Tips seputar Pembuatan Cake

Mei 4, 2008 pukul 8:23 am | Ditulis dalam Dapur | 7 Komentar

A. CAKE GAGAL / HASIL TIDAK MAKSIMAL

Kegagalan atau hasil yang kurang maksimal terkadang terjadi saat membuat cake. Ada beberapa kemungkinan hal yang terjadi saat cake gagal, antara lain :

1. Bagian tengah turun/kempis:
Terlalu banyak gula atau mentega; terlalu sedikit baking powder; belum matang seluruhnya.

2. Cake kempis:
Sama seperti pada kasus bagian tengah kempis; terlalu banyak udara berlebih; penyebaran udara tidak rata di dalam adonan; juga bisa karena terlalu sedikit tepung.

3. Cake miring:
Rak oven miring; panas oven tidak rata, juga terkadang loyang saling bersentuhan dengan loyang lain atau dinding oven.

4. Adonan cake meluap keluar loyang:
Loyang terlalu kecil D

5. Cake kering:
Terlalu banyak tepung atau terlalu sedikit mentega; bisa juga terlalu lama dipanggang.

6. Tekstur kasar:
Terlalu banyak mentega atau baking powder; pengadukan tidak sempurna; oven kurang panas.

7. Tekstur tidak sama rata:
Pengadukan tidak sempurna.

8. Permukaan cake retak atau tidak sama:
Tepung terlalu banyak atau oven terlalu panas.

9. Permukaan cake lengket atau garing (crust):
Terlalu banyak gula.

10. Warna coklat tidak merata:
Oven terlalu penuh; memakai loyang warna gelap; oven terlalu panas.

ncc.blogsome.com

B. MENGUKUS CAKE

  1. Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.
  2. Lapisi tutup dandang dengan serbet, meskipun dandangnya sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air berlebih.
  3. Ketika loyang dimasukkan ke dandang/kukusan, gunakan api sedang. Api besar ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir dari cake kukus lhooo. Yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetep mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak.
  4. Lapisi loyang dengan kertas roti atau parchment paper.
  5. Khusus untuk bolkus dan muffin, gunakan api besar.
  6. Jika mengukus cake dengan cara berlapis, tiap lapisan cukup dikukus selama 5 s/d 10 menit sebelum memasukkan lapisan berikutnya. Setelah adonan habis, selesaikan dengan mengukusnya selama 15 s/d 20 menit.
  7. Sedangkan jika seluruh adonan dikukus sekaligus, 40 menit adalah waktu yang cukup untuk mengukusnya.
  8. Brokus yang udah matang, sebaiknya lsg dikeluarkan dari kukusan, diamkan sebentar, lalu segera dikeluarkan dari loyang… kalo kelamaan dikukusan, meskipun di kukusan udah dibuka tutupnya, bagian bawah akan basah ga karuan… ( ( stl dikeluarkan dari loyang, diamkan juga dalam keadaan terbalik.. jadi bagian bawahnya biar agak adem dulu, baru deh dibalik lage.. tapiiii… kertas roti jgn dilepas dulu sebelum benar2 dingin.. terutama kertas roti yang nempel di pinggir kue.. biar ga jadi rusak kuenya yaaa…
  9. Kalo menyimpan, cake/kue kukus bisa disimpan di kulkas.. dan jika ingin menyantapnya, cukup dikukus lagi selama 5 – 10 menit.
  10. Kalau mau membuat kue kukus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan.. penambahan dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan.. jika merasa tidak nyaman karena panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan…

Cake bolu kukus bagian bawah tidak masak/tidak mateng bisa terjadi karena :

1. Api kompor kudu besar (kalo brokus mah pake api sedang).
2. Jangan sekali-kali membuka tutup dandang setelah loyang masuk.
3. Taati waktu yang dibutuhkan untuk mengukus bolkus, biasanya antara 30 – 40 menit (tergantung petunjuk resep)
4. Dandang kudu cukup panas & uap, caranya pada saat mo ngocok adonan, dandang langsung ditongkrongin di kompor yg udah dinyalain.

ncc.blogsome.com

C. MEMBUAT VLA/ CUSTART YANG ENAK

  1. pake freshmilk yang FC. Kalo gaada bisa pake susu bubuk FC, bikin takaran mengikuti petunjuk di kartonnya, jangan lebih encer.
  2. tambahkan butter (2 sdm per 500 ml susu) setelah custard matang & api dimatikan. Rasanya jadi enaakkk… banged, trus butter ini juga menghasilkan efek mengkilap pada custard, dan teksturnya juga jadi smooth.
  3. aroma, umumnya pake rhum. untuk menjaga halalitasnya aku ganti pake vanilla essence/extract. Jangan pake bubuk vanilla ya, rasa & aromanya jauh beda.
  4. untuk rasa susu yang lebih nendang, ganti 40% takaran freshmilk dengan evaporated milk.

ncc.blogsome.com

D. CHIFFON CAKE

  • Putih telur dikocok biasa + CTT dan gula : cara aku : kocoknya jangan sampai terlalu kaku, nanti kuenya kempes. Jadi asal udah kaku, cukup.
  • Mengaduk kuning telur, santan, minyak goreng : yang harus diaduk duluan : 3/4 bagian terigu + santan + minyak, terakhir kuning telur.
    Kalau kuning telurnya duluan, maka hasilnya pringkilan alias susah halusnya.
    Terigu cuma aku masukkan 3/4 nya karena kalau dimasukkan semua adonan jadi keras, susah menghaluskan nya.
  • Sisa terigu dicampur belakangan bersama putih telur kocok.

ncc.blogsome.com

E. KONVERSI UKURAN

Konversi ukuran berat

Menurut Bahan (Sumber: majalah Santap)

Terigu 1 sdm = 10 g, 1 cup = 140 g
Gula pasir 1 sdm = 20 g, 1 cup = 225 g
Gula merah (padatkan) 1 sdm = 15 g, 1 cup = 200 g
Brown sugar (padatkan) 1 sdm = 10 g, 1 cup = 170 g
Gula bubuk 1 sdm = 10 g, 1 cup = 110 g
Mentega 1 sdm = 15 g, 1 cup = 225 g
Margarin 1 sdm = 15 g, 1 cup = 225 g
Coklat bubuk 1 sdm = 5 g, 1 cup = 80 g

American Standard (Sumber: botanical.com)
1 oz = 28 grams
1 pound = 1 lb = 454 grams

Konversi ukuran volume & temperatur
(Sumber: marycontrary.tripod.com/food)

American Standard
1 Fluid ounce (fl oz) = 29.5 ml
1 Pint = 16 fl oz = 473 ml
1 Quart = 2 pints = 946 ml
1 Cup = 8 fl oz = 236 ml
1 sdm = 3 sdt = 15 ml
1 sdt = 5 ml

British Standard
1 Fluid ounce = 28.4 ml
1 Gill = 5 fluid ounces = 142 ml
1 Pint = 20 fl oz = 568 ml
1 Cup = 8 fl oz = 227 ml
1 sdm = 3 sdt = 18 ml
1 Dessertspoon = 2 teaspoons (lebih kurang) = 10-12 ml (lebih kurang)
1 sdt = 6ml

Suhu Oven
275 F = 140 C = 1 = Sangat rendah
300 F = 150 C = 2 = Rendah
325 F = 170 C = 3 = Agak rendah
350 F = 180 C = 4 = Sedang
375 F = 190 C = 5 = Agak tinggi
400 F = 200 C = 6 = Tinggi
425 F = 220 C = 7 = Tinggi
450 F = 230 C = 8 = Sangat tinggi
475 F = 240 C = 9 = Sangat tinggi

ncc.blogsome.com

F. SPONGE CAKE

Resep dasar sponge cake asli, tanpa mentega leleh. Hasil jadinya adalah cake yang kering dan bikin haus setelah memakannya. Dikemudian hari sponge cake dimodifikasi dengan menambahkan mentega leleh, sehingga hasil akhirnya cake lebih lembab. Kesimpulannya sponge cake beremah adalah normal.

Sponge beremah ada 2 sebab :
– kurang mentega leleh
– kebanyakan emulsifier.

Cake yang tidak beremah dan relative lembab adalah jenis cake banyak telur, seperti lapis Surabaya dan lapis legit, karena penggunaan mentega dan kuning telur yang banyak. Cake jenis ini berpori halus, shg klo di kasih siraman-pun sulit meresap. Sangat berbeda dengan sponge cake.

Mengocok telur dan gula sampai kental adalah keharusan untuk menghasilkan sponge cake yang sempurna. Akan tetapi bila menggunakan emulsifier, over mixed malah akn membuat adonan semakin encer dan cake bantat. Sebaiknya kocok telur dan gula hingga setengah naik, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental, lalu hentikan proses pengocokan. Bila anda masih menggunakan mixer kecil sejenis Philips atau lainnya, untuk resep 8 telur, anda perlu wkt lk. 30 menit untuk mendapatkan adonan kental.

ncc.blogsome.com

7 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Artikel yang sangat bermanfaat.
    Terima kasih

  2. bagaimana cara memberi toping kismis agar tidak tenggelam makasih

    • waduh, mba….maaf banget. saya bukan ahli buat roti😦
      saya posting ttg ini, juga karena langganan gagal bikin cake.biar ga ilang tips nya,makanya saya simpen di blog.
      maaf, ya, ngga bisa membantu.

  3. mantep mbak tipsnya.. barusan bikin cake coklat eh bantet *sial*, langsung googling eh mampirnya kesini,, ternyata tadi mixer telur sama gulanya kurang lama,,cuma 10 menit hehe..
    makasih ya mbak ^^

  4. itu dah di coba smua ya mbak, emang lain cara lain hasil.Aku klo bt bolu marmer dkk selalu berhasil biarpun pake kocokan manual, tapi kmrn coba blackforest gatot bener tu mba. makana q jadi penasaran e nemu tips ini, q coba ya mba siapa tau berhasil.. thanks bt tips nya

    • ya..ya.selamat mencoba.
      saya juga posting ni, gara2 ahli gagal kalau bikin roti. kalau mba ada waktu, masih banyak sumber tips lain di internet. Banyak nemu,tp ngga bs posting.
      ok, semoga berhasil dan sukses ya rotinya.

  5. Hello my friend! I want to say that this article is amazing,
    nice written and come with almost all important infos.
    I would like to peer extra posts like this .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: