Menjelang persalinan (3)

April 12, 2008 pukul 4:14 am | Ditulis dalam Persalinan | 1 Komentar

Dimulainya kontraksi

Awal-awal perut akan terasa mengembang dan sakit. Kontraksi adalah rasa sakit yang diakibat oleh rahim yang berkontraksi (menekan). Bila bayi telah bersiap untuk lahir, rahim akan berkontraksi secara periodik dan berulang-ulang untuk mendorong keluar sang bayi. Awalnya perut serasa menggembung dan ada rasa sakit seperti menstruasi yang ringan dan periodenya tidak menentu. Ini disebut “Kontraksi premonitori”, yang merupakan gejala awal kontraksi yang sesungguhnya. Setelah itu perlahan-lahan akan muncul rasa sakit yang sangat jelas dan menekan, interval antara rasa sakit yang satu dan berikutnya menjadi teratur 30 menit sekali, kemudian 20 menit sekali dan semakin lama semakin pendek. Bila kontraksi terjadi secara teratur, proses kelahiran akan segera dimulai. Biasanya secara bersamaan mulut rahim akan membuka menjadi lunak dan sedikit demi sedikit mulai membuka. Walaupun pada kontraksi premonitori anda mungkin tidak menyadarinya, namun pada kontraksi yang sesungguhnya, siapapun akan sadar dan merasakannya.

Rasa sakit yang ada saat kontraksi

è è

  • Perut terasa sakit

Perut bawah terasa sakit seperti sakit menstruasi, sakit -> hilang -> sakit -> hilang terus berulang-ulang. Merupakan rasa sakit akibat kontraksi rahim. Rasa sakit perlahan-lahan bertambah kuat.

  • Pinggang dan pangkal paha terasa sakit

Tertekannya tulang pinggul mempengaruhi tubuh daerah bawah. Bayi mulai semakin turun dan menekan daerah tulang pinggul dan saraf sehingga pinggang dan pangkal paha akan terasa sakit.

  • Vagina terasa sakit

Bayi telah turun, dan sebentar lagi kepala bayi mulai terlihat. Rasa sakit di sekitar vagina luar dan ada rasa seperti mau buang air besar (BAB) yang keras dan berukuran besar.

BIla kontraksi telah teratur, proses persalinan akan dimulai. Bila frekuensinya masih 20-30 menit, tidak perlu tergesa-gesa. Telepon ke rumah sakit kemudian jelaskan kondisinya. Tenangkan diri dan anda bisa mengambil waktu sebentar untuk mandi/shower, makan dan periksa barang2 yang akan dibawa ke rumah sakit. Biasanya beberapa jam pertama frekuensi kontraksi panjang dan maju perlahan, namun berbeda pada setiap orang. Terkadang bisa juga tiba-tiba frekuensinya menjadi 10 menit atau 5 menit sekali, karena itu perhatikan. Umumnya pada kehamilan pertama bila frekuensinya telah 10 menit, segera ke rumah sakit, untuk kehamilan berikutnya biasanya proses berjalan lebih cepat, sehingga bila frekuensinya telah 15 menit, segera ke rumah sakit. Hitunglah waktu (dengan melihat jam) untuk melihat frekuensi kontraksi.

Kapan waktu ke rumah sakit?

Bila anda menghitung frekuensi kontraksi dan terjadi 6 kali dalam 1 jam (10 menit sekali) dan sekali kontraksi berlangsung kira-kira 30 detik, berarti kontraksi yang sesungguhnya telah dimulai. Inilah timing untuk pergi ke rumah sakit.

ibudanbayi.grc.jp

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. duh klo gw tiap pagi selalu kontraksi. dan pasti gw lsg ke toilet supaya gk kontraksi lg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: