Finger Food untuk Bayi

April 16, 2008 pukul 11:13 am | Ditulis dalam Orang Tua dan Buah Hati | Tinggalkan komentar

Apakah Finger food itu?

Finger food merupakan suatu istilah yang digunakan untuk makanan yang dapat dipegang tangan/jari jemari bayi dan memungkinkan untuk dimakan/dimasukkan ke dalam mulut oleh bayi sendiri.

MANFAAT finger food:

Finger food sangat baik untuk bayi, antara lain karena:

– menyenangkan untuk bayi.

– melatih kemandirian/ belajar makan sendiri

– membantu perkembangan dan koordinasi motorik bayi.

– merangsang pertumbuhan gigi

– membantu memperkenalkan berbagai rasa makanan baru untuk bayi.

Kapankah waktu untuk memperkenalkan figer food?

Ketika bayi berusia sekitar 7-9 bulan adalah saat yang memungkinkan untuk diperkenalkan finger food. Saat tersebuit akan memberikaan sinyal kepada Anda dengan mperilaku merebut sendok atau mencomot/mengambil makanan dari piring Anda. Jika pada kisaran usia tersebut bayi belum tumbuh gigi, tak perlu menunggu giginya sampai muncul, karena gusi bayi akan cukup kuat untuk mengunyah makanan.

Bagaimana cara mengenalkan finger food?

Awal pertama , anda dapat meletakkan secara acak (menaburkan) beberapa ( empat atau lima) potong finger food pada meja highchair / pada baki/nampan/ piring anti pecah. Kemudian Anda dapat menambahnya setelah bayi anda memakannya.

Selanjutnya, ajarilah buah hati Anda untuk memakan secara benar untuk memakan finger food. Sebaiknya Anda tidak meninggalkan sendirian buah hati yang sedang menyantap finger food untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan misalnya tersedak . Atau mungkin adakalanya anak tidak mampu menelan makanan tersebut sebingga perlu bantuan Anda untuk mengeluarkannya dari dalam mulut, di samping Anda dapat pula mengontrol seberapa banyak buah hati anda memakan makanannya. Jangan lupa pula untuk mengatur sedemikian rupa jadwal pemberian finger food ini sehingga tidak mengganggu jadwal makan (misal anak jadi kekenyangan), karena biasanya finger food ini diberikan sebagai kudapan /cemilan di antara makan besar.

Makanan apakah yang sebaiknya dijadikan finger food?

1. Bayi yang mempunyai nafsu makan yang baik, tetapi belum gigi atau belum mempunyai banyak gigi , sebaiknya dimulai dengan jenis makanan yang mudah dihancurkan oleh gusi atau makanan yang mudah larut di dalam rongga mulut, secara bertahap dan sesuai dengan pertumbuhannya, berikan makanan sehingga seperti yang dimakan oleh orang dewasa .

2. Jangan lupa bahwa bayi anda juga sedang belajar makan makanan yang meliputi antara lain: tekstur, warna, aroma, rasa. Jadi berikanlah berbagai macam variasi makanan yang sehat , bergizi dan sesuai dengan tingkat pertumbuhan anak.

3. Hindari makanan yang mempunyai resiko tersedak atau sulit untuk ditelan (jawa: keloloten).

4. Hindari makanan yang keras/kasar.

5. Usahakan/sebaiknya home made food (makanannya yg dibuat sendiri).

penulis: rumahku sorgaku.wordpress.com

sumber:

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.