Persalinan

April 12, 2008 pukul 4:34 am | Ditulis dalam Persalinan | 1 Komentar

Bila mulut rahim akan membuka total, dokter atau bidan akan menyuruh anda pindah ke ruang persalinan. Bila interval kontraksi menjadi 2 menit sekali, mulut rahim membuka 9-10 cm (total), inilah klimaks persalinan. Dari 9 cm ke 10 cm mulut rahim akan membuka perlahan. Bayi bergerak turun dengan cepat dan rasa mengejan semakin kuat. Ikuti petunjuk dokter atau bidan untuk mengejan. Bayi akan keluar sambil memutar tubuhnya sesuai dengan saluran rahim. Air ketuban yang keluar juga akan membantu bayi keluar dengan lancar.

Kondisi bayi saat keluar dari rahim

è  è  è 

Gambar 1                             Gambar 2                       Gambar 3                      Gambar 4

Gambar 1: Mula-mula bayi menghadap ke samping, dagu dan tangan masih ditarik ke dalam, dan bayi masuk ke tulang pinggul ibu.

Gambar 2: Dengan menyesuaikan dengan bentuk tulang pinggul ibum bayi memutar tubuhnya menghadap ke arah punggung ibu.

Gambar 3: Bayi akan segera keluar dari vagina ibu, dan dengan menyesuaikan diri dengan sudut saluran lahir, bayi akan mengangkat dagunya dan mendorong tubuhnya.

Gambar 4: Sembari kepala bayi keluar, bayi akan memutar tubuhnya ke samping dan satu per satu bahunya keluar dan setelah ini seluruh tubuhnya terdorong keluar.

Bila kepala bayi telah terlihat, ibu akan diminta untuk berhenti mengejan. Bayi akan memutar tubuhnya dan mengeluarkan kedua bahunya dan dengan alami seluruh tubuhnya akan terdorong keluar, maka ikuti petunjuk dokter atau bidan. Tali pusar atau ari-ari bayi akan digunting. Sesaat setelah bayi kelua akan ada kontraksi susulan, dan pada kontraksi ini, dinding rahim dll yang tidak berguna akan keluar dari rahim. Kontraksi susulan ini tidak sesakit kontraksi persalinan. Akan selesai dalam waktu kira-kira 5-20 menit.

Setelah Persalinan

Tindakan terhadap Ibu

Tindakan terhadap Bayi

Dinding rahim ibu dll akan keluar dari rahim dalam jumlah banyak. Akan dilakukan pemeriksaan apakah tidak adalagi yang tersisa di dalam. Air ketuban dalam saluran pernapasan bayi akan dihisap keluar.
Penjahitan kembali bagian vagina ibu yang digunting saat bayi akan keluar, dilakukan dengan bius lokal. Dilakukan pemeriksaan kondisi luka bagian tersebut dan saluran lahir dan dilakukan sterilisasi untuk mencegah infeksi. Bayi akan dibersihkan/dilap.
Setelah diukur denyut nadi dan tekanan darah ibu, untuk mencegah pendarahan dalam jumlah besar, ibu beristirahat 2 jam di ruang persalinan selama 2 jam. Setelah tidak ada masalah baru dipindahkan ke kamar. Diukur panjang tubuh, berat, denyut jantung, warna kulit dll.

ibudanbayi.grc.jp

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Alhamdulillah. Bagus sekali artikelnya, plus gambar2 lucu. Jadi nggak keliatan serem.
    Kira-kira masih ada nggak ya artikel lain, untuk persalinan dengan posisi kepala bayi di bawah? Dengan gambarnya juga gambar persalinan dengan vacum?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: