Jangan salah beli kimono

Agustus 1, 2008 pukul 5:38 am | Ditulis dalam Jepang dalam suatu episode, Ragam | 4 Komentar
Tag:

Hmm, ternyata kimono macem-macem yah..Dulu tahunya kimono ya..kayak gitu tuuhh..yang itu..

semua saya kira kimono yang bau-bau model kimono. ternyata…hehehe..

Wah, bahaya tuh kalau salah beli. apalagi salah pakainya. Tapi masih mending salah pakai. Lha kalau ngga bisa dipakai..

Harganya?hm, sungguh menggelegarkan. Ada yang sampai 30 juta rupiah.

Akhirnya..saya ingat deh..prinsip berbusana seorang muslimah. Kalau mau pakai kimono, ngga usah pke ikat pinggang nya, obi nya gitu loh..

pokoke harus sedemikian rupa sehingga tidak menyalahi aturan berbusana seorang muslimah. Oke?

Kimono merpakan baju trdisional Jepang yang dipakai baik laki-laki ataupun wanita. Memakai baju kimono disesuaikan menurut musim, umur dan suasana. Namun dibeberapa daerah Jepang (misal di Okinawa), kimono biasa digunakan sehari hari oleh wanita lanjut usia.

Macam -macam komono:

1. TOMESODE

Kimono ini dipakai oleh wanita yang sudah menikah atau wanita lanjut usia. Berlengan pendek dengan warna “kalem”/tidak mencolok. Biasa dipakai untuk suasana/acara formal dan upacara tertentu, misal pernikahan.


2. Furisode.

Furisode dipakai oleh wanita muda atau gadis (wanita yang belum menikah). Kimono ini sangat bervariasi dalam hal panjang dan lebar lengannya. Kebanyakan furisode mempunyai panjang lengan berukuran sedang.Motif sulaman yang sangat indah, cerah dan berwarna warni . biasa dipakai untuk acara pernikahan , upacara Seijin-shiki (coming of age ceremonies). dan wisuda.,


3. MOFUKU

Mofuku untuk acara duka misalmnya kematian.tak bermotif dengan warna hitam atau gelap.. Mofuku dengan warna hijau gelap (iro-mofuku) digunakan untuk peringatan beberapa waktu setelah kematian.



4. YUKATA

Merupakan kimono informal di musim panas. Biasa untuk acara festival atau perayaan kembang api. Kimono jenis ini sangat bervariasi dalam hal panjang, lebar, warna, corak dan desain.

Motif Baju-baju jepang


Keberadaan musim mempengaruhi bahan dan tema motif baju di Jepang. Antara llain:

1. musim semi: warna cerah/cemerlang dengan motif bunga musim semi

2. Musim gugur: fenomena musim gugur diambil sebagai tema motif ,misalnya daun momiji yang kemerahan.

3. Musim dingin: termasuk liburan akhir tahun, biasanya menampilkan motif bambu, cemara, bunga plum.

4. Musim panas: lebih cenderung menonjolkan kenyamanan dari pada motif . Motif lebih bebas dengan bahan dari kapas.


BAGIAN=BAGIAN KIMONO


kimono pattern

Sodetsuke – kimono armhole
Miyatsukuchi – opening under the sleeve
Furi – sleeve below the armhole
Ushiromigoro – back main section
Fuki – hem gaurd
Yuki – sleeve length

Sode-guchi – sleeve opening
Sode – sleeve
Tamoto – sleeve pouch
Eri – collar
Doura – upper lining
Okumi – front inside panel
Maemigoro – front main panel
Susomawashi – lower lining
Tomoeri – over collar
Uraeri – kerah baju dalam

http://www.rumahkusorgaku.wordpress.com

http://www.japanesekimono

http://blog.realestate-tokyo

More..

Japanese Kimono Robe & Cotton Yukata

Robes

Kimono Robe – Yukata Robes
There are only a few types of japanese kimono robes and cotton yukata robes that are worn as actual robes or sleepwear in Japan; the gauze lined cotton kimono robe, the flannel kimono robe and the cotton yukata robe.

Gauze Lined Cotton Yukata – Kimono Robe
The gauze lined kimono robe or yukata is called nemaki meaning sleepwear in Japanese. The nemaki is the actual true “pajama” sleeping robe.

The cotton kimono robe or also called lined cotton yukata is lined with a thin cotton gauze material making it a perfect for use as house robe, bath robe and as a pajama. The 100% cotton and the thin gauze lining becomes very soft after just one wash making it a soft and cozy pajama. The nemaki is our favorite house robe and bath robe. Gauze lined kimono usually have a navy or white background with assorted designs. The nemaki robe can be distinguished from other cotton yukata from the shape of the sleeve. The sleeves of the robe are perfectly straight.

Cotton Yukata Robe
The lightweight cotton yukata is also traditionally used in Japan as a lounge robe, bath robe and sleeping robe. The yukata robes are traditionally white or navy with a very plain geometric pattern whereas the cotton yukata worn in public as clothing have fancier patterns and designs. The yukata clothing can be worn as a robe in Japan, however the yukata robe should never be worn as clothing in public for it would be like wearing your pajamas in public.

kimonoFlannel Kimono Robes
The flannel kimono robe is traditional robe for winter. The cotton flannel kimono fabric is extremely soft, cozy and warm, making it perfect for cold winter months. The flannel kimono robe is however made of a thick heavy fabric making it sometimes a little constricting. Women’s flannel kimono usually have a lovely floral pattern. Men’s flannel kimono robes normally have a cross hatch pattern and available in hues of blues, grays or blacks.

Japanese Shoes and Japanese Sandals

The two basic types of japanese sandals or japanese shoes is the geta and the zori. The length of the kimono is normally adjusted to hang just at the ankle displaying both the japanese shoes and socks. Japanese sandals and shoes come in a variety of colors and styles, red and black being the most popular. Japanese manufacturers now make japanese sandals, purses and japanese hair combs to match the exact pattern of the kimono to complete the ensemble

1. Tatami Sandals – Zori Sandal

Tatami Sandalsjapanese sandals

zori picture
vinyl zori sandals

2. Geta Sandals

The geta sandal was termed geta because of the “clack clack” sound they made when walking. Geta sandals are any sandal with a separate heel. The wooden geta sandal is the most well known by Americans for the beautiful pictures seen of geisha women. However, there are many other types of geta sandals including those made of vinyl.

sandal picture

geta picture

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah seneng banget tu kalau lihat wanita ber kimono
    dengan warnanya yang ramai corak dan indah jadipemakai terutama wanita lebih cantik dan segar juga sexy menurut saya

  2. Salam Kenal,

    Wah bisa ngasih info harga dan tempat pembeliannya di indonesia gak ya…

    Thank u

  3. dmn ya bisa beli baju kimono yg murah🙂

    • mohon maaf karena saya lama mereply.
      mba sasty tinggal dimana?
      memang sulit2mudah untuk mendapatkan kimono. Karena beragam sekali dalam berbagai hal yang kan mempengaruhi harga. misalnya, bahan, motif, dll.perlu pertimbangan juga, sekirany mba akan bawa pulang, sebaiknya beli yukata.
      kalau pengalaman, saya bertanya langsung ke tetangga atau teman jepang, di samping survey ke toko pakaian atau mall, memperhatikan perkembangan harga (biasanya harga turun bila musim saat berkimono hampir habis)
      ada juga tempat lelang on line dari internet.saya pernah mencoba yg ini.
      demikian ,mba,maaf jika kurang bisa membantu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: