Mengurangi Stress Ibu Rumah tangga ala Jepang (ママ ト キッズ ノ ホット タイム)

Agustus 31, 2008 pukul 4:55 am | Ditulis dalam Jepang dalam suatu episode | 3 Komentar
Tag:

Ada banyak kegiatan non fomal yang biasa dilakukan masyarakat Jepang, salah satunya  yaitu genial party. Tapi orang jepang menyebutnya denganmama to kids no hotto taimu”.ママ ト キッズ ノ ホット タイム”

Kegiatan mama to kids no hotto taimu sasarannya adalah para istri yang baru mempunyai anak (ibu baru) atau ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan mempunyai anak dan mengatur rumah tangga.

Mama to kids no hotto taimu yang diselenggarakan secara berkala,  dimaksudkan sebagai ajang para ibu tersebut untuk sedikit “relaks”, mengurangi bebabn stress/tekanan, karena seperti yang kita tahu, banyak ibu rumah tangga di jepang  melakukan segala hal tanpa bantuan suami atau kerabat. Di jepang juga sangat jarang ditemukan keluarga yang menggunakan jasa baby sitter atau pembantu rumah tangga .


Di wilayah domisili tempat tinggal saya, kegiatan ini diprakarsai golongan manula /lansia (para orang tua lanjut usia/simbah2). Hebatnya para manula ini sangat cekatan , tampak energik dan ramah pula🙂 .Mereka juga melakukan konsultasi dengan ppara ahli bidang tumbuh kembang anak. Mereka pula yang menyediakan  segala macam yang dibutuhkan kegiatan, misalnya snack, mainan dll.


Bagaimana kegiatannya?

1. stadium general

diberikan acara untuk para ibu dan juga anak. misalnya hiburan anak,  bagaimana cara menanamkan anak suka sayur dsb.

2. Ramah tamah

ibu-ibu yang datang dikumpulkan sendiri agar bisa beramah tamah, bercerita dengan ibu-ibu lainnya. para anak sengaja dipisahkan agar para orang tua bisa bersantai sejenak.

3. Permainan anak

Para anak yang dipisahkan dari ibunya disediakan berbagai macam permainan menurut usia mereka. Para anak yang bermain ini didampingi oleh para panitia (yg juga manula/lansia)

4. kegiatan optional

misalnya origami dsb. ini dia si ibu yang pinter origami

Bagaimana suasananya?

Suasanannya sangat meriah. Semua antusias mengikuti. Demikian pula anak-anak. Di sudut ruang disediakan pula tempat istirahat/tidur bayi .

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dimana ya tempat seperti di jakarta..??pengen coba ide bagus..

  2. wah menarik sekali mbak😀
    apakah setiap kota di jepang ada kegiatan ini?
    mendapatkan informasinya dimana ya? dikantor kelurahannya?

    • Kegiatan ini tidak selalu ada di kota Jepang.
      Tetapi mungkin ada bentuk lain seperti kegiatan (seminar dll) dalam aktu tertentu di children center, misal cara membuat bubur bayi, mengatasi anak sulit makan,pijat bayi, cara bercanda dengan bayi dll. Selain mengundang ahlinya, praktik langsung baik demo dan kelompok, pratik satu per satu dst.
      Untuk kegiatan resmi dan berkala, biasanya ada pemberitahuan/ surat yg dikirim melalui pos dari kecamatan atau children centernya.
      Kegitan yg kerena aktivitas masyarakat, biasanya undangan bagi yg pernah mengikuti dan poster2 serta pamflet di tempat strategis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: