Mitos dan Fakta Seputar ASI

September 1, 2008 pukul 12:00 am | Ditulis dalam ASI (Air Susu Ibu) | 3 Komentar
Tag:

KEKHAWATIRAN bahwa menyusui akan menyebabkan beberapa masalah pada ibu misalnya payudara kendur, atau anak menjadi tidak pandai makan makanan padat , hanyalah sebuah mitos yang tak terbukti kebenarannya.

Berikut ini beberapa mitos seputar pemberian ASI :

mitos (M) dan fakta (F) tersebut

1. *M : Menyusui menyebabkan payudara kendur.

F : Payudara kendur disebabkan oleh bertambahnya usia dan kehamilan.
2. *M : Payudara yang berukuran kecil, tidak dapat menghasilkan banyak susu.

F : Payudara kecil maupun besar sama-sama dapat menghasilkan banyak susu.
3. *M : Payudara dengan puting terbenam tidak dapat menyusui. F : Puting terbenam tidak berarti tidak dapat menyusui, karena bayi menyusu pada payudara, bukan pada puting.
4. *M : ASI pertama (yang berwarna kekuningan) tidak baik bagi bayi. F : ASI pertama (kolostrum) adalah zat terbaik bagi bayi.
5. *M : Kolostrum / ASI pertama adalah susu basi. F : Kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh dan protein yang sangat kaya.
6. *M : ASI eksklusif berarti tidak boleh memberikan makanan, yang lain boleh. F : ASI ekslusif berarti hanya memberikan ASI saja, yang lain tidak boleh.
7. *M : ASI eksklusif berarti tidak boleh memberikan susu formula, lainnya boleh. F : ASI eksklusif berarti hanya boleh memberikan ASI saja, yang lain tidak boleh.
8. *M : ASI eksklusif tidak dapat dilakukan jika ibu bekerja. F : Ibu bekerja tetap dapat memberikan ASI eksklusif.
9. *M : Hingga usia 6 bulan, ASI saja tidak cukup bagi bayi. F : Semua kebutuhan bayi sampai usia 6 bulan terpenuhi oleh ASI saja.
10. *M : Pisang dapat menyembuhkan diare pada bayi. F : Makanan padat tidak dapat diolah oleh usus bayi hingga usia 6 bulan.
11. *M : Pisang dapat membersihkan usus bayi. F : Pisang tidak dapat membersihkan usus bayi melainkan merusak, karena usus bayi belum sanggup mengolah makanan hingga usia 6 bulan.
12. *M : Susu formula sama baiknya dengan ASI. F : Tidak ada cairan lain apapun yang dapat menggantikan ASI.
13. *M : Susu formula membuat bayi lebih sehat. F : Hanya jika diberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan yang membuat bayi lebih sehat.
14. *M : Untuk perkembangan otak, susu formula lebih baik daripada ASI. F : ASI mengandung AA/DHA yang sangat penting bagi pertumbuhan otak.
15. *M : Kombinasi ASI dan formula adalah yang terbaik bagi bayi. F : Yang terbaik bagi bayi hingga usia 6 bulan adalah hanya menerima ASI saja.
16. *M : Jika ASI belum atau tidak lancar dapat digantikan dengan susu formula. F : Jika ASI belum atau tidak lancar, bayi masih memiliki daya tahan tubuh (tidak akan kelaparan) hingga 2×24 jam sejak lahir, yang dibawa sejak dalam kandungan.
17. *M : Jika ASI belum keluar, tidak ada gunanya menyusui bayi. F : Jika ASI belum atau tidak lancar, bayi masih memiliki daya tahan tubuh (tidak akan kelaparan) hingga 2×24 jam sejak lahir, yang dibawa sejak dalam kandungan.
18. *M : Sementara ASI belum keluar, bayi dapat diberikan susu formula atau madu. F : Pemberian makanan lain selain ASI meningkatkan risiko terganggunya usus bayi yang masih belum siap.
19. *M : Agar bayi tidak kuning dan tidak demam, dapat diberi makanan atau minuman lain sebelum ASI keluar. F : Bayi yang kuning harus  lebih sering diberi ASI.
20. *M : Jika bayi terus menangis berati ASI-nya kurang. F : Bayi menangis belum tentu lapar.
21. *M : Ibu yang banyak minum susu, akan menghasilkan banyak ASI. F : Banyaknya ASI yang dihasilkan tidak dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu. Semakin sering bayi menyusu semakin banyak ASI yang dihasilkan.
22. *M : Agar menghasilkan banyak ASI, Ibu harus banyak makan sayuran. F : Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak ASI yang dihasilkan.
23. *M : Jika ibu sakit, bayi akan tertular melalui ASI. F : Ketika sakit, tubuh ibu membuat zat kekebalan tubuh yang juga disalurkan kepada bayi melalui ASI sehingga bayi tidak akan sakit.
24. *M : Ibu yang kurang vitamin tidak dapat menyusui bayinya. F : Ibu yang kurus sekalipun tetap dapat menghasilkan banyak ASI asalkan sering menyusui.
25. *M : Menyusui tidak boleh dilakukan sambil berbaring. F : Menyusui dapat dilakukan sambil berdiri, duduk ataupun berbaring.
26. *M : Bayi yang sedang sakit tidak boleh disusui. F : Bayi yang sedang sakit harus lebih sering diberi ASI.
27. *M : Pemberian air kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan tidak akan merugikan. F : Pemberian air kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya akan memenuhi perut bayi sehingga mengurangi ruang untuk ASI yang sangat dibutuhkan bayi.
28. *M : Bayi baru lahir perlu diberikan air teh agar memiliki tenaga. F : hanya ASI yang sangat dibutuhkan bayi sampai usia 6 bulan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk memperoleh tenaga
29. *M : Setelah melahirkan, ibu terlalu lelah untuk dapat menyusui bayi. F : Kecuali dalam situasi darurat, ibu yang baru melahirkan mampu menyusui bayinya segera, memeluk dan menyusui bayi adalah penghilang sakit dan rasa lelah ibu.
30. *M : Bayi baru lahir tidak dapat menyusu sendiri. F : Bayi memiliki naluri kuat untuk mencari puting dalam satu jam pertama setelah lahir.
31. *M : ASI belum keluar pada hari pertama setelah melahirkan. F : Meskipun tidak terasa, kolostrum (ASI pertama), akan keluar langsung setelah kelahiran. Jumlahnya sedikit, tapi cukup untuk kebutuhan bayi.
32. *M : Tidak ada gunanya menyusui bayi sejak kelahirannya. F : Kolostrum adalah cairan yang kaya dengan zat kekebalan tubuh dan zat penting lain yang harus dimiliki bayi. Bayi yang menyusui langsung akan merangsang ASI cepat keluar.
33. *M : Bayi harus dibungkus dan dihangatkan dibawah lampu selama dua jam setelah lahir. F : Bayi bukan anak ayam. Kehangatan terbaik bagi bayi diperoleh melalui kontak kulit bayi ke kulit ibu, karena kehangatan tubuh ibu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.
34. *M : ASI pertama/kolostrum sangat sedikit, sehingga bayi lapar dan menangis. F : ASI pertama memang sedikit, tapi cukup untuk memenuhi perut bayi yangkapasitas isi perutnya juga masih kecil
35. *M : Bayi menangis, pasti karena lapar. F : Bayi menangis bisa diakibatkan karena merasa tidak nyaman, merasa tidak aman, merasa sakit, dan sebagainya, belum tentu lapar.
36. *M : Bayi menangis karena lapar perlu diberi makanan atau minuman lain. F : Jika bayi lapar, beri ASI lagi. Sering-sering diberi ASI tidak akan membuat bayi lapar.
37. *M : ASI yang penting hanyalah cairan yang berwarna putih. F : Kolostrum/ASI pertama (kekuningan/tidak berwarna) adalah ASI yang paling penting untuk memberikan kekebalan kepada bayi. ASI yang berwarna putih adalah yang paling penting untuk kebutuhan bayi sampai 6 bulan pertama. warna asi berubah sesuai zat yang dikandungnya
38. *M : Bayi kedinginan sehingga perlu dibedong. F : Bayi baru lahir memang mudah kedinginan, sehingga perlu dipeluk kontak kulit ke kulit,  lalu ibu bersama bayi diselimuti. Bedong bayi terlalu ketat akan berefek negatif pada bayi
39. *M : Kurang tersedia tenaga kesehatan sehingga bayi tidak dapat dibiarkan menyusu sendiri. F : Suami atau anggota keluarga ibu dapat membantu Inisiasi Menyusu Dini.
40. *M : Kamar bersalin atau kamar operasi sibuk sehingga bayi perlu segera dipisah dari ibunya. F : Sementara sibuk, ibu bisa melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
41. *M : Ibu harus dijahit sehingga bayi perlu segera dipisah dari ibunya. F : Sementara dijahit, ibu tetap dapat melaksanakan IMD.
42. *M : Bayi perlu diberikan suntikan vitamin K dan tetes mata segera setelah lahir. F : Benar, tapi dapat ditunda selama 1 jam hingga bayi selesai menyusu awal.
43. *M : Bayi harus segera dibersihkan setelah lahir. F : dapat Ditunda sampai IMD selesai
44. *M : Tenaga kesehatan belum sependapat tentang pentingnya memberi kesempatan IMD pada bayi yang lahir dengan operasi caesar. F : Mungkin, tapi adalah tugas orangtua untuk membela hak sang bayi. Tenaga kesehatan dapat diberi penjelasan, dan suami atau anggota keluarga dapat membujuk agar bayi dibiarkan untuk IMD.
45. *M : Ibu belum bisa duduk/duduk miring untuk memberikan ASI. F : Siapa yang mengharuskan duduk? Bayi dapat menyusu pada saat tengkuran di dada ibu. atau terserah posisi dimana ibu dan bayi merasa nyaman dan aman.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi, kan?

http://www.rumahkusorgaku.wordpress.com

www. tribunkaltim.com

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah! memang lengkap sekali myth yang ditulis ini! alhamdulillah.. 2 hari lepas, genap 6 bulan nina exclusive breastfeeding.. terasa begitu cepat masa berjalan..

    memang sedih sebab banyak daripada mitos yang di atas ini, nina pernah dengar sendiri dari mulut rakan2 yang tidak mahu menyusu anak2.. yang paling sedih sekali rakan baik nina yang mahu rehat dulu sejurus selepas melahirkan.. pada hari yang ke 4, dia terpaksa menyusu susu formula kerana anak sudah lapar dan breast masih belum engorge.. tapi alhamdulillah.. sekarang dia sudah pun fully breastfeed..

  2. tanya mba…bagaimana dengan makanan pedas,apakah mempengaruhi rasa asi.syukron

    • Insya Allah tidak. Makanan pedas boleh dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Asalkan tidak melampoi batas pedasnya. Jangankan bayi, bila terlalu banyak makan pedas, ibu yang bersangkutan pun bisa mengalami gangguan.Minimal mules2 gitu:).Jadi hendaknya ibu menyusui juga berhati-hati dalam dietnya.
      “breastmilk is made from what passes into mom’s blood, not what is in her stomach or digestive track. Neither the gas nor the undigested carbohydrates (whose breakdown can cause gas in mom) pass into mom’s blood, so it is impossible for these things to pass into your milk to make your baby gassy.”

      Pengalaman saya pribadi juga, waktu hamil dan mnyusui kedua anak saya, saya makan makanan pedas. Alhamdulillah tidak ada pengaruh apa-apa pada kedua bayi saya.

      Silahkan browsing juga di internet, banyak sekali sumber yang membahs tentang masalah ini. Semoga ummu Ilyas bisa memberikan ASI kepada buah hati
      terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: