    2. Apakah memungkinkan menambal gigi sendiri untuk sementara, yang bertujuan mencegah meluasnya lubang pada gigi? Kalau bisa, apa nama bahan tambalnya? di mana bisa dibeli?

    • Penambalan sementar TIDAK hanya bertujuan menutup gigi yang berlubang,disamping ada PROSEDUR penting yang harus dipenuhi untuk keberhasilan tujuan tertentu dilakukannya penambalan sementara.
      misalnya lubang tuidak bersih/steril, kemudian ditutup dengan tambalan sementara,maka itu identik dengan menyembunyikan”sampah”,yg nantinya bisa membusuk dan menimbulkan hal yg lebih parah.
      Pertimbangkan juga untuk biaya membeli alat untuk menambal sementara dan bahan yang tentunya bahan tersebut tidak boleh dibeli hanya untuk menambal 1 lubang gigi,misanya harus beli sebotol.
      Jelas tidak memungkinkan untuk melakukan tambal sementara sendiri,terlebih jika didukung letak gigi dengan posisi yg sulit .
      jika anda mngalami hambatan dana, kemukakan hal itu pd drg,sehingga drg akan memberikan advise dan kebijaksanaan untuk masalah gigi aerie.
      semoga bisa dipahami.terima kasih

  63. assalamualaykum
    begini dok gigi geraham saya telah ditambal sekitar 6 bulan yang lalu,yg mau saya tanyakan kenapa ya terkadang muncul seperti bau obat dari gigi yang ditambal tersebut saat digunakan untuk makan makanan atau minuman yg dingin?
    terima kasih dok

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh
      Tambalan sementara atau sudah permanen Rara? Jika tambal permanen, apa jenisnya?
      Sebaiknya Rara pergi ke drg, agar bisa ditemukan penyebabnya. Kemungkinan bocor atau tambalan tidak sempurna,atau mungkin sebab yg lain.

  64. halo…mau tanya apa sih sebenarnya finishing & polishing ??
    mksh

    • halo jg..
      finishing dan polishing apa nih? untuk gigi atau umum atau apa?
      biar lebih paham, coba browsing sendiri yah, biar pas ma yg dicari.
      saya sudah coba ,banyak result-nya. ada bukunya jg.
      ok, met berburu ya..
      maaf tidak bisa mebantu. terima kasih

  65. dok, saya mau nanya, gigi geraham (ketiga dri blakang) saya telah mulai berlubang beberapa bulan yang lalu, skrg lubangnya sudah 1/4 bagian gigi geraham saya atau kira-kira sebesar biji kacang ijo, td mlm saya merasakan nyeri yng hebat dan saya mendapati bsahwa gigi geraham saya tersebut agak goyang (tidak sprti gigi lain yang kokoh) saya merencanakan untuk pergi k drg. Menurut dokter apakah saya harus saya lakukan, menambal atau mencabut gigi geraham ini??

    • selamat pagi.
      Berapa usia Anda?
      sebaiknya segera ke drg. gigi Anda telah mengalami infeksi sampai ke syaraf gigi.Untuk gigi goyang, dokter akan memeriksa dan mencari penyebab. Kemungkinan ada periodontitis atau gangguan kesehatan umum atau mungkin yg lain. Jika berhubngan dengan gangguan kesehatan umum, drg akan merujuk ke dokter umum/spesialis dan atau tanpa tindakan gigi (tindakan gigi bilamana diperlukan).
      untuk gigi berlubang, drg akan menentukan apakah gigi tersebut bisa dipertahankan(ditambal/perawatan lain) atau dicabut.
      semoga cpt sembuh. tertima kasih

  66. Assalamualaikum
    mau tanya dok, tadi pagi saya ke drg, dan dokter menyarankan untuk menambal sementara gigi saya, karena masih hidup giginya, setelah siang hari saya mencoba untuk makan makanan lembut memakai gigi yang di tambal sementara, tp setelah makan koq rasanya gigi saya seperti ngilu2 tetapi engga sakit, dan rasa ngilu tersebut hanya sebentar rasanya, cuman 1 detikan, tapi berkali kali, apakah ini bahaya ? atau mungkin saya harus langsung ke drg untuk memperbaiki tambalan sementaranya ?

    saya hanya diberi obat untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi obatnya sepertinya tidak manjur. terima kasih

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      Ya, sebaiknya kembali ke drg.
      maaf, lama replay.karena saya sedang flu :(

  67. met sore dok,

    saya mw tanya dok, gigi saya keropos dari dalam tepatnta di gigi geraham atas. uda cukup lama sih dok, nah berhubung saya pikir ga ada masalah dg gigi saya, yah saya blm periksa ge dokter gigi, entah knapa akhir akhir ini gigi saya ngilu, dan akhirnya saya periksakan ke drg di puskesmas.
    drg tsb bilang klo dia tidak pnya tambalan gigi untuk gigi dpan, tapi akhirnya gigi saya diperiksa juga.
    kata beliau gigi saya banyak yg bolong,,,akhirnyas si drg tsb membersihkan gigi saya,,dan berakhir dg pengebolan dan penambalan sementara,,,

    keesokan harinya saya keRS untuk periksa lg,,,dan sama seperti sbelumnya…gigi saya pun dibersihkan dan dibor lg, yang menyebabkan lubang bertambah bsar. dan sialnya dokter tsb tidak memberikan tambalan komposit kepada sya. katanya sih saya harus memasang jacket pd gigi saya. karena terhalang biaya yg cukup mahal (maklum anak kozzt,,,heeheee) saya pun berniat untuk fikir2 dahulu, alhasil dokter tsb memakaikan tambalan smentara pd gigi saya…

    yg ingin saya tanyakan :
    1. apakah gigi geraham depan saya yang kropos dan sekarang telah membentuk lubang akibat bor itu (bolong di 2 geraham saya dok, karena letaknya berdekatan,,,sehingga gigi tetanga pun terkena)tidak bisa di tambal dengan resin composite saja dok??

    2. apakah menurut dokter saya harus menggunakan jacket gigi??(dokter tsb smpat menyebutkan jenissnya yaitu akrilik dan porselen)

    mohon bantuannyadok

    trims

    • selamat sore,
      Membersihkan gigi TIDAK dilakukan dengan pengeboran dan penambalan sementara. Membersihkan gigi dalam dunia kedokterran gigi dikenal dengan scaling (silahkan baca: http://www.dentalfearcentral.org/dental_cleanings.html )
      Yang dlakukan drg Puskesmas, sudah termasuk dalam salah satu prosedur penambalan gigi. Seharusnya segala sesuatu tindakan gigi baiknya diketahui dan dipahamkan pd pasien terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi pemahaman yg salah dan kerancuan seperti ini.
      1. “pembersihan ” gigi yg dilakukan drg tesebut, untuk menegakkan diagnosis dan menghilangkan karies. Karies gigi Angelina sulit dan keras, sehingga drg tersebut menggunakan bor untuk menghilangkan. Bukan untuk membuat lubang dengan sengaja. namun jika Angeline ragu tentang hal ini, silahkan membuat foto rongsen gigi.
      Perawatan untuk mempertahankan gigi memang tidak seluruhnya berupa tindakan menambal. Semua ada indikasi persyaratannya. Jika drg menyarankan perawatan lain ,karena khawatir jika dg tambal resin komposit saja, akan gagal.
      2. Jika drg yg memeriksa gigi angelina menyarankan untuk menggunakan jacket gigi,maka sebaiknya dilakukan. Jika angelina masih ragu akan saran drg , silahkan second opinion ke drg lain.
      Untuk lebih jalsnya silahkan dibaca:
      - dental restoration ,khususnya bagian ceramic (http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_restoration)
      - http://www.budapestdental.hu/en/Aesthetics_Dentistry_Aesthetic_crowns_Full_porcelain_Jacket_crown.html
      Jangan lupa diskusikan segalanya dengan drg, termasuk harga dan pembayaran. Kepahaman pasien berperan penting dalam keberhasilan perawatan.
      Demikian, semoga bisa dipahami. Terima kasih

  68. wah .. maksih ya atas saranya … makasih banget

  69. Assalamu`alaikum.
    Malam ini saya ke dokter gigi karena gigi geraham atas saya hitam dan berlubang. Ketika makan makanan manis akan terasa ngilu. Kemudian drg memeriksa gigi saya dan membersihkan lubangnya dan ditambal dengan tambalan sementara. Lalu seminggu kemudian sy wajib kontrol lagi. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Tambaln gigi saya bewarna putih2 merah jambu, termasuk dari jenis apa ya tambalannya?
    2. Rasanya seperti tembakau2 dan tidak boleh makan minum setelah 2 jam kemudian, apakah benar nasihat itu?
    3. Apa saja makanan yang tidak boleh dimakan selama memakai tambalan sementara?
    4. Saya ingin membersihkan karang gigi saya, apakah sebelum menambal permanen saya boleh melakukan hal itu (maksudnya bolehkan menambal sementara minggu lalu diteruskan membersihkan karang gigi lalu menambal permanen?)
    5. Gigi2 saya kebanyak bewarna titik hitam di sela2 dalam geraham, apakah bisa dibersihkan ataukah harus ditambal mengingat sepertinya tidak bolong.
    Terima kasih atas jawabannya. Maaf merepotkan dgn pertanyaannya yg banyak.
    Wassalamu1alaikum.

    • wa`alaikumussalam warohmatulloh.
      1. Insya Allah itu tambalan sementara.
      2. Ya, benar. Sensasi rasa sepert cengkeh, biasa akan hilang 1 – 2 hari. Setelah 2 jam, gunakan sisi seelah (yg idak sedang dirawat),untuk mengunyah makanan.
      3. Apa saja boleh (tentu batasan makan minum normal-misal bukan alkohol, karena saat tak sedang dlakukan perwatan pun, itu tak boleh), tiddak dalam batasan yg “TERLALU”, misal terlalu masam, lengket. Untuk mengunyah makanan yg keras , gunakan gigi sisi yg lain yg sedang tidak dirawat.
      4. Untuk kasus gigi May, Sebaiknya jangan melakukan scaling/membersihkan gigi terlebih dahulu. Skala prioritas perwatan gigi May saat ini adalah tambal gigi. Apalagi kasus May disertai sensitif gigi. Terkadang setelah scaling, akan timbul rasa sedikit ngilu (biasa untuk kasus yg disertai gangguan jaringan pendukung gigi). Dikhawatirkan itu akan mengacaukan penilaian keberhasilan tambalan sementara nanti.
      5. Untuk menentukan perlu tidaknya dirawat, May perlu meminta drg untuk memeriksanya. karena terkadang ada titik hitam kecil,namun tebal dan dalam.
      Terima kasih

      • Assalamu`alaikum.
        Terima kasih atas jawabannya dokter, bolehkah saya bertanya lagi setelah 1 hari berlalu tambalan sementara(TS) saya. Maaf jika merepotkan.
        1. Setelah sehari, gigi TS saya masih terasa ngilu, tapi hanya sebentar dan tidak lama, ngilunya pun sangat SEDIKIT sekali (lebih rendah berkali lipat sebelum ditambal). Sebenarnya kalau saya tidak serius memperhatikan, mungkin tidak begitu berasa. Apakah TS saya gagal?
        2. Biasanya apa yg dilakukan drg jika itu terjadi? belum bisa langsung tambal permanen ya?
        3. Untuk makanan yg agak keras, saya menggunakan gigi sisi lain (sesuai saran dokter), tapi gigi geraham sisi yang lain saya juga malah berasa ngilu, tapi ngilunya tidak sehebat gigi saya yg akan ditambal. Apakah itu indikasi bolong juga (seperti kondisi gigi yang saya tulis no 5 dipertanyaan sebelumnya)
        4.Apakah penambalan bisa dilakukan sekaligus untuk 3 gigi geraham berlainan pada waktu yg bersamaan (maksud saya untuk menghemat waktu juga)?
        5. Wah berarti saya belum bisa scaling untuk sementara wkt ini ya? berapa lama setelah tambalan permanen saya bisa scaling (soalnya gigi saya sepertinya sudah kotor sekali). Apakah titik2 hitam di geraham saya bisa hilang dgn scaling?
        Terima kasih banyak atas jawabannya.
        info dr dokter sgt membantu saya dan semoga bs menambah wawasan buat yang lain juga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: