Jika Anak biasa Makan sambil Nonton atau Jalan-jalan

Mei 13, 2008 pukul 8:21 am | Ditulis dalam Orang Tua dan Buah Hati | Tinggalkan komentar
Tag:

Perilaku sulit makan si prasekolah, oleh sebagian orang tua diakali dengan mengajaknya makan sambil jalan-jalan atau nonton acara televisi kesukaan anak. Diharapkan perhatian si prasekolah bisa teralihkan sehingga masalah sulit makannya dapat teratasi.

Padahal makan sambil jalan-jalan sebaiknya dihindari karena anak usia prasekolah justru sedang senang-senangnya beraktivitas, seperti berlari ke sana kemari, melompat dan meloncat, serta aktivitas “berat” lainnya. Bila si prasekolah dibiasakan makan sambil melakukan berbagai aktivitas tadi, mungkin saja apa yang sudah ditelannya keluar lagi. Hal ini tentu menambah pengalaman tidak enak mengenai makan. Selain itu, makanan yang dibawa berjalan-jalan berisiko tercemari debu sehingga amat berpotensi menularkan penyakit.

Sama halnya dengan makan sambil nonton teve. Wajar memang bila orang tua berharap perhatian si prasekolah dapat teralihkan dari makanan ke tayangan televisi, sehingga anak mau duduk diam dan tidak bosan menjalani kewajiban makannya. Padahal bukan mustahil saking asyiknya ia menikmati tayangan teve, makanan yang sudah ada di mulutnya malah diemut terus. Akibatnya, waktu makan berlangsung lebih lama, sehingga makanan yang ada di piringnya mengembang dan rasanya berubah jadi hambar.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua, di antaranya:

* Ingat, makan adalah proses pembelajaran. Untuk itu, biasakan anak untuk duduk tertib di kursi makan mengelilingi meja makan. Dengan membiasakannya demikian sejak kecil, dalam diri anak akan terbentuk pola bahwa makan dan minum itu haruslah dilakukan sambil duduk di kursi makan.

* Ajaklah anak untuk makan bersama keluarga di meja makan. Kalaupun ayah dan ibu sama-sama sibuk, tetap agendakan 1 di antara 3 kali waktu makan agar bisa makan bersama. Manfaatnya anak dapat sekaligus belajar tata tertib di meja makan. Kalaupun jam makannya tidak cocok, tetaplah jadwalkan waktu tersebut untuk makan kue atau makanan ringan lainnya. Yang penting, tetap dapat makan bersama.

* Jika anak sudah telanjur terbiasa makan sambil jalan-jalan atau nonton teve, tugas orang tua tentu semakin berat untuk mengubah kebiasaan tersebut. Tanamkan kebiasaan makan yang baik secara perlahan dan bertahap.

* Untuk mereka yang terbiasa makan sambil jalan, alihkan perhatian anak dengan mengajaknya makan di kursi makan khusus. Usahakan bentuk atau warna kursi itu menarik minat anak untuk duduk di atasnya. Kemudian secara berangsur-angsur dekatkan kursinya ke meja makan agar anak terkondisi makan di situ.
spunge.org

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: